Cara Mengemudi Mobil Manual yang Benar dan Mudah

Cara Mengemudi Mobil Manual yang Benar dan Mudah
Cara mengemudi mobil manual yang benar dan mudah. Foto:Ist/Net

Cara mengemudi mobil manual memang membutuhkan sedikit latihan. Akan tetapi, siapapun dapat melakukannya jika memiliki keinginan dan juga tekad yang kuat.

Untuk dapat kendarai mobil yang transmisinya manual, maka dibutuhkan sebuah keahlian dan juga pengetahuan tertentu.

Kendaraan dengan transmisi manual biasanya akan jauh lebih sulit dikendalikan dengan mulus sebab ukuran mesin, transmisi yang lebih kaku, serta bagian setir yang jauh lebih berat.

Akan tetapi, semua orang dapat belajar untuk mengendarai mobil yang transmisinya manual dengan cukup latihan dan juga praktik yang benar.

Cara Mengemudi Mobil Manual Untuk Pemula

Belajar mengemudikan mobil memang gampang-gampang susah. Terlebih jika mobil yang dikendarai adalah mobil dengan transmisi manual.

Tentu tidak semua orang dapat beradaptasi dengan baik ketika baru belajar mengendarai mobil yang transmisinya manual.

Hal yang paling umum dialami bagi para pengemudi pemula adalah matinya mesin secara tiba-tiba akibat belum terbiasa untuk melepaskan kopling dan juga gas.

Untuk dapat meminimalisir terjadinya hal tersebut, berikut merupakan beberapa cara mengemudi mobil manual yang dapat dicoba bagi para pemula.

Mengenali Fitur Mobil

Cara paling awal bagi para pemula adalah dengan mengenal dan juga menghafal. Pastikan anda dapat menghafal berbagai elemen yang penting dalam bagian mobil seperti pedal, rem, gas, dan juga kopling.

Jangan sampai anda salah menginjak kaki karena hal ini akan berakibat cukup fatal. Tak hanya itu, anda juga perlu menghafal tombol lampu sign in, klakson, dan juga berbagai fitur yang lainnya.

Perhatikan juga letak dan bagaimana cara mengubah posisi perpindahan dari gigi mobil ataupun persneling. Terdapat pula posisi R untuk mundur.

Ketika semua telah anda pahami, maka anda akan dengan sangat mudah mengendarai mobil yang transmisinya manual.

Biasakan Mengendalikan Kopling dan Gas

Cara mengemudi mobil manual lainnya yaitu berkaitan dengan kopling dan gas. Ketika mengemudikan sebuah mobil dengan transmisi manual, maka anda perlu membiasakan diri kapan waktu yang tepat untuk melepas kopling dan kapan waktunya untuk menginjak gas.

Hal ini merupakan hal yang sangat penting bagi para pengendara pemula. Bahkan beberapa orang yang telah mahir pun terkadang akan menemui sebuah kendala ketika harus memainkan kopling dan juga gas.

Kebanyakan pemula akan menginjak gas secara berlebihan dan tidak diiringi dengan pelepasan kopling yang tepat.

Maka dari itu, sebagai seorang pengemudi pemula, anda harus mampu untuk merasakan sebuah momentum pergerakan mobil dengan menginjak gas secara perlahan dan melepas kopling.

Apabila diterapkan dengan baik, cara mengemudi mobil manual ini akan membuat para pemula cepat mahir mengendarai mobil yang transmisinya manual.

Latihan Perpindahan Gigi dengan Benar

Cara selanjutnya dapat anda lakukan dengan memulai untuk melepaskan kopling. Kemudian melakukan perpindahan gigi.

Agar perpindahan gigi dapat terjadi secara halus, maka sebaiknya perpindahan dilakukan dalam perputaran mesin rendah seperti dibawah 2.000 rpm.

Hal ini tentu akan sangat membantu sekaligus menghemat bahan bakar serta gaya berkendara akan menjadi jauh lebih nyaman dan juga aman.

Menjalankan Mobil

Jika anda ingin menjalankan mobil, maka anda harus mengangkat kaki secara perlahan. Kaki berada dalam posisi kopling hingga putaran mesin menurun, kemudian injak pedal gas dengan perlahan pula.

Anda harus dapat menyeimbangkan gas dan juga kopling secara perlahan. Cara mengemudi mobil manual ini dapat anda lakukan secara berulang kali.

Hal ini agar tekanan ketika menginjak pedal gas dan juga melepas kopling dapat berjalan secara maksimal serta dikombinasikan.

Tak hanya itu, anda juga dapat mencoba untuk dapat menemukan hasil dari kombinasi gas dan kopling secara lebih maksimal.

Dalam hal ini, anda tetap harus waspada dan juga berkonsentrasi penuh pada rem tangan apabila anda harus berhenti dengan darurat.

Mengenali Suara Mobil

Cara mengemudi mobil manual selanjutnya dapat anda lakukan dengan menginjak pedal kopling dengan penuh. Tidak lupa, anda juga harus mengangkat kaki secara perlahan hingga terdengar suara mesin mobil yang turun. Lalu anda dapat memulai menjalankan mobil dengan perlahan sembari mengangkat kaki yang berada pada bagian pedal kopling dan menginjak gas kembali dengan perlahan. (R10/HR Online)