Ciri Klep Mobil Bocor yang Perlu Diketahui Beserta Solusinya

Ciri Klep Mobil Bocor yang Perlu Diketahui Beserta Solusinya
Ciri klep mobil bocor yang perlu diketahui beserta solusinya. Foto:Ist/Net

Ciri klep mobil bocor perlu anda ketahui dan pahami secara seksama. Biasanya gejala klep mobil yang mengalami kebocoran kurang dipahami oleh pemiliknya.

Terutama jika mekanik tidak mengecek area klep pada mesin saat melakukan servis berkala, sehingga banyak yang tidak sadar apabila terjadi kebocoran pada klep.

Seiring waktu penggunaan, bagian mesin terutama pada bagian klep akan mengalami kebocoran. Kebocoran yang terjadi pada saat proses kompresi mesin dapat merugikan karena tenaga mesin mobil akan mengalami penurunan.

Ciri Klep Mobil Bocor

Hal yang dimaksud dengan klep bocor adalah pada saat kompresi mesin, maka celah antara klep dan kepala silinder tidak dapat menutup secara rapat.

Kondisi tersebut dapat merugikan mesin. Kerugian mesin salah satunya adalah membuat tekanan kompresi berkurang yang dapat mengakibatkan tenaga berkurang.

Hal buruk lain yang dapat terjadi akibat kebocoran klep adalah mesin akan mengalami pemborosan pada bahan bakar.

Dalam hal ini, anda perlu mengetahui tanda klep mobil yang mengalami kebocoran serta bagaimana cara mengatasinya agar tidak memberikan dampak buruk yang terlalu parah pada mobil anda.

Adapun salah satu ciri klep mobil bocor yang perlu anda ketahui adalah biasanya klep mobil yang mengalami kebocoran membuat mesin mobil menjadi susah untuk dinyalakan.

Tarikan mesin menjadi berat yang disebabkan adanya campuran udara serta bahan bakar yang tidak homogen dan adanya kebocoran kompresi.

Pada ujungnya, mesin akan menjadi lebih boros dalam penggunaan bahan bakar. Ciri lain yang biasanya terjadi apabila klep bocor adalah mesin akan terasa sangat panas dari biasanya.

Penyebab Terjadinya Kebocoran Klep pada Mobil

Terjadinya kebocoran pada klep mobil adalah pengaruh dari umur pemakaian yang sudah tinggi atau terlalu lama.

Selain itu, dapat juga disebabkan adanya penumpukan kerak kotoran yang terjadi pada permukaan payung klep tersebut. Sehingga klep tidak dapat menutup secara sempurna.

Akibat Terjadinya Klep Bocor pada Mobil

Bagi anda yang telah mengetahui ciri klep mobil bocor, maka hendaknya harus segera mencari solusi tepat untuk masalah tersebut.

Apabila klep mobil yang bocor tanpa disadari oleh para pengguna, maka akan memberikan pengaruh yang kurang baik untuk mobil. Berikut ini beberapa akibat klep mobil bocor.

Daya Kuda Menurun

Dengan memiliki daya kuda yang maksimal, tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi anda. Namun jika kemampuan mesin mobil anda tiba-tiba melemah, maka kemungkinan hal tersebut diakibatkan dengan adanya klep yang mengalami kebocoran.

Bocornya klep akan membuat bahan bakar terlalu banyak masuk ke dalam ruang pembakaran. Selain itu, pada saat proses pembuangan gas sisa pembakaran berlangsung, maka akan terjadi pemanasan awal pada saluran karburator.

Asap Putih Keluar dari Knalpot

Adanya ciri klep mobil bocor akan berakibat pada asap putih yang keluar dari knalpot. Oli yang masuk ke dalam ruang bakar akan ikut terbakar.

Oli yang terbakar tidak dapat habis begitu saja. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kepulan asap putih yang keluar dari knalpot.

Kebocoran pada klep mobil sebenarnya bukan salah satu penyebab keluarnya asap putih, akan tetapi kemungkinan kebocoran klep merupakan hal yang paling mungkin terjadinya hal tersebut.

Dampak lain yang disebabkan adanya klep mobil bocor adalah busi cepat rusak serta adanya pemborosan oli.

Solusi Tepat Mengatasi Klep Mobil Bocor

Apabila anda menemukan beberapa ciri klep mobil bocor pada kendaraan anda, maka anda harus mencari solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk memperbaiki klep mobil yang mengalami kebocoran, dapat dilakukan dengan cara di skir. Skir merupakan proses mengikir dudukan payung klep dengan bagian dudukan klep pada kepala silinder atau yang biasa disebut dengan siting klep.

Proses perbaikan dengan cara skir klep hendaknya dilakukan melalui pembongkaran kepala silinder serta mencopot bagian klep.

Pada proses ini, anda tidak boleh sembarangan melakukan skir. Hal ini dikarenakan berakibat payung klep dapat menjadi tipis. Namun tidak semua dapat dilakukan skir klep dengan menggunakan klep lama.

Apabila payung klep sudah terlalu tipis, maka hendaknya harus diganti dengan klep yang baru. Jika tidak diganti, maka klep tetap akan mengalami kebocoran.

Adanya ciri klep mobil bocor mau tidak mau harus dilakukan pembongkaran serta adanya proses skir ulang. Dengan cara tersebut, dapat dipastikan tidak ada kebocoran lagi pada area klep. (R10/HR Online)