Cara Mengganti Busi Motor dengan Benar dan Teliti

cara mengganti busi motor
Ilustrasi cara mengganti busi motor. Foto : net/ist

Cara mengganti busi motor bukankah hal yang sepele. Namun, bagi para mekanik mengganti busi motor gampang saja.

Bagi anda pemula yang ingin melepas dan menggantinya sendiri, bisa berlatih mulai saat ini. Sebab, masih banyak orang yang masih salah dalam menanganinya.

Busi motor memiliki fungsi yang besar terhadap mesin motor. Jika busi mati, motor juga tidak dapat berjalan.

Busi merupakan suku cadang yang sering cepat ganti (fast moving). Sebaiknya jika busi motor anda mulai terasa kurang stabil, segera ganti.

Copot dan memasang busi motor bisa anda lakukan sendiri. Jika anda benar-benar belum bisa, mintalah ahli mekanik memasangnya.

Cara Mengganti Busi Motor dengan Benar

Merawat motor sendiri bisa anda lakukan di rumah. Kendaraan jika tidak dirawat akan mudah rusak.

Perawatan yang dapat dilakukan di rumah misalnya mengecek onderdil motor. Busi menjadi komponen vital dalam menjaga sistem pembakaran mesin supaya bisa optimal.

Jika anda tidak memiliki uang untuk pergi ke bengkel, sebaiknya lakukan sendiri. Ada cara ganti busi motor yang benar untuk anda perhatikan.

Perhatikan bagaimana tips melepas, cara mengganti busi motor, dan memasangnya. Anda hanya perlu persiapkan peralatan dan busi yang baru.

Cara Melepas Busi Motor

Pertama yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan alat. Peralatan yang digunakan seperti kunci busi dan obeng yang sesuai. Sebelum membuka busi yang akan anda ganti, pastikan motor dalam keadaan mati.

Biarkan kondisi motor sampai dalam keadaan dingin. Hal ini bertujuan agar mesin dingin dan anda tidak akan kepanasan. Siapkan kunci busi sesuai spesifikasi motor yang akan diganti.

Usahakan kunci busi yang digunakan memiliki ukuran yang cukup panjang. Hindari penggunaan kunci pas agar tidak merusak rumah busi. Siapkan obeng untuk membantu menahan busi saat diputar. Letakkan kunci busi tepat pada komponen busi.

Masukkan obeng diantara lubang kunci busi. Jika sudah, anda lakukan dengan pas putar businya. Putar dengan cara berlawanan arah jarum jam agar bisa lepas. Apabila putaran tersebut terasa berat, lakukan memutar busi dengan pelan. Melepas kunci busi cukup mudah bukan.

Mengganti Busi Motor

Selain cara mengganti busi motor, anda harus tahu bagaimana melepasnya. Langkah selanjutnya setelah melepas busi motor, cara menggantinya. Periksa busi yang telah lepas.

Cermati dengan teliti, pastikan jika busi masih layak atau tidak. Ada tanda busi yang sudah tidak layak digunakan.

Jika ujung busi terlihat hitam pekat dan karatan, itu tidak layak pakai. Busi rusak tentu tidak dapat diperbaiki.

Anda wajib ganti busi dengan yang baru. Setelah anda memilih busi yang baru, segera lakukan pemasangan.

Memasang Kunci Busi

Bagian terakhir dalam penggantian busi pada motor yaitu pemasangan. Cara mengganti busi motor bisa dilakukan dengan cepat.

Namun, anda perlu melakukan dengan cermat dan hati-hati. Sebelum anda memasukkan busi pada tempatnya, sebaiknya bersihkan terlebih dulu.

Gunakan kain kering untuk membersihkan tempat busi. Jangan gunakan air karena justru dapat membuat busi mudah berkarat.

Jika tempat sudah benar-benar bersih, masukkan busi. Putar busi searah jarum jam, lakukan dengan perlahan.

Pastikan busi masuk secara pas di tempatnya. Gunakan kunci busi dan obeng untuk membantu mengencangkan agar lebih erat.

Cek dengan tepat pemasangan busi yang anda lakukan. Langkah terakhir yang bisa anda lakukan, silahkan coba menghidupkan motor.

Lakukan kick starter sebanyak 3-5 kali dalam keadaan off. Selanjutnya, nyalakan motor dan lakukan kick stater untuk menyalakan mesin.

Cara mengganti busi motor bisa anda lakukan sendiri atau minta bantuan pada bengkel. Sebenarnya cukup mudah asalkan benar cara dan tekniknya.

Lakukan langkah-langkah yang benar. Mulai dari tahapan membuka, mengganti, hingga pemasangan.

Pastikan busi motor dalam kondisi rusak. Jika kondisinya masih bagus, bisa anda gunakan kembali.

Namun, jika busi sudah dalam kondisi rusak, anda harus segera menggantinya. Jika anda ragu dalam penggantian busi, sebaiknya mintalah bantuan pada ahli mekanik.

Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasanya. Cara mengganti busi motor tidak sama pada setiap tipenya. (R10/HR-Online)