Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita TerbaruWafatnya Istri Rasulullah Saat Ramadhan, Khadijah dan Aisyah

Wafatnya Istri Rasulullah Saat Ramadhan, Khadijah dan Aisyah

Wafatnya istri Rasulullah saat Ramadhan ialah Sayyidah Khadijah dan Aisyah. Beliau merupakan istri pertama dan kedua Rasulullah. Mereka adalah wanita pilihan yang memiliki hati dan keimanan yang tinggi.

Wafatnya Istri Rasulullah Saat Ramadhan dan Perjalanan Hidup

Wanita pertama yang dinikahi Rasulullah adalah Khadijah. Selama menikah dengan Khadijah, Beliau semakin dermawan. Rasulullah menikah dengan Khadijah dengan dikaruniai 6 orang anak.

Rasulullah menikah dengan Khadijah tanpa mengambil istri lain lagi selama 25 tahun. Kehidupan pernikahan dipenuhi dengan kebahagian sampai ketika Khadijah wafat.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Hadist Tentang Pelihara Kucing, Hewan Kesayangan Rasulullah SAW

Setelah Beliau meninggal, Rasulullah menjalani kehidupan poligami selama 12 tahun. Sayyidah Khadijah wafat di pangkuan Rasulullah pada hari ke-11 Ramadhan tahun ke-10 kenabian.

Dimana tepat 3 tahun sebelum Beliau hijrah ke Yatsrib atau Madinah. Wafatnya istri Rasulullah saat Ramadhan pada usia 65 tahun atau saat Rasulullah berusia 50 tahun.

Pertemuan Khadijah dan Rasulullah

Awal mula pertemuan Rasulullah dengan Khadijah adalah saat Khadijah mendengar sosok Muhammad yang memiliki watak yang bagus dan budi pekerti yang baik.

Ketertarikan Khadijah bermuara pada rasa cinta. Meskipun Khadijah sudah berusia 40 tahun dan Muhammad kala itu masih berusia 25 tahun, tak membuat Khadijah menyurutkan niatnya untuk menikahi Muhammad.

Namun pada awalnya, niatan untuk menikah ditentang lantaran mengira Muhammad hanya mengincar harta Khadijah saja.

Aisyah Istri Rasulullah

Setelah wafatnya istri Rasulullah saat Ramadhan yaitu Khadijah, Rasulullah didatangi malaikat Jibril lewat mimpi mengenai Aisyah.

Di dalam mimpi, malaikat Jibril datang selama 3 malam dengan membawa sepotong kain sutra untuk menutupi wajah Aisyah.

Malaikat Jibril mengatakan jika ini wajah istrimu. Setelah mendapat mimpi, Beliau mendatangi Aisyah untuk dipinang sebagai istri. Walaupun saat itu Aisyah masih berusia 7 tahun.

Namun Rasulullah menikahi Aisyah ketika sudah berusia 9 tahun. Aisyah adalah istri yang paling dicintai oleh Rasulullah setelah ayahnya.

Baca juga: Jurus Sehat Rasulullah dr Zaidul Akbar yang Lagi Viral, Begini Penjelasannya

Sampai-sampai saat diberi pertanyaan mengenai siapa yang dicintai Rasulullah pun menjawab Aisyah. Hal ini membuat istri Rasulullah yang lain menaruh cemburu pada Aisyah.

Ketika sampai pada malam dimana Aisyah dan Rasulullah bersama banyak orang yang memberinya hadiah. Sampai wafatnya istri Rasulullah saat Ramadhan, Beliau masih dicintai Rasulullah.

Istri Rasulullah yang lain pun cemburu dan menginginkan hal yang sama seperti Aisyah. Melihat reaksi dari istri-istrinya, Rasulullah pun berpaling sampai untuk ketiga kalinya Ummu Salamah bertanya.

Baru setelah itu Rasulullah menjawab jika wahyu tidak akan turun ketika Rasulullah bersama istri yang lain. Namun ketika Rasulullah bersama dengan Aisyah dalam satu selimut baru ada wahyu yang diturunkan.

Aisyah merupakan wanita yang paling sering meriwayatkan perkataan Rasulullah. Beliau juga berani untuk menegakkan Islam, bahkan setelah kepergian Rasulullah.

Sampai akhir hayat, Aisyah menjadi penasehat pemerintahan. Beliau dikenal menjadi seorang wanita yang memiliki ilmu yang sangat luas.

Sembilan Perkara yang Dimiliki Aisyah

Dalam mengulas wafatnya istri Rasulullah saat Ramadhan ini, untuk diketahui bahwa banyak sekali ilmu yang dipelajari seperti ilmu kedokteran, ilmu fikih, dan ilmu syair. Terlebih Aisyah diberi sembilan perkara yang wanita lain tidak menerimanya, kecuali Maryam binti Imran.

Sembilan perkara yang dimaksudkan adalah malaikat Jibril membawa bayangan Aisyah dalam tidur Rasulullah sampai di hari pernikahan.

Aisyah adalah perempuan satu-satunya yang dinikahi Rasulullah dalam kondisi yang masih perawan. Rasulullah wafat di pangkuan Aisyah dan dimakamkan di kamarnya bersama Aisyah.

Para malaikat terus mengelilingi rumah Aisyah, Beliau adalah putri dari khalifah pertama yang membenarkan kerasulan Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT pernah membersihkan nama Aisyah ketika beliau difitnah dengan keji. Aisyah diciptakan dari seseorang yang baik dan beliau diberi janji untuk diberi ampunan dan rezeki.

Wafatnya istri Rasulullah saat Ramadhan bukan hanya Sayyidah Khadijah saja, melainkan ada Aisyah.

Wafatnya Aisyah Istri Rasulullah

Aisyah meninggal dalam usia yang sudah renta. Beberapa riwayat mengatakan jika Beliau meninggal saat usia 66 tahun, namun juga ada yang mengatakan jika pada usia 85 tahun.

Aisyah meninggal saat sedang melaksanakan sholat witir pada bulan Ramadhan tanggal 27. Kemudian Beliau dimakamkan di Baqi dengan sholat jenazah dipimpin Abu Hurairah.

Sosok yang sangat mulia Aisyah, sampai Rasulullah selalu menyebutnya dengan istri kesayangan. Wafatnya istri Rasulullah saat Ramadhan adalah sosok Khadijah dan Aisyah.(R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru