DLH Kota Banjar Tanggapi Masalah Sampah Menumpuk di Jalan Perintis Kemerdekaan

Jalan Perintis Kemerdekaan
Tampak salah satu tumpukan sampah di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Soal keberadaan sampah yang banyak menumpuk dan dikeluhkan warga di Jalan Perintis Kemerdekaan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar angkat bicara.

Menurut Kepala Bidang Kebersihan, Dede, masalah sampah tersebut sudah ada petugas kebersihan yang mengangkutnya.

Sampah diangkut oleh petugas sebanyak dua kali dalam satu minggu menggunakan kendaraan roda tiga. Sementara untuk kendaraan roda empat dijadwalkan setiap hari.

“Sudah ada petugasnya yang mengangkut, hanya saja untuk kendaraan roda empat cuma dua yang dioperasikan dan itu khusus untuk jalur opsih,” kata Dede saat ditemui HR Online di ruang kerjanya, Jum’at (17/6/20).

Dikonfirmasi adanya penggantian armada pengangkut sampah dari armada roda empat menjadi kendaraan roda tiga, ia pun membenarkannya, namun bukan karena tidak adanya ongkos operasional.

Menurutnya hal itu dilakukan karena sebelumnya di Jalan Perintis Kemerdekaan tersebut juga menggunakan kendaraan roda tiga sehingga tidak berpengaruh ketika ada penumpukan sampah.

Disingung efisiensi kendaraan roda tiga karena harus diangkut bolak balik oleh petugas kebersihan, ia mengklaim bahwa hal itu juga bukan sebuah kendala karena menurutnya petugas sudah mempunyai jalur dan lokasi masing-masing.

“Jadi tidak masalah menggunakan kendaraan roda, tiga tinggal koordinasi petugas yang ada di lapangan. Apalagi yang di sana juga kebanyakan sampah rumah tangga,” klaimnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)