Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Pilar pada Mobil Sangat Penting

Fungsi Pilar pada Mobil Sangat Penting

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Fungsi Pilar pada Mobil. Setiap kendaraan pasti memiliki pilar yang mempunyai fungsi sangat penting. Hal ini juga berlaku untuk mobil yang memiliki beberapa pilar.

Lantas apa fungsi pilar pada mobil? Setidaknya ada empat pilar mobil yang diberinama A, B, C, D di setiap bagian mobil.

Namun ada juga mobil yang hanya memiliki 3 pilar saja. Adapun fungsinya yaitu sebagai  berikut;

Fungsi Pilar pada Mobil

Pilar Mobil A

Pilar pertama pada mobil adalah pilar A. Pilar ini berada di bagian depan mobil. Fungsi utama pilar ini adalah untuk menyangga atap di bagian depan mobil.

Tujuannya agar bagian depan mobil tidak bergetar saat mobil dikendarai.

Bukan hanya itu, pilar ini biasanya juga untuk meletakkan kaca depan supaya bisa terpasang kuat sesuai model masing-masing mobil. Spion mobil juga dipasangkan di bagian pilar ini.

Pilar Mobil B

Selanjutnya adalah pilar mobil B. Pilar mobil ini ada di bagian tengah mobil atau lebih tepatnya ada di bagian belakang pintu depan.

Pilar ini memiliki fungsi yang sangat penting karena digunakan untuk menempelkan sabuk pengaman depan.

Fungsi lainnya untuk menyambungkan atap dan juga pintu samping depan agar tidak bergetar. Jadi dengan adanya pilar ini, mobil bisa lebih ringan saat dikendarai. Bahkan saat jalanan menanjak sekali pun.

Pilar Mobil C

Fungsi pilar pada mobil berikutnya adalah pilar mobil C. Posisi pilar mobil ini biasanya ada di bagian belakang mobil.

Fungsi utama pilar ini adalah untuk menyangga atap mobil bagian belakang dan juga kaca mobil belakang.

Untuk mobil dengan model SUV, pilar C ini mempunyai fungsi yang sama dengan pilar B, yakni untuk menyangga atap dan tempat untuk meletakkan sabuk pengaman.

Karena kita tahu mobil SUV memiliki dimensi yang lebih mini.

Pilar Mobil D

Pilar mobil berikutnya adalah pilar bagian D. Pilar mobil ini menjadi pilar terakhir yang ada di mobil. Letak pilar ini ada di bagian belakang.

Lebih tepatnya di sekitar bagasi mobil dan juga mempunyai fungsi untuk menyangga atap mobil bagian belakang dan juga kaca mobil belakang.

Dengan adanya pilar ini, mobil bisa lebih kokoh dan juga tangguh ketika dikendarai di segala medan.

Jenis ini tidak dimiliki oleh mobil dengan desain SUV karena mobil tersebut tidak mempunyai bagasi yang perlu diperkuat dengan hadirnya pilar ini.

Dengan mengenali fungsi pilar pada mobil, pengetahuan Anda seputar mobil akan bertambah. Jadi tidak heran Anda bisa mengendarai mobil dengan baik setelahnya.

Meskipun tidak terlalu penting, tanpa adanya pilar ini, mobil tidak bisa berfungsi dengan baik. Bahkan mobil tidak bisa membentuk mobil yang kita kendarai sehari-hari. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -