Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruBenua Antartika, Sejarah, Teori dan Populasinya

Benua Antartika, Sejarah, Teori dan Populasinya

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Benua Antartika, sejarah, teori dan populasinya. Mendengar nama Antartika, tentu Anda sudah tak asing lagi kan? Benua ini terletak di Kutub Selatan.

Di benua ini, tidak terdapat penduduk dan hanya menjadi tempat dilakukannya percobaan ilmiah dan juga perjanjian.

Nah, berikut ini akan ulasan mengenai sejarah, teori dan populasi di Antartika yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Benua Antartika

Sejarah mengenai manusia pertama yang mencapai Antartika masih belum jelas. Hal ini juga menjadikan sejarah penemuan Antartika ini belum jelas.

Namun berdasarkan pengakuan dunia, Antartika ditemukan pada tahun 1911.

Dalam catatan sejarah, manusia pertama yang berhasil mencapai Antartika ini yaitu seorang penjelajah asal Norwegia bernama Roald Amundsen.

Ia disebut berhasil menjajakan kakinya di Antartika pada tanggal 14 Desember 1911.

Pada saat itu, Roald Amundsen berhasil mendahului penjelajah Inggris Robert Falcon Scott yang tertinggal di belakang.

Namun begitu, dalam catatan sejarah kuno, disebutkan bahwa penjelajah pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Antratika yaitu seorang muslim bernama Piri Reis.

Pada saat itu, ia berhasil menjelajahi dunia termasuk Antartika dan di tahun 1513. Laksamana Piri Reis kemudian juga dikenal pembuat peta dunia.

Teori Benua Antartika

Berbicara tentang Antartika, memang tempat ini cukup misterius karena tidak dihuni oleh manusia atau tidak memiliki penduduk asli.

Lalu bagaimana sejarah atau awal mula dari benua ini? Nah, perlu Anda ketahui, Antartika ini pertama kali ditemukan yaitu berdasarkan teori dunia barat, yaitu mengenai benua yang membentang luas.

Benua tersebut pun dikenal sebagai Terra Australis, yaitu terletak pada ujung selatan dunia.  Istilah Antartika tersebut awalnya mengacu pada kebalikan dari Lingkar Artik. Istilah ini diciptakan pada abad ke-2 masehi oleh Marinus dari Tirus.

Populasi Benua Antartika

Antartika memang sangat menarik sekali untuk dibahas. Benua yang terdapat di bagian selatan bumi ini diketahui memiliki luas yaitu kurang lebih 13.200.000 km2.

Dengan luas tersebut, Antartika menjadi salah satu benua terluas di dunia. Meskipun termasuk benua terluas, populasi Antartika terkecil di dunia.

Hal tersebut dikarenakan benua ini tidak memiliki penduduk asli. Secara umum mereka yang menghuni Antartika yaitu hanyalah para peneliti dan ilmuwan yang menempati wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Selain tidak berpenduduk asli, Antartika juga diketahui menjadi benua zona bebas kepemilikin. Maksudnya yaitu benua ini tidak dimiliki oleh negara manapun.

Seperti yang telah disebutkan di awal, Antartika saat ini hanya menjadi tempat dilaksanakan perjanjian dunia ataupun tempat penelitian ilmiah.

Perlu diketahui juga, Antartika ini juga merupakan tempat dengan kelembaban udara rendah. Suhu udaranya pun juga terbilang ekstrem dan terendah diantara semua benua di dunia.

Oleh sebabnya, Benua Antartika juga dikenal sebagai benua tertandus. Selain itu, tempat ini juga memiliki ketinggian tanah yang tertinggi. (Deni/R4/HR-Online)