Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisCurug Banua di Cipaku Ciamis, Potensi Wisata Lokal Tawarkan Keindahan Panorama Alam

Curug Banua di Cipaku Ciamis, Potensi Wisata Lokal Tawarkan Keindahan Panorama Alam

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Curug Banua di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di sabuk hutan Desa Ciakar, berpotensi dijadikan obyek wisata lokal. Meski setiap harinya Curug Banua selalu didatangi pengunjung, namun hingga saat ini potensi tersebut belum dikelola.

Aris, salah seorang warga sekitar, saat dijumpai HR Online, Kamis (18/06/2020), mengatakan, air terjun tersebut berada di Blok Banua, sehingga masyarakat menyebutnya Curug Banua. Curug ini memiliki panorama alam yang indah.

Selain itu, ketinggian air terjun tersebut lebih dari 25 meter dan memiliki lebar yang cukup luas. Saat ini Curug Banua selalu ramai dikunjungi kalangan anak muda. Mereka datang untuk menikmati panorama alam sambil mandi dan berswafoto di air terjun.

“Curug Banua ini berpotensi dijadikan obyek wisata lokal, tinggal pengelolaannya saja. Jika dikelola dengan baik, dari sisi ekonomi adanya obyek wisata akan meningkatkan pendapatan daerah,” katanya.

Bahkan, lanjut Aris, bisa menciptakan wirausaha baru bagi warga sekitar curug, sebab lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk.

Aris menambahkan, selain air terjun, masih di hamparan wilayah tersebut juga ada Batu Kuda dan goa tempat persembunyian DI TII. Sehingga, Curug Banua betul-betul memiliki potensi untuk dijadikan obyek wisata.

“Mudah-mudahan saja dengan adanya potensi tersebut, pihak pemerintah kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat dapat memberikan bantuan untuk pengembangannya,” harapnya.

Jika dijadikan obyek wisata lokal, Curug Banua tidak akan kalah oleh obyek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Ciamis ini. (Dji/R3/HR-Online)