Tak Bisa Liburan Karena Covid-19, Warga Kertaharja Ciamis Gelar Perlombaan Rakyat

Tak Bisa Liburan Karena Covid-19, Warga Kertaharja Ciamis Gelar Perlombaan Rakyat
Warga RW 09, Dusun Cintaharja, Desa Kartaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menggelar berbagai perlombaan rakyat, Rabu (27/5/2020).Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com). – Karena tak bisa mengisi libur lebaran dengan bepergian ke objek wisata, warga RW 09, Dusun Cintaharja, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar berbagai perlombaan rakyat, Rabu (27/5/2020).

Warga setempat Tata Triana mengatakan, karena pandemi Covid-19, warga Dusun Cintaharja yang biasanya mengisi libur lebaran dengan pergi ke pantai, kini terpaksa mengurungkan niatnya.

Sebagai gantinya, warga kompak menggelar perlombaan rakyat sebagai ajang hiburan pasca lebaran. “Kegiatan ini semata-mata digelar dalam rangka memeriahkan dan syukuran hari raya Idul Fitri, ujar Tata.

Kata dia, lomba yang digelar warga mulai dari balap karung memakai helm, lomba bakiak atau tarumpah panjang, joged kursi hingga balapan membawa kelereng menggunakan sendok. Pemenang lomba akan mendapat hadiah menarik dari panitia.

Mulai dari emak-emak, bapak-bapak, pemuda-pemudi hingga anak-anak, ikut larut dalam keceriaan.

“Alhamdulillah banyak warga yang terhibur karena tingkah lucu para peserta. Memang tujuannya itu untuk menghibur, terutama bagi anak-anak,” katanya.

Warga yang ikut perlombaan rakyat tersebut lanjut Tata, merupakan warga lokal setempat. Tidak ada warga dari luar daerah yang ikut kegiatan tersebut. Sehingga dia yakin semua warga sehat.

Warga lainnya Dede mengatakan selain perlombaan rakyat, digelar juga kegiatan “ngobeng” ikan atau menangkap ikan secara bebas di bendungan Banjimerta.

“Ikannya memang sudah ada di bendungan, jadi para peserta harus mencari akal agar bisa menangkap ikan sebanyak mungkin,” ucap Dede.

Warga Cintaharja, Desa Kertaharja, berharap wabah Corona bisa segera berakhir. Sehingga warga bisa kembali beraktivitas secara normal. (Fahmi2/R8/HR Online)

TCL
Loading...