Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Pakai WhatsApp Web di Laptop Secara Mudah

Cara Pakai WhatsApp Web di Laptop Secara Mudah

Cara pakai WhatsApp Web di laptop tidak terlalu sulit. Dalam penggunaannya terdapat beberapa langkah mudah yang dapat anda pergunakan.

Semenjak diluncurkan pada tahun 2009 lalu, WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang cukup populer.

Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut telah didukung dengan adanya beragam fitur yang menarik sehingga dapat membuat penggunanya semakin merasa nyaman. Salah satunya adalah WhatApp Web yang resmi diluncurkan pada tahun 2015 silam.

Cara Pakai WhatsApp Web di Laptop

Seperti yang anda ketahui, WhatsApp atau yang lebih sering disingkat dengan WA adalah salah satu media sosial yang mampu membuat para penggunanya berkomunikasi dengan pihak lain secara mudah.

Saat ini WhatsApp bukan hanya sekedar sosial media yang dapat digunakan pada smartphone saja. Hal ini dikarenakan WhatsApp mempunyai sebuah fitur yang dapat digunakan pada PC atau laptop.

Fitur tersebut bernama WhatsApp Web. Disini anda dapat mengakses serta berkomunikasi selayaknya anda menggunakan WA pada smartphone anda.

WhatsApp Web merupakan salah satu fitur dari WhatsApp yang terbilang paling berguna bagi para pengguna aplikasi WhatsApp.

Persyaratan Dalam Menggunakan WhatsApp Web

Untuk mempermudah cara pakai WhatsApp Web di laptop, terdapat beberapa persyaratan yang harus ditempuh sebelum anda dapat menikmatinya.

Adanya persyaratan tersebut bertujuan agar dapat menggunakan WhatsApp Web dengan nyaman. Dalam menggunakan WhatsApp Web, bukan berarti anda mempunyai akun WhatsApp baru.

Akan tetapi, WhatsApp Web akan melakukan sinkronisasi dari akun WhatsApp HP ke dalam WhatsApp Web. Berikut ini beberapa syarat dalam penggunaan WhatsApp Web:

Adanya Smartphone yang Dapat Disesuaikan dengan WhatsApp

Salah satu syarat dalam menggunakan WhatsApp Web adalah anda harus menggunakan smartphone yang dapat disesuaikan dengan pihak WhatsApp.

Memiliki Akun WhatsApp Aktif

Salah satu untuk mempermudah cara pakai WhatsApp Web di laptop adalah pastikan anda memiliki akun WhatsApp yang aktif pada smartphone.

Adanya Koneksi Jaringan Internet

Selanjutnya, anda juga harus memiliki koneksi jaringan internet yang cukup stabil pada laptop yang akan anda gunakan untuk WhatsApp Web.

Hal ini dikarenakan WhatsApp Web merupakan salah satu sosial media yang mengharuskan anda untuk tetap dalam keadaan online.

Penggunaan Browser Versi Baru

Syarat penting lain yang harus anda perhatikan adalah penggunaan browser versi terbaru seperti Opera, Safari, Edge, Firefox, atau Chrome. Kesemua persyaratan di atas harus anda penuhi sebelum menggunakan WhatsApp Web.

Apabila salah satu dari syarat tersebut tidak terpenuhi, maka WhatsApp Web tidak dapat berjalan dengan lancar atau bahkan sama sekali tidak bisa diakses.

Tutorial Cara Pakai WhatsApp Web di Laptop

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka situs WhatsApp Web web.whatsapp.com pada laptop anda.

Selanjutnya terdapat sebuah kode QR yang akan muncul, lalu anda akan diminta untuk melakukan pemindaian dengan smartphone anda.

Dalam proses pemindaian, anda buka aplikasi WhatsApp pada smartphone anda. Kemudian terdapat opsi yang terletak pada pojok kanan atas layar smartphone.

Langkah berikutnya, pilih WhatsApp Web dan pindai kode QR yang terdapat pada layar laptop atau pC dari smartphone anda. Setelah itu, anda dapat langsung menikmati layanan chatting dengan menggunakan WhatsApp Web.

Cara Log Out WhatsApp Pada Laptop

Hal penting yang harus anda ketahui dari penggunaan WhatsApp Web di laptop adalah WhatsApp Web hanya dapat dibuka atau log in pada satu laptop saja.

Hal ini dikarenakan demi menjaga keamanan pesan anda. Selama menggunakan WhatsApp Web, anda harus memastikan smartphone yang anda gunakan selalu dalam keadaan aktif atau terhubung pada WhatsApp.

Apabila smartphone anda tidak terhubung ke WhatsApp, maka secara otomatis WhatsApp Web akan langsung melakukan log out.

Sedangkan untuk melakukan log out WhatsApp Web, anda harus memilih ikon Menu yang terdapat pada pojok kanan atas bagian layar, lalu pilih log out.

Setelah melakukan log out, maka anda tidak akan terhubung lagi pada laptop. Selanjutnya, anda dapat melakukan chatting dengan menggunakan smartphone lagi.

Setelah mengetahui beberapa cara pakai WhatsApp Web di laptop diatas, maka anda dapat menggunakan fitur tersebut dengan mudah tanpa ada kendala. Dimana dengan persyaratan yang harus terpenuhi tentunya. (R10/HR Online)