Ciri-Ciri Kiprok Rusak, Kenali Lebih Awal Sebelum Terlambat

Ciri-Ciri Kiprok Rusak, Kenali Lebih Awal Sebelum Terlambat
Ciri-Ciri Kiprok Rusak. Foto Istimewa

Ciri-ciri kiprok rusak bisa diketahui dengan beberapa gejala. Jika kiprok rusak, dapat memberikan efek pada kendaraan anda.

Jangan biarkan kiprok motor anda rusak dan tidak segera diganti. Padahal kiprok adalah salah satu komponen yang penting. Kiprok atau yang biasa disebut juga rectifier regulator mempengaruhi sistem kelistrikan pada kendaraan.

Jika kiprok dalam kondisi bagus, maka semua yang bersangkutan dengan listrik pada kendaraan berfungsi sempurna. Kiprok juga berfungsi sebagai pemasok arus komponen aki dari altenator atau spul.

Secara teknis, altenator tersebut akan menghasilkan arus bolak-balik atau AC. Sedangkan pada kendaraan motor atau mobil menggunakan arus DC untuk sistem listriknya.

Ternyata kiprok akan mudah rusak jika kendaraan sering dipacu dengan kecepatan yang tinggi. Sehingga kiprok dapat mengalami overheating.

Baca Juga: Motor Tiba-Tiba Mati, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya tanda kiprok rusak bisa diketahui dengan mudah. Sebaiknya anda selalu kontrol kiprok untuk mengetahui apakah kondisinya masih bagus atau tidak.

Ketahui Apa Saja Ciri-Ciri Kiprok Rusak

Kiprok memiliki fungsi yang banyak untuk kendaraan. Jika arus AC dari spul dan diubah menjadi DC melalui kiprok, maka akan diteruskan pada pengisian baterai dan lampu penerangan.

Kiprok adalah komponen kecil dengan fungsi yang besar. Jika kiprok mengalami kerusakan akan berpengaruh pada fungsi kelistrikan kendaraan.

Apalagi jika motor yang anda miliki memiliki tenaga injeksi dengan banyak sensor. Pasti kemungkinan kerusakan akan semakin besar. 

TCL

Kiprok memiliki sirip yang berfungsi untuk membuang panas. Namun, jika motor dijalankan dengan laju yang cepat, maka kiprok akan mudah panas.

Hal inilah yang bisa mengakibatkan kiprok mudah rusak. Jika anda ingin mengetahui bagaimana ciri-ciri kiprok rusak, bisa ditandai dengan beberapa hal.

Lampu Sering Mati

Tanda kiprok motor sedang rusak yaitu lampu sering mati meski diganti dengan yang baru. Lampu motor tiba-tiba putus saat kendaraan melaju kencang.

Hal inilah yang membuat kiprok tidak mampu membatasi tegangan ke bagian lampu. Sedangkan jika kondisi tegangan melebihi kemampuan, maka akan putus.

Hal ini tidak berpengaruh pada kualitas lampu. Meski lampu anda ganti dengan yang baru dan berkualitas, jika kiprok rusak semua akan sia-sia.

Sebaiknya saat lampu kendaraan anda putus, segera cek tegangannya. Tegangan motor pada kondisi normal sebesar 12 – 14 v.

Aki Tekor

Aki yang tekor bisa menjadi ciri-ciri kiprok rusak. Ciri-ciri ini bisa anda rasakan di awal sebelum motor dijalankan.

Jika kiprok normal, maka tegangan baterai stabil dalam angka 12 votl meski baru digunakan. Namun, jika kiprok rusak, maka input listrik tidak dapat menutup penggunaan kelistrikan motor dengan sempurna.

Sehingga mengakibatkan listrik dalam baterai terkuras dan aki drop voltage. Jika hal ini terjadi, pertama yang dapat anda ketahui yaitu starter motor mati.

Selain itu, klakson pada kendaraan berbunyi seperti suara sember. Jika aki tekor tidak hanya kondisinya yang rusak, namun bisa diakibatkan karena kiprok rusak.

Saat anda mengalami hal ini, jangan tergesa-gesa untuk mengganti aki. Pastikan lebih dulu pengisian baterai kiprok tidak mengalami drop.

Lampu Terlihat Redup

Lampu motor yang redup juga bisa menjadi ciri-ciri kiprok rusak. Biasanya jika kiprok lemah kick starter masih bisa berfungsi.

Sebab suplai kelistrikan masih dapat diterima oleh sisa tegangan baterai dan kiprok. Namun, jika anda menyalakan beberapa yang berhubungan dengan kelistrikan, maka mempengaruhi cahaya lampu yang terang menjadi redup.

Saat anda mengendarai motor dengan kecepatan RPM tinggi, lampu akan kembali terang. Sebaiknya lebih berhati-hati agar aki anda tidak mudah tekor.

Jika terdapat ciri-ciri kiprok rusak dan tidak segera diperiksa, maka akan mempengaruhi tekornya aki. Meski diganti aki mahal pun akan mengalami tekor kembali.

Motor Tiba-Tiba Mati

Saat kondisi kiprok mati, maka semua komponen kelistrikan tidak mendapatkan pasokan listrik. Sehingga mengakibatkan tegangan pada aki motor menjadi drop.

Jika hal ini terjadi, motor akan mogok dan mati total, bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Sering terjadi motor yang dikendarai tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Jangan biarkan hal ini terjadi pada kendaraan anda. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri kiprok rusak sebelum semua ini terjadi pada anda. (R10/HR-Online)

Loading...