Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita NasionalDaftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Dapatkan Insentif Rp3,5 Juta

Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Dapatkan Insentif Rp3,5 Juta

Daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id untuk dapat insentif Rp 3,5 juta dari pemerintah. Kartu pra kerja merupakan program pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Saat ini, pendaftaran kartu pra kerja sudah mau masuk ke gelombang 4. Meski belum tahu kapan dibuka, namun pemerintah memastikan pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 segera dibuka.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari membenarkan pemerintah akan segera membuka pendaftaran pra kerja gelombang 4. Pihaknya pun meminta maaf dengan adanya pemunduran jadwal pembukaan kartu pra kerja gelombang 4 yang dijadwalkan dibuka setelah lebaran.

Hingga pertengahan Juni, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 belum juga dibuka. Meski demikian, bagi kamu yang ingin ikut daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id mesti memahami dulu alur pendaftarannya.

Waktu kosong ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar proses dan tahapan registrasi kartu pra kerja. Sehingga nanti ketika mendaftar tidak kesulitan dan bisa lolos.

Masyarakat Indonesia memang banyak yang tertarik untuk mengikuti program andalan Presiden Jokowi ini. Betapa tidak, setiap peserta yang lolos kartu pra kerja akan mendapat insentif senilai Rp 3,5 juta atau tepatnya p 3.550.000.

Rinciannya adalah, Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif peserta diberikan tiap bulan Rp 600 ribu selama 4 bulan dan insentif survei kebekerjaan Rp 150 ribu untuk tiga kali pelaksanaan survei.

Pemerintah Akan Terima 5,6 Juta Peserta, Buruan Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id

Kesempatan bagi kamu yang ingin ikut peserta kartu pra kerja sangat terbuka lebar. Pemerintah rencananya akan menerima 5,6 juta peserta dalam 30 gelombang hingga bulan November 2020 nanti. Anggarannya pun sudah disediakan senilai Rp 20 triliun. Kamu yang tertarik bisa ikut daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id

Saat ini, pemerintah baru menerima peserta kartu pra kerja sekitar 680.256 orang. Sebanyak 434 ribu peserta kini sudah menyelesaikan kegiatan pelatihan.

Dari 434 ribu peserta yang sudah selesai pelatihan, baru 361 ribu peserta yang sudah menerima insentif pra kerja dengan total anggaran yang dikeluarkan senilai Rp 216,73 miliar.

Pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 memang belum dibuka. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menyatakan, saat ini masih sedang dilaksanakan evaluasi pelaksaan program kartu pra kerja gelombang 1-3 oleh komite pra kerja dan lembaga pengawas.

Sehingga kartu pra kerja gelombang 4 belum bisa dibuka. Namun pihaknya berjanji kartu pra kerja gelombang 4 akan segera dibuka dalam waktu dekat. Masyarakat yang ingin ikut program ini, tinggal daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id

Adapun syarat agar kamu bisa lolos dalam pendaftaran kartu pra kerja yakni Warga negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun saat mendaftar dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Adapun cara melakukan pendaftaran kartu pra kerja sebagai berikut. Namun sebelum melakukan pendaftaran, kamu harus memiliki akun pra kerja terlebih dahulu. Akun pra kerja dibuat dengan menggunakan alamat email. Berikut cara membuat akun pra kerja:

1. Buat Akun Pra Kerja

– Pertama login dulu ke laman www.prakerja.go.id

– Setelah masuk, pilih Daftar Sekarang

– Lalu masukan identitas diri nama lengkap sesuai KTP, jangan pula masukan pula alamat email dan passwordnya

– Kalau sudah beres, tinggal cek email kamu untuk konfirmasi akun

– Jika konfirmasi akun berhasil, kamu tinggal daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id

2. Daftar Kartu Pra Kerja

– Pertama pastikan dulu kamu punya akun pra kerja, lalu masuk ke www.prakerja.go.id

– Klik menu login dan masukan alamat email beserta password

– Kemudian isi verifikasi KTP

– Isi data diri secara lengkap sesuai KTP

– Langkah selanjutnya yakni unggah foto KTP dan Foto selfie kamu yang sedang memegang KTP

– Langkah terakhir adalah verifikasi nomor telepon. Masukan nomor telepon kamu yang masih aktif, dan tunggu sampai ada SMS kode OTP masuk ke HP kamu. Lalu masukan kode OTP tersebut dalam verifikasi nomor ponsel.

3. Ikuti Tes Kompetensi

Selesai melaksanakan pendaftaran kartu pra kerja, kamu mesti megikuti tes kompetensi kemampuan dasar secara online. Isi 18 soal yang diujikan dalam waktu 25 menit. Jika sudah selesai, tunggu sampai ada notifikasi pemberitahuan kamu lolos atau tidak.

4. Ikuti Pelatihan

Jika kamu dinyatakan lolos dan berhak menjadi peserta kartu pra kerja, langkah selanjutnya kamu harus megikuti pelatihan keterampilan. Pelatihan ini wajib kamu ikuti agar kamu bisa menerima insentif kartu pra kerja. Selain itu, dengan mengikuti pelatihan, kamu juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan elektronik.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk ikut program kartu pra kerja, tinggal daftar kartu pra kerja di www.prakerja.go.id. Selamat mencoba, semoga berhasil. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -