Disnaker Ciamis; Jumlah Pencaker Diprediksi Terus Meningkat

Disnaker Ciamis; Jumlah Pencaker Diprediksi Terus Meningkat
Sejumlah pencaker tengah membuat kartu kuning atau AK1 di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis, Selasa (02/06/2020). Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Ratusan orang dari berbagai daerah di Ciamis silih berganti memasuki Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis, Selasa (02/06/2020). Mereka adalah para pencari kerja (Pencaker) yang hendak mengurus kartu kuning atau surat pencari kerja.

Dari pantauan Koran HR di lapangan, para pencaker itu silih berganti masuk ke dalam ruangan Disnaker dan tak sedikit yang juga ikut mengantri duduk di luar.

Dengan adanya Pandemi COVID -19, para pencaker harus mengikuti protokol kesehatan dengan mencuci tangan terlebih dahulu, di cek suhu tubuh dan menggunakan masker.

“Pada tahun ini, kita ketahui 100 persen anak SMK/ SMA di Ciamis lulus. Dan setelah penetapan kelulusan, setiap hari orang berbondong-bondong datang ingin membuat kartu kuning,” terang Eka Permana Oktiviana Sekretaris Disnaker Ciamis.

Menurut Eka, untuk hari ini, Selasa (02/06/2020), hampir 100 orang lebih yang datang membuat kartu kuning. Rata-rata orang tersebut baru lulus sekolah pada tahun 2020.

“Sesuai dengan pendaftaran pencakernya, mereka menuliskan kota tujuan, seperti Jakarta, Bandung, Majalengka, Cikarang. Diprediksi beberapa hari kedepan, kemungkinan data pencaker akan terus bertambah,” ungkapnya.

Eka menjelaskan, pembuatan kartu kuning gratis alias tidak dipungut biaya. Namun, saat mengajukan permohonan, pencaker harus mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan pihak Disnaker.

“Kami membatasi orang yang masuk ke ruangan. Mereka juga harus memakai masker dan cuci tangan di tempat yang sudah disediakan,” pungkasnya. (fahmi/Koran HR)

Aegis Boost Pro