Beresiko Tinggi Terpapar Covid-19, Anggota TNI-Polri dan Wartawan di Ciamis Jalani Swab Test

Beresiko Tinggi Terpapar Covid-19, Anggota TNI-Polri dan Wartawan di Ciamis Jalani Swab Test
Sejumlah anggota TNI-Polri dan Wartawan di Ciamis menjalani swab test di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Selasa (2/6/2020). Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis  (harapanrakyat.com).- Beresiko terpapar Covid-19,  sejumlah anggota TNI-Polri dan Wartawan di Ciamis menjalani swab test di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Selasa (2/6/2020).

Tes swab ini dilakukan terhadap orang dengan resiko terpapar COVID-19. Juga sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di Kabupaten Ciamis.

Pantauan HR Online, satu per satu perwakilan dari Polres Ciamis, TNI Kodim 0613 Ciamis dan wartawan dari PWI dan IJTI Ciamis.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio dan Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra beserta jajaran ikut menjalani swab test. Pelaksanaan tes oleh tim Power Ranger Dinas Kesehatan Ciamis dengan menggunakan APD lengkap.

“Sekarang lagi tes swab untuk yang memang sering kontak dengan banyak orang. Mereka termasuk pelayan publik. Sekarang untuk TNI, Polri dan Media. Targetnya kurang lebih 100 orang,” ujar Ketua Tim Penanganan Kasus (PIK) Covid-19 Ciamis, Eni Rochaeni di sela kegiatan swab test.

Eni menjelaskan TNI-Polri dan wartawan termasuk kalangan yang beresiko tinggi. Tugasnya lebih sering di lapangan bertemu dengan orang berbeda setiap hari. Sehingga otomatis termasuk orang yang diprioritaskan diperiksa.

“Semoga hasilnya negatif, diketahui sekitar 7 hari ke depan. Kalau memang ada yang positif akan dilakukan tracking. Orang yang positif itu harus isolasi mandiri,” jelas Eni.

Hingga saat ini, kondisi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Ciamis, dari 5 orang dinyatakan sembuh dari 6 pasien terkonfirmasi positif. Sedangkan 1 orang pasien masih menunggu hasil swab test negatif ke dua kali.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra menyambut baik kegiatan swab test yang dilaksanakan Dinas Kesehatan terhadap anggota TNI-Polri dan wartawan. Selama ini para personel hanya terjun langsung ke lapangan untuk memberi imbauan pencegahan COVID-19.  Sementara swab test belum dilakukan.

“Kita berharaps semua hasil test swabnya negatif. Sehingga TNI-Polri di Ciamis dapat terus melaksanakan kegiatan-kegiatanimbauan terkait protokol kesehatan dalam pencagahan COVID-19 kepada masyarakat,” katanya. (Fahmi2/R8/HR Online)

Loading...