Energi Potensial Listrik, Begini Pengertian dan Penerapannya

Energi Potensial Listrik
Ilustrasi Energi Potensial Listrik. Foto: Ist

Energi potensial listrik memiliki definisi sebagai usaha yang dilakukan untuk bisa melawan gaya listrik dan memindahkan benda dari posisi 1 ke dalam posisi 2.

Energi semacam ini sering juga disebut sebagai energi potensial elektrostatik. Ini merupakan energi potensial yang diukur di dalam joule yang dihasilkan dari gaya-gaya coulomb konservatif. 

Dimana juga diasosiasikan dengan konfigurasi dari sejumlah muatan titik di dalam sistem yang didefinisikan. Ada dua elemen utama yang bisa memiliki energi potensial dan energi listrik dari sebuah objek.

Hal tersebut yaitu muatan listriknya sendiri dan juga posisi yang relatif terhadap objek bermuatan listrik lainnya.

Penerapan Energi Potensial Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu membutuhkan energi untuk bergerak, bekerja, bernafas, dan juga mengerjakan banyak kegiatan. 

Dengan adanya energi, maka menyebabkan motor dan juga mobil agar bisa berjalan, membuat pesawat bisa terbang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Kuat Arus Listrik Temuan Terpopuler Andre Marie Ampere

Berbagai macam contoh energi potensial yang dihasilkan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah gas yang belum dimasukkan ke dalam tabung, kemudian dihubungkan dengan kompor menjadi salah satu bentuk dari energi potensial kimia.

Karet yang belum ditarik juga berpotensi akan menghasilkan energi potensial elastis. Lampu yang belum dialiri listrik juga berpotensi menghasilkan energi potensial listrik.

Nilai dari energi potensial sebuah muatan saat muatan tersebut berada dalam posisi tertentu tidak diketahui. Akan tetapi, muatan tersebut dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Dari sini akan diketahui perubahan energi potensial muatan tersebut. Jadi, itu artinya telah terjadi perubahan energi potensial.

Menghitung Energi Potensial Listrik

Untuk perbandingannya, kita bisa mengibaratkan seperti saat buah mangga yang berada di tangkainya. Buah mangga memiliki energi potensial gravitasi, namun tidak bisa diketahui berapa nilainya.

Jika buah mangga dipercepat ke tanah dengan gaya gravitasi, maka berkurangnya energi potensial gravitasi dari buah mangga bisa diketahui lewat perhitungan tertentu. 

Energi potensial ini bisa diketahui dengan menggunakan rumus W = ΔEP = m g h. Dimana m = massa, g = percepatan gravitasi, serta h = jarak tangkai mangga dan permukaan tanah.

Begitu juga dengan energi potensial listrik sebuah muatan yang bisa diketahui saat muatan dipercepat oleh gaya listrik dari satu titik menuju titik lainnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bila muatan positif pindah dari plat yang bermuatan positif ke pangkat negatif.

Maka dari itu, berkurangnya energi potensial muatan ini dapat dihitung dengan rumus W = ΔEP = q E s. Dimana q = muatan listrik, E= medan listrik, dan S = jarak kedua plat atau jarak satu tempat dengan tempat lainnya.

Begitu juga dengan muatan negatif yang berpindah dari plat muatan negatif ke pelat bermuatan positif. Bertambahnya energi potensial muatan negatif bisa dihitung dengan rumus W = ΔEP = q E s.

Energi Potensial Listrik dari Dua Muatan Titik

Sebenarnya perubahan yang terjadi pada energi potensial muatan bukan hanya dialami oleh muatan berada di dalam medan homogen saja. Akan tetapi, juga dapat dialami pada medan listrik yang dihasilkan sebuah muatan listrik tunggal.

Seperti pada muatan tunggal Q yang bisa menimbulkan medan listrik dan muatan q berjarak r dan dari muatan Q. Beda potensial muatan diartikan sebagai negatif usaha kesatuan muatan oleh medan listrik dalam muatan uji positif.

Bila muatan berpindah dari titik satu ke titik lainnya, potensial listrik V dalam satu titik karena adanya muatan sumber listrik dengan jarak r akan titik tersebut bisa dirumuskan sebagai berikut: V=k(q/r)

Potensial listrik merupakan besaran skalar yang memiliki satuan volt atau V. Di dalam penghitungan atau jenis muatan harus dimasukkan dalam perhitungan. Ini seperti kasus pada energi potensial listrik.

Baca juga: Rumus Hukum Gravitasi Newton dalam Ilmu Fisika

Dimana potensial listrik yang ada dari beberapa muatan akan sama seperti jumlah aljabar potensial muatan yang ditimbulkan dari tiap muatan.

Bila dua muatan bertanda sama positif atau negatif, maka kedua muatan akan saling tolak menolak atau saling menjauhi. Dengan begitu, perubahan energi potensial yang bernilai positif akan bertambah.

Hal ini sama menyerupai benda dengan massa yang bergerak ke atas menjauhi bumi. Dengan begitu, ketinggian serta energi potensial gravitasinya juga bertambah.

Jika kedua muatan tidak sama, keduanya akan saling tarik-menarik atau saling mendekati. Dengan demikian, perubahan energi potensial listrik akan bernilai negatif atau berkurang. Hal ini sama dengan benda yang massanya bergerak ke bawah mendekati bumi. Dimana nilai gravitasinya akan berkurang. (R10/HR-Online)

Loading...