Film Pengabdi Setan, Siapa Berani Nonton Horor Terseram di Indonesia?

Film Pengabdi Setan
Film Pengabdi Setan garapan Joko Anwar. Foto: Rapi Film

Film Pengabdi Setan bukanlah film horor anyar, namun film ini masih terus dibicarakan para penikmat film di Indonesia.

Apalagi setelah tayang kembali di Trans TV pada Sabtu, 20 Juni 2020 kemarin. Penonton dibuat bernostagia dengan keseruan dan keseraman film yang disutradarai Joko Anwar ini.

Pengabdi Setan dinobatkan sebagai film horor paling seram pada tahun 2017. Film ini juga mendapat pujian dari berbagai pengamat film. Film ini semakin menarik ditonton saat sutradara Film Doctor Strange, Scott Derrickson, juga melontarkan pujian.

Joko Anwar memang dikenal sebagai sineas di balik film-film horor yang merajai bioskop Indonesia. Keberaniannya meremake Pengabdi Setan yang pernah tayang pada tahun 1980-an adalah salah satu buktinya.

Sinopsis Film Pengabdi Setan

Sinopsis film ini sendiri bercerita tentang sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan empat orang anak. Sang ibu tiba-tiba sakit tidak jelas penyakitnyaa apa tapi keluarga itu membutuhkan uang yang tak sedikit untuk pengobatan ibu.

Ketika kehabisan uang, mereka kemudian menjual rumah dan memutuskan pindah ke rumah nenek di desa. Sementara Ibu makin mengkhawatirkan sampai akhirnya meninggal dunia.

Anak tertua dari keluarga tersebut akhirnya berusaha menemukan pekerjaan. Namun di lain pihak mereka diteror penampakan seseorang yang mirip ibu.

Penampakan tersebut membuat mereka ketakutanan. Rini dan anak-anaknya terus dihantui sosok mirip ibu. Sampai akhirnya Rini menemukan fakta tentang ibunya.

Rupanya keluarga tersebut membuat perjanjian dengan makhluk halus. Konsekuensinya mereka terima saat ini. Nyawa Rini dan keluarganya pun terancam.

Fakta Seputar Film Pengabdi Setan

Selain jadi film horor paling seram pada masanya, telah disebutkan film ini adalah remake dari film tahun 1980-an. Tayang dengan durasi 107 menit, Pengabdi Setan garapan Joko Anwar rilis pertama kali pada 28 September 2017.

Pengabdi Setan dibintangi oleh Tara Basro, Endy Arfian, Nasar Anuz, dan Adhiyat Abdulkhadir. Film ini sempat mendapat penghargaan Film Terbaik di ajang Festival Film Indonesia. Joko Anwar dinobatkan sebagai Sutradara Terbaik sekaligus Penulis Skenario Adaptasi Terbaik.

Film ini telah ditonton lebih dari 4,2 juta penonton selama tayang di bioskop. Jumlah penonton yang fantastis, bahkan mengalahkan jumlah penonton film-film luar negeri. Tak heran jika Pengabdi Setan ditasbihkan sebagai film terseram sekaligus film horor paling laris.

Sosok Ibu Jadi Meme

Saat penayanganannya pada tahun 2017, Film Pengabdi Setan populer juga karena sosok ibu yang dijadikan bahan meme. Sosok ibu dalam Pengabdi Setan yang diperankan Ayu Laksmi ini memang mengerikan, namun warganet malah menjadikannya bahan candaan lewat meme.

Salah satu meme dari sosok Ibu di Film Pengabdi Setan. Foto: Twitter

Meme ibu berawal dari tantangan Joko Anwar di twitternya untuk menjadikan sosok ibu sebagai bahan meme. Tantangan tersebut diamini warganet, tak heran berbagai meme lucu tentang sosok ibu bertebaran di Twitter.

Dinobatkan Sebagai Film Terseram

Film Pengabdi Setan juga dinobatkan sebagai film paling serang di festival film internasional, Popcorn Frights Film Festival di Florida, Amerika Serikat pada tahun 2018.

Joko Anwar yang memang mengagumi Pengabdi Setan tahun 1980-an berhasil menghadirkan sosok mengerikan sekaligus berbagai adegan film yang mencekam. Bukan hanya orang Indonesia, orang Amerika saja dibuatnya takut.

Pengabdi Setan Bakal Ada Sekuelnya?

Jika Anda masih ingin menyaksikan keseraman seperti halnya dalam Pengabdi Setan, jangan khawatir karena sang produser telah menjanjkan sekuel dari Pengabdi Setan.

Sunil Samtani, produser Pengabdi Setan dalam sebuah wawanrana yang dilakukan pada tahun 2018, menyebut tentang sekuel Pengabdi Setan ini.

Sunil mengatakan, dirinya bersama Joko Anwar, sang sutradara telah sepakat untuk membuat sekuel Pengabdi Setan. Namun saat itu mereka masih membicarakan konsepnya.

Mereka menginginkan sekuel yang lebih seram dari film sebelumnya, dan tentunya film yang lebih menantang. Sunil sendiri mempunyai ambisi jika film sekuel dari Pengabdi Setan itu dapat meraih penonton yang jauh lebih banyak. Tentunya dengan kualitas yang lebih bagus.

Saat itu Sunil juga menyebut sekuel tersebut bakal rilis tahun depan, ini berarti sekuel Pengabdi Setan seharusnya sudah tayang pada tahun 2019.

Sayangnya sampai saat ini Film Pengabdi Setan yang disebut sebagai sekuel dari yang pertama tak kunjung hadir. Tetapi kita tunggu saja gebrakan dari Joko Anwar selanjutnya. (Ndu/R7/HR-Online)