Biaya Tes Swab Corona Bisa Gratis? Berikut Penjelasannya

Biaya Tes Swab Corona
Ilustrasi Tes Swab Corona. Foto: Istimewa

Biaya tes swab Corona saat ini kian menjadi polemik. Bagaimana tidak, saat ini jumlah penambahan kasus positif virus pandemi ini sudah menembus hingga angka 26.940.

Angka tersebut terus mengalami penambahan seiring meningkatnya jumlah pemeriksaan yang terus dilakukan oleh pemerintah melalui berbagai rumah sakit dengan menggunakan rapid test.

Namun, rapid test tersebut berbeda jika dibandingkan dengan tes swab tenggorokan. Untuk dapat mendiagnosis seseorang terinfeksi Corona atau tidak, dapat dilakukan dengan cara melakukan tes swab.

Berapa Kisaran Biaya Tes Swab Corona Saat Ini?

Wabah virus Corona saat ini belum juga menunjukkan sinyal hijau. Peta persebaran Corona di berbagai wilayah Indonesia telah melebihi nilai awal yang sebelumnya diperkirakan.

Pemerintah Indonesia sendiri telah memastikan sekitar 50.000 alat test Corona ini dapat digunakan di Indonesia.

Baca juga: Tes Swab Corona, Metode Deteksi Covid-19 Paling Akurat

Perusahaan asal Korea Selatan, LG, telah mendonasikan sekitar 50.000 unit polymerase chain reaction atau PCR diagnostic test kit.

LG sendiri merupakan salah satu perusahaan yang beroperasi dalam berbagai macam sektor. Antara lain LG Elektronik, LG Chem, LG Innotek, dan juga LG International Indonesia.

Tujuan dari penyumbangan alat untuk pemeriksaan virus Corona ini untuk memperkecil biaya tes swab Corona di Indonesia yang sangat tinggi dan juga berbeda antara satu rumah sakit dengan rumah sakit yang lainnya.

Biaya Tes Swab Covid-19 Dapat Gratis Apabila Memenuhi Syarat

Biaya tes swab Covid-19 sendiri sebenarnya dapat gratis apabila seseorang tersebut telah memenuhi syarat.

Pemerintah sendiri telah mengantongi lebih dari 1000 paket alat tes untuk mendeteksi virus Corona dari distributor dari luar negeri.

Sehingga saat ini masyarakat tidak perlu panik ataupun khawatir karena pemerintah Indonesia telah memiliki kemampuan untuk terus melakukan penekanan dari penyebaran virus pandemi ini.

Baca juga: Jenis Alat Test Covid-19 yang Wajib Anda Tahu

Jumlah alat deteksi tersebut juga dapat ditambah sewaktu-waktu apabila distributor menjamin seluruh permintaan dari pemerintah Indonesia.

Menteri Kesehatan juga telah memastikan bahwa biaya perawatan medis dari pasien yang terinfeksi virus Corona sepenuhnya ditanggung oleh anggaran Kementrian Kesehatan.

Kementrian Kesehatan sendiri telah memiliki sejumlah anggaran untuk menangani kondisi khusus seperti halnya penanganan pasien virus Corona.

Ketentuan Pemeriksaan

Meskipun biaya tes swab Corona bisa gratis, namun bukan berarti setiap orang dapat bebas melakukan pemeriksaan terhadap paparan virus Corona.

Setiap orang yang ingin melakukan pemeriksaan secara keseluruhan terhadap pasien melalui surat rujukan dari dokter rumah sakit pasien berasal.

Tak hanya itu, mereka juga harus memiliki sejumlah gejala yang menyerupai Covid-19 seperti batuk, demam, ataupun sesak nafas.

Sementara itu, bagi sejumlah orang yang terlihat baik-baik saja, tidak memiliki riwayat berinteraksi dengan pasien Covid-19 ataupun tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri jika ingin melakukan tes ini harus mengeluarkan biaya sendiri. Pemeriksaan tes swab ini juga tidak ditanggung oleh BPJS dan murni biaya pribadi.

Biaya Tes Swab Corona di Sejumlah Rumah Sakit

Sejauh ini telah terdapat sekitar 360 RS rujukan untuk menangani para pasien yang terinfeksi virus Covid-19 ini. Tiap rumah sakit rujukan tentu menyediakan alat pemeriksa tes Covid-19.

Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biaya tes swab yang dilakukan secara inisiatif pribadi dan tanpa memenuhi syarat harus ditanggung secara pribadi.

Hal ini dikarenakan lab masih mengutamakan tes bagi mereka yang sudah memiliki riwayat rentan terkena virus Covid-19 ini.

Masing-masing RS rujukan juga menerapkan biaya tes dengan kisaran harga yang berbeda. Mulai dari ratusan atau bahkan jutaan rupiah sesuai ketentuan dari masing-masing rumah sakit.

Terbatasnya APD dan Tenaga Medis

Beragamnya biaya tes swab Corona di berbagai rumah sakit rujukan di Indonesia sendiri diakibatkan masih minimnya tenaga medis dan juga APD yang miliki.

Baca juga: Kecerdasan Buatan Mampu Diagnosis Virus Corona Tanpa Alat Tes

Selain bagi orang yang memiliki gejala positif Covid-19, biaya tes juga dapat digratiskan bagi mereka yang termasuk ke dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan juga Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kategori ODP dan PDP

ODP dan juga PDP dalam kategori pemerintah yang akan mendapatkan biaya tes swab Corona secara gratis adalah bagi ODP yang baru saja pulang dari luar negeri, khususnya dari negara yang telah terinfeksi virus Corona serta bagi PDP yang memiliki gejala virus Corona. (R10/HR-Online)

Loading...