Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Mesin Mobil yang Jarang Digunakan Selama WFH

Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Jarang Digunakan Selama WFH

Cara membersihkan mesin mobil sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah. Saat pandemi virus Corona seperti sekarang ini, masyarakat saat ini diminta untuk tetap menjaga jarak dan juga kesehatan fisik dengan tetap berada di rumah.

Maka dari itu, seluruh kegiatan bekerja, belajar, dan juga beribadah harus tetap dilakukan di dalam rumah, tak terkecuali untuk membersihkan mesin mobil.

Saat ini banyak sekali perkantoran yang membolehkan para karyawannya untuk bekerja dari dalam rumah atau Work From Home (WFH). Dengan adanya WFH ini, menjadikan mobil jarang digunakan.

Akan tetapi, bukan berarti mobil harus dibiarkan begitu saja. Mobil yang jarang digunakan sekalipun tetap harus memerlukan berbagai perawatan ringan yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Selama WFH

Kendaraan menjadi salah satu korban penerapan kerja dari rumah atau WFH akibat dari meningkatnya penambahan penderita virus Corona. WFH tentu menyebabkan mobil ataupun motor menjadi jarang digunakan.

Baca juga: Cara Merawat Mesin Mobil yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Terdapat cara membersihkan mesin selama WFH agar kendaraan pribadi anda tetap dalam kondisi prima meskipun jarang digunakan. Kegiatan yang satu ini juga tidak memerlukan sebuah keahlian khusus dalam melakukannya.

Anda dapat melakukan berbagai jenis perawatan ringan dengan menggunakan modal peralatan seadanya, setidaknya untuk dapat memastikan performa mesin tetap prima. Berikut ulasannya untuk anda.

Rutin Menyalakan Mesin

Cara membersihkan mesin mobil yang pertama adalah dengan rutin menyalakan mesin mobil. Mesin mobil harus tetap dinyalakan meskipun jarang digunakan.

Hal ini untuk dapat menjaga sirkulasi dari pelumas pada ruang mesin agar mesin tetap dapat berjalan lancar. Tak hanya itu, hal ini dilakukan agar baterai aki dapat selalu terisi. Namun, anda juga tidak perlu memanaskan mesin mobil setiap hari.

Kegiatan ini akan lebih baik jika dilakukan rutin dilakukan dua hingga tiga kali dalam waktu satu minggu dengan waktu paling ideal yaitu 30 detik hingga satu menit saja.

Rutin Memeriksa Baterai Penyimpanan Daya Listrik

Selain dengan rutin memanaskan mesin mobil, cara membersihkan mesin mobil selama WFH dapat pula anda lakukan dengan cara memeriksa aki untuk mencegah terjadinya gangguan pada sistem kelistrikan mobil.

Caranya juga terbilang mudah. Aki basah yang terdapat batas upper dan juga lower sebagai informasi apakah aki kekurangan cairan atau tidak.

Jika cairan di bawah kondisi yang normal, maka segera lakukan penambahan cairan khusus aki untuk menjaga performanya tetap baik. Sedangkan untuk aki kering, batas upper dan juga lower sebagai sebuah informasi jika aki kekurangan cairan atau tidak.

Bila cairan dalam kondisi bawah normal, maka segera lakukan penambahan cairan khusus aki agar kualitas performanya tetap terjaga.

Rutin Memeriksa Air Radiator

Air radiator memiliki peran penting untuk dapat menjaga suhu mesin kendaraan agar tetap dalam kondisi yang normal. Maka dari itu, ketersediaan dari cairan harus selalu dipastikan agar komponen yang tersebut dapat selalu bekerja dengan normal.

Cara membersihkan mesin mobil kali ini adalah dengan mengganti air radiator paling tidak dilakukan setiap 20 ribu km sekali setelah digunakan.

Namun, perlu anda pahami bahwa setiap mobil memiliki masa penggantian aki radiator yang berbeda. Untuk mengisinya, upayakan juga untuk menggunakan cairan khusus radiator setiap hendak menggantinya.

Baca juga: Penyebab Radiator Bocor Hingga Mobil Overheat

Perlu pula anda pahami, sebelum anda hendak melakukan pengecekan terhadap air radiator, ketika membuka dan juga menutupnya jangan dilakukan dalam kondisi mesin yang panas. Sebab cairan yang ada di dalamnya bisa menyembur ke wajah anda dan mengakibatkan cidera.

Mengganti Oli

Cara membersihkan mesin mobil yang dapat anda lakukan di rumah adalah mengganti oli jika sudah mencapai masa penggantian.

Caranya dengan mengangkat mobil dengan menggunakan dongkrak kemudian kuras oli hingga habis. Setelah itu, tutup kembali lubang pengurasan hingga benar-benar rapat.

Mencuci Mobil

Sebelum diparkir dalam waktu lama ketika WFH, akan lebih baik jika anda mencucinya terlebih dahulu. Cara membersihkan mesinyang satu ini tentu sudah sangat umum dilakukan.

Bersihkan seluruh bagian mobil, mulai dari eksterior hingga bagian kabin mesin. Tujuan cara membersihkan mesin mobil ini adalah agar mobil terhindar dari kotoran dan juga debu serta menghilangkan bekas oli yang menempel pada bagian ruang mesin mobil. (R10/HR-Online)

- Advertisment -