5 Jabatan di Ciamis Kosong, Kepala BPBD Ciamis Jadi Prioritas Saat Pandemi Covid-19

Jabatan di Ciamis
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat pelantikan Kepala Pelaksana BPBD Ciamis di Aula Adipati Kusumadiningrat Setda Ciamis, Jum'at (5/6/2020). Foto: Humas Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setidaknya ada 5 jabatan di Ciamis yang saat ini kosong. Kelima jabatan tersebut merupakan jabatan tinggi pratama atau setingkat Kepala Dinas.

Namun, di tengah pandemi Covid-19, jabatan Kepala BPBD Ciamis menjadi prioritas utama untuk segera diisi.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, sesuai arahan dari Pemerintah Pusat, jabatan di Ciamis yang berkaitan langsung dengan penanganan wabah Corona harus segera diisi.

“Pejabat strategis dalam penanganan Covid-119 harus segera diisi. Saat ini jabatan Kepala BPBD Ciamis kosong, karena pejabat sebelumnya pensiun. Sementara untuk jabatan yang lain seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa masih belum,” ujar Herdiat usai melantik Dadang Darmawan sebagai Kepala Pelaksana BPBD Ciamis yang baru di Aula Adipati Kusumadiningrat, Jum’at (5/6/2020).

Meskipun jadi prioritas untuk segera dilantik, namun Herdiat mengakui penunjukkan Kepala Pelaksana BPBD Ciamis tidak asal tunjuk.

“Kami tidak asal tunjuk, karena uji kompetensi dan lainnya sudah ditempuh secara profesional. Karena itu yang baru dilantik harus siap bekerja. Jika tak siap, sebaiknya mundur segera,” tegasnya.

Baca Juga: Dadang Darmawan Resmi Dilantik Sebagai Kepala Pelaksana BPBD Ciamis

Herdiat menegaskan, Kepala Pelaksanan BPBD Ciamis harus selalu siaga. Karena bencana bisa datang kapan saja.

“Bekerja secara profesional, BPBD tak kenal waktu, karena yang namanya bencana bisa terjadi kapan saja. Harus quick respon (respon cepat). Segera ambil tindakan untuk menyelamatkan warga,” tandasnya.

Sementara Dadang Darmawan, Kepala Pelaksana BPBD Ciamis yang baru dilanti, mengatakan, hal pertama yang akan dilakukannya adalah melakukan evaluasi terkait organisasi BPBD.

Selanjutnya sesuai arahan dari Pemerintah Pusat, prioritas utama yang akan dikerjakannya adalah penanganan Covid-19 di Ciamis. Namun apabila terjadi bencana, itupun akan menjadi prioritas utama.

“Semoga dengan upaya yang dilakukan bisa memutus penyebaran Covid-19 di Ciamis,” tandasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)