Bulan Mei, Angka Kehamilan di Ciamis Melonjak

Bulan Mei, Angka Kehamilan di Ciamis Melonjak
Bulan Mei, angka kehamilan di Ciamis melonjak. Foto:Ilustrasi/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis mencatat adanya lonjakan angka kehamilan pada  Bulan Mei 2020. Hal itu diduga dipicu akibat aktifitas masyarakat diam di rumah saja pada masa pandemi Covid-19

Kasi Kesga Gizi Dinkes Kabupaten Ciamis, Heni Sumarni, saat dihubungi Koran HR, Selasa (23/06/2020), membenarkan hal itu.

Heni menerangkan, untuk saat ini memang terjadi peningkatan angka ibu hamil diangka 8.03 % dari bulan-bulan sebelumnya. Jumlahnya mencapai 1.696 orang yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“Memang sejauh ini data yang kami terima dari Bulan Januari hingga April terjadi penurunan angka kehamilan ibu. Dan entah kenapa pada Bulan Mei terjadi peningkatan,” ungkapnya.

Menurut Heni, setelah dianalisa, penyebab terjadinya  peningkatan ibu hamil  diakibatkan dari dampak Covid-19. Dimana masyarakat sekarang banyak di rumah karena kita aktivitas di luar sangat dibatasi .

“Memang kalau kita lihat sih tidak terlalu signifikan,  karena angkanya masih bisa ditekan dengan  adanya pengungatan pelayanan KB,” katanya.

Heni menambahkan, untuk saat ini masih bisa dilakukannya  pengendalian penduduk dengan adanya pelayanan dari program KB. Tentunya dengan menggunakan protokol kesehatan, sehingga pelayanan tidak terganggu.

“Untuk kesadaran masyarakat ditengah ekonomi yang terjadi, memang sangat tinggi untuk menggunakan KB. Sehingga kemungkinan untuk bulan depan akan terjadi penurunan angka kehamilan. Kita tunggu saja data selanjutnya,” pungkasnya. (Fahmi)