Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil Sendiri di Rumah

cara membersihkan mika lampu mobil sendiri di rumah
Cara membersihkan mika lampu mobil sendiri di rumah. Foto: Ist/Net

Cara membersihkan mika lampu mobil perlu anda ketahui. Lampu adalah komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi sebagai pendukung keselamatan.

Jika kondisinya buram, akan berakibat mengganggu jarak pandang. Lampu akan terasa berfungsi saat kendaraan berjalan pada malam hari.

Saat kondisi hujan, lampu juga sangat membantu. Kondisi mika lampu yang buram membuat pencahayaan kurang sehingga lampu tidak dapat berfungsi sempurna.

Banyak hal yang mengakibatkan kaca lampu menjadi buram. Oleh sebab itu, jaga kondisi lampu agar bisa berfungsi dengan sempurna. Berikan perawatan yang rutin untuk menjaganya.

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil

Lampu pada bagian depan mobil bisa berubah menjadi kuning dan kusam. Hal ini dapat dikarenakan kondisi mobil sudah tua.

Selain itu, mika lampu mobil yang buram juga disebabkan beberapa faktor. Entah daya listriknya berkurang, sering parkir di bawah terik matahari, bahkan jarang merawatnya.

Jangan biarkan mika lampu mobil kusam dan kotor. Jika hal ini terjadi, mobil akan terlihat lusuh seperti tidak terawat.

Lampu pada mobil bisa berubah kusam atau menguning. Hal ini membuat cahaya lampu tersendat. Kondisi lampu yang kusam juga bisa diakibatkan karena suhu panas.

Penggunaan lampu dengan voltase tinggi terkadang diakibatkan karena pencahayaan kurang maksimal. Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang hal ini.

Cara membersihkan mika lampu mobil bisa anda lakukan sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Sebelum anda membersihkan mika lampu mobil, persiapkan peralatannya. Alat tersebut diantaranya air, pembersih kaca, kain lap, dan kanebo.

Berikut ini tips membersihkan mika mobil yang kusam. Anda bisa mempraktikannya di rumah.

Bersihkan Permukaan Mika dengan Air

Cara pertama yang dilakukan yaitu bersihkan permukaan mika lampu dengan air. Hal ini dapat membantu menghilangkan debu.

Kotoran yang melekat juga dapat luntur. Proses pembasahan dengan air sayangnya tidak bisa menghilangkan noda. Noda pada lampu yang kusam perlu penanganan lebih lanjut. Apalagi jika noda yang menempel banyak.

Bersihkan Noda dengan Pasta Gigi

Langkah selanjutnya setelah mika dibasahi dengan air yaitu membersihkan nodanya. Noda yang membandel tidak bisa dibersihkan begitu saja.

Noda-noda inilah yang bisa membuat mika lampu terlihat kusam. Cara membersihkan mika lampu mobil yaitu dengan gunakan pasta gigi.

Anda bisa menggunakan merk pasta gigi apa saja. Oleskan pada permukaan mika lampu menggunakan kain lap.

Lakukan sedikit penekanan agar noda mudah terangkat. Oleskan secara merata dan berulang. Cara ini mampu menghilangkan noda membandel.

Bilas dengan Air Bersih

Langkah selanjutnya dalam membersihkan mika lampu mobil yaitu pembilasan. Setelah noda benar-benar bersih, bilas dengan air.

Bilas mika lampu dengan air bersih hingga pasta gigi hilang. Saat membilas, gunakan lap atau busa. Busa mampu mengangkat pasta gigi yang menempel pada mika mobil. Sehingga pasta gigi tidak akan membekas.

Membersihkan Baret pada Mika Lampu Mobil

Berbeda lagi cara membersihkan mika lampu mobil yang baret. Jika ada goresan halus pada mika, bisa gunakan amplas. Gosok bagian yang tergores dengan amplas dan cairan alkohol.

Lakukan hingga goresan hilang dan tidak lagi terlihat. Sebelum anda melakukan itu, area sekitar lampu tutup dengan kain.

Hal ini bertujuan agar permukaan cat mobil tidak baret. Jika perlu, anda bisa gunakan amplas yang sudah dibasahi dengan air.

Keringkan Mika Lampu Mobil

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mengelap mika lampu. Gunakan lap kanebo untuk menghilangkan sisa air yang ada pada permukaan.

Anda bisa gunakan cairan pembersih kaca agar mika terlihat kinclong. Pastikan dulu apakah mika lampu sudah hilang dari noda.

Pastikan semua kotoran yang menempel sudah bersih. Lap mika lampu hingga benar bersih dan kinclong. Jika anda kurang merasa puas, nyalakan lampu mobil. Anda bisa sorotkan lampu mobil pada dinding.

Lampu mobil memiliki peranan penting saat dijalankan. Anda perlu melakukan perawatan rutin agar lampu mobil berfungsi dengan baik. Cara membersihkan mika lampu mobil cukup mudah. Anda bisa melakukan sendiri tanpa mengeluarkan biaya. (R10/HR-Online)