Warga Neglasari Ciamis Keluhkan Buruknya Saluran Drainase

Warga Neglasari Ciamis Keluhkan Buruknya Saluran Drainase
Akibat buruknya saluran drainase, air cileuncang meluap dan menggenangi badan jalan di sekitaran Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Ciamis. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Warga Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengeluhkan buruknya saluran drainase di sepanjang jalan depan Kantor Desa Neglasari atau depan SMAN 1 Pamarican.

Akibat buruknya saluran drainase tersebut, air hujan kerap masuk dan menggenangi badan jalan hingga pelataran rumah warga.

Berdasarkan informasi HR Online di lapangan, saat hujan deras yang terjadi pada Rabu (20/05/2020) sore, air cileuncang meluap ke jalanan dan mengalir deras dari jalan menuju kampus SMAN 1 Pamarican. Deras nya air pun masuk ke bahu jalan raya hingga meluber ke lokasi pemukiman warga.

“Kejadian seperti ini selalu terjadi ketika curah hujan tinggi turun. Semua air hujan dari SMAN 1 Pamarican masuk kej alan dan meluber ke halaman rumah kami disini,” terang Bagas warga sekitar.

Kata Bagas, kondisi itu terjadi akibat tidak berfungsinya saluran drainase di sepanjang jalan, sehingga banjir cileuncang acap kali terjadi disana.

“Saluran drinasenya kan sudah pada tidak berfungsi. Jadi air cileuncang masuk kesini. Kami harap pemerintah bisa segera melakukan upaya penanganan perbaikan saluran drinase agar banjir cileuncang tidak terjadi lagi,” katanya.

Pantauan HR di lapangan, ketika terjadi luapan cileuncang masuk ke jalan, warga sekitar terlihat langsung melakukan gerakan gotong-royong membuat saluran air sementara, agar air tidak masuk ke pemukiman warga di sekitar lokasi tersebut. (Suherman/R8/HR Online)

Loading...