Ban Mobil Bocor, Inilah Penyebab dan Panduan Cara Menggantinya

ban mobil bocor
Ilustrasi Ban Mobil Bocor. Foto Istimewa

Ban mobil bocor saat di tengah jalan? Anda tak perlu panik. Namun, tak jarang bagi para wanita akan langsung panik jika mengalami ban bocor atau kempes di tengah perjalanan.

Baca Juga: Ban Vulkanisir, Bahaya dan Ciri-Cirinya

Padahal, wanita juga dapat mengganti ban mobil sendiri. Jadi, bagi anda para wanita tak perlu risau dan panik. Simak penjelasan dan langkah detailnya dalam mengatasi hal semacam itu.

Cara Mengatasi Ban Mobil Bocor

Ban yang bocor memang merepotkan, apalagi jika kita masih dalam perjalanan. Langkah yang harus dilakukan adalah tentu saja menggantinya dengan cadangan.

Namun, perlukah anda memanggil jasa tukang service atau bengkel hanya untuk mengganti ban mobil? Sebenarnya tak ada yang salah jika meminta bantuan orang lain, namun akan lebih baik jika kita dapat menggantinya sendiri.

Supaya mudah dan lebih aman, sebaiknya anda mulai kurangi kecepatan laju mobil secara bertahap. Jangan melakukan pengereman secara tiba-tiba karena akan sangat membahayakan. Kemudian, perlahan anda pindahkan lajur mobil ke sebelah bahu jalan.

Berhenti di bahu jalan adalah hal yang diperlukan karena aman dan dianjurkan. Kemudian pilihlah jalan yang rata dan kuat untuk berhenti. Jangan lupa matikan mesin mobil dan juga menghidupkan lampu darurat jika dibutuhkan.

Tarik tuas rem dan pindahkan transmisi ke P (untuk mobil matic) atau R (untuk mobil manual). Setelah itu, keluarlah dari mobil dan lakukan pergantian ban mobil bocor dengan cara yang aman.

Perlu diingat, jangan sekali-kali anda memberanikan diri masuk ke dalam kolong mobil jika hanya ditopang dengan dongkrak saja.

Agar aman, ganjallah roda yang diangkat dengan batu atau apapun dalam keadaan melintang. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi mobil bergerak secara tiba-tiba. Pastikan juga anda memasang dongkrak dengan posisi yang benar.

Sehingga, mobil anda terhindar dari kerusakan. Perhatikan orang atau penumpang sudah keluar semua saat mobil akan didongkrak.

Langkah Mengganti Ban Mobil Bocor

Langkah pertama ambillah peralatan yang dibutuhkan, seperti dongkrak dan ban mobil cadangan. Putarlah persambungan dongkrak dengan memakai tangan anda berlawanan dengan arah jarum jam.

Kemudian untuk menyimpan, putarlah persambungan tersebut hingga dongkrak terikat dengan aman. Untuk melepas ban cadangan, anda dapat memasukkan ujung sambungan ke dalam sekrup dengan perputaran melawan arah jarum jam.

Setelah ban turun, anda dapat melepas braket pengikat. Letakkan ban cadangan anda dengan bagian luar ban menghadap ke atas. Jangan lupa mengganjal ban agar tak menggelinding dengan tiba-tiba.

Kemudian lakukanlah melepas semua ornamen ban. Lalu kendurkan semua mur dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Setelah itu, tempatkanlah dongkrak pada tempat pendongkrakan yang tepat.

Pastikan juga dongkrak berada di posisi yang datar dan keras. Setelah itu, anda siap dalam melepas ban dan mur roda. Waktu sebelum memasang ban mobil bocor, anda dapat membersihkan karat yang ada di permukaan pemasangan.

Kemudian pasangkan kembali mur dan dorong roda ke dalam dan kencangkan mur-mur tersebut. Selanjutnya, anda dapat menurunkan mobil dengan memutar sambungan handle dongkrak dengan arah berlawanan jarum jam.

Kemudian, pastikanlah kunci roda terikat sempurna pada mur. Langkah terakhir, anda dapat memasang kembali ornamen pada roda.

Penyebab Ban Mobil Bocor

Bocornya pada ban mobil tentu saja dapat mempengaruhi laju mobil dan setir menjadi berat. Jika anda mengalami seperti itu, sebaiknya memang harus berhenti agar pelek tidak penyok saat menghantam lubang.

Banyak sekali hal yang dapat mengakibatkan ban bocor halus, diantaranya:

Bebatuan

Batu yang kecil yang menyelip diantara rongga ban justru akan mengakibatkan ban anda bocor. Hal ini dikarenakan juga saat terdapat bebatuan tersebut dan mendapat tekanan secara terus-menerus, maka akan menusuk ban dan mengakibatkan bocor.

Jadi, jika anda melihat ada batu, mencukilnya adalah cara yang paling aman. Namun, jangan sekali-kali mencukilnya dengan benda tajam. Hal ini justru akan menusuk ban jika anda tak berhati-hati.

Pentil

Kerusakan pada pentil memang jarang dapat dilihat apalagi jika terbuat dari bahan besi. Karena hal ini merupakan kerusakan yang ada pada bagian dalam ban. Sehingga mengakibatkan ban mobil bocor.

Kondisi Ban

Hal yang menyebabkan ban bocor adalah kondisi ban itu sendiri. Ban yang sudah tipis dan muncul serabut bisa menjadikan ban mengalami kebocoran halus. Apalagi jika ban sering melindas bebatuan.

Pelek

Hal ini dapat sangat mempengaruhi jika kondisi pelek penyok. Meskipun sangat kecil terdapat penyokan, akan sangat memungkinkan untuk terjadinya kebocoran.

Tambalan pada Ban

Ban mobil bocor yang telah ditambal juga akan mengakibatkan terjadinya kebocoran. Misalkan saja jika tambalan tidak terlalu bagus dan asal-asalan. Hal ini justru akan menjadikan kebocoran semakin parah. (R10/HR-Online)