Cara Mencairkan Insentif Prakerja Tahap Kedua Melalui BNI dan LinkAja

Cara Mencairkan Insentif Prakerja
Cara mencairkan insentif Prakerja yang harus diketahui peserta. Foto: Ndu/HR

Cara mencairkan insentif Prakerja tahap kedua mesti Anda pahami, terutama bagi peserta program kartu Prakerja mulai dari Gelombang I, II, dan III.

Insentif Kartu Prakerja tahaf kedua akhirnya cair setelah beberapa pekan tertunda. Sejumlah peserta dari Gelombang I, II, dan III sudah bisa mencairkan insentif kartu prakerja.

Baca Juga: Insentif Kartu Pra Kerja Cair Pekan Ini Setelah Sebelumnya Ditunda

Sejumlah permasalahan hadir dalam perjalanan program kartu Prakerja ini. Bahkan sempat disorot oleh KPK. Namun, Anda kini bisa bernafas lega, karena akhirnya insentif kartu Prakerja cair juga.

Sama seperti pencairan tahaf pertama, kali ini Anda akan mendapatkan insentif sebesar Rp 600 ribu. Total insentif bagi para peserta kartu Prakerja sendiri mencapai Rp 3.550.000 yang dicairkan secara bertahaf.

Cara Mencairkan Insentif Prakerja

Bagi Anda yang masih kebingungan dalam pencairan insentif kartu Prakerja tak perlu bingung, berikut HR Online jelaskan cara pencairan insentif kartu Prakerja lewat rekening BNI dan e-wallet LinkAja.

Pencairan Kartu Prakerja Melalui Rekening BNI

Jika Anda belum punya BNI Taplus Prakerja, Anda bisa membuka rekening BNI Taplus khusus Prakerja. Anda bisa membuka rekening tanpa setoran awal, bahkan bebas biaya administrasi selama 1 tahun.

Anda bisa membuka rekening secara online. Nantinya Anda akan menerima SMS dari BNI yang memberitahukan nomor rekening untuk pencairan insentif kartu Prakerja.

Bagi Anda yang sudah mengikuti pelatihan dan sudah mendapatkan sertifikat pelatihan Prakerja, Anda tinggal melanjutkan dengan mengisi survey. Selanjutnya daftarkan nomor rekening BNI Anda. Nantinya dana insentif akan ditransfer melalui rekening tersebut.

Cara mencairkan insentif Prakerja selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Bank BNI untuk melakukan aktivasi kartu debit. Setelah aktivasi jika insentif Prakerja cair maka Anda bisa mengambilnya melalui ATM BNI dan jaringan ATM lainnya.

Pencairan Kartu Prakerja Melalui LinkAja

Jika dirasa sulit untuk mencairkan insentif Prakerja melalui rekening BNI. Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukannya melalui dompet digital (e-wallet) LinkAja. Caranya bagaimana?

Setelah melakukan registrasi dan Anda memilih LinkAja untuk menerima insentif kartu Prakerja, maka selesaikan dahulu pelatihan di Program Kartu Prakerja.

Jangan lupa Anda juga harus mengunduh aplikasi LinkAja lewat Playstore, atau Apple Store bagi yang menggunakan perangkat iOS.

Selanjutnya Anda pilih penyaluranan insentif kartu Prakerja lewat LinkAja. Kemudian nyalakan notifikasi aplikasinya agar Anda tahu apabila insentif Prakerja cair.

Setelah dana insentif masuk lewat LinkAja, Anda bisa menggunakannya untuk membeli token listrik, membeli kuota internet, dan lain-lain.

Anda pun bisa mencairkan insentif Prakerja yang sudah ditransfer melalui aplikasi LinkAja agar bisa diterima secara tunai.

Anda bisa mentransfernya ke rekening bank yang Anda miliki. Berikut cara mencairkan insentif Prakerja dengan transfer dari LinkAja ke rekening Bank:

Pertama, pastikan akun LinkAja yang Anda miliki statusnya full service.Untuk mengaktifkan LinkAja full service, Anda perlu mempersiapkan KTP. Nantinya Anda akan diminta untuk foto selfie sambil memegang KTP.

Kedua, jika sudah LinkAja full service, maka tinggal buka aplikasi Link Aja, pilih menu ‘Kirim Uang’ yang letaknya berada di sebelah kiri atas. Lalu pilih transfer ke rekening Bank.

Ketiga, pilih bank yang akan ditransfer uang dari LinkAja, jangan lupa masukkan juga jumlah nominal yang akan dikirim. Selanjutnya tinggal klik ‘Kirim’.

Anda akan dikenakan biaya admin setiap kali transfer lewat LinkAja. Besarnya biaya admin Rp 6.500. Namun biaya tersebut hanya dikenakan apabila Anda transfer uang selain ke bank BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

Besar Insentif Kartu Prakerja yang Diterima Peserta

Setelah mengetahui cara mencairkan insentif Prakerja, Anda juga harus mengetahui besaran insentif yang akan Anda terima dari program Kartu Prakerja.

Insentif kartu Prakerja yang akan Anda terima totalnya Rp 3.550.000. Namun tidak semua dana tersebut Anda terima dalam bentuk tunai.

Pasalnya Rp 1 juta dipakai untuk membiayai pelatihan yang Anda ikuti. Selain itu, dana insentig juga dipakai untuk biaya survey Kartu Prakerja. Rencananya akan ada tiga kali survey. Setiap survey Anda membayar Rp 50.000. Semua biayanya dari total insentif Rp 3.550.000 tersebut.

Baru sisanya akan diterima secara tunai. Namun tidak sekaligus, melainkan ditransfer secara bertahaf selama empat bulan. Per bulannya Anda akan mendapatkan Rp 600 ribu.

Setelah Anda mengerti cara mencairkan insentif Prakerja, maka setiap bulannya Anda akan menerima dana sebesar Rp 600 ribu selama 4 bulan. (Ndu/R7/HR-Online)