Gejala Penyakit Covid-19 yang Paling Sering Terjadi

Gejala Penyakit Covid-19 yang Paling Sering Terjadi
Gejala penyakit covid-19 yang paling sering terjadi. Foto:Ist/Net

Gejala penyakit Covid-19 memperlihatkan tanda yang bervariasi. Sejumlah gejala baru bahkan ditemukan pada penyakit Covid-19 yang sebelumnya tidak terdeteksi. Karena itu tak sedikit masyarakat yang bingung dalam mengenali tanda yang ditimbulkannya.

Virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan terjadinya penyakit Covid-19 merupakan jenis virus baru. Meskipun begitu virus ini masih dalam keluarga coronavirus yang menyebabkan SARS dan MERS yang menyerang saluran pernafasan.

Sebagai virus jenis baru, SARS-Cov-2 jauh lebih cepat perkembangannya. Begitu juga dengan penularannya yang dinilai sangat masif. Hingga saat ini saja tercatat lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia telah terpapar virus baru ini.

Mengenali gejala penyakit Covid-19 sangat penting. Apalagi dengan belum ditemukannya obat penyakit ini. Karena itulah perawatan dan penanganan pasien Covid-19 oleh para tenaga medis dilakukan dengan mengobati gejala yang ditimbulkan penyakit ini.

Berbagai Gejala Penyakit Covid-19

Orang lanjut usia dan orang dengan kondisi gangguan kesehatan berat, seperti penderita penyakit jantung, diabetes, atau paru-paru memiliki berisiko mengalami komplikasi yang serius jika terinfeksi virus Corona.

Orang-orang yang terinfeksi virus Corona memperlihatkan berbagai gejala yang biasanya muncul 2 hingga 14 hari setelah terpapar virus. Gejala ini ada yang ringan hingga parah.

Berikut ini berbagai gejala penyakit Covid-19 yang paling sering terjadi seperti dikutip dari laman CDC (Centers for Disease Control and Prevention).

1. Sakit Tenggorokan

Seperti coronavirus lainnya, virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan Covid-19 juga menyerang saluran pernafasan sehingga menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Tenggorokan juga terasa kering.

2. Batuk

TCL

Gejala paling awal yang ering dialami orang yang terpapar virus Corona adalah batuk kering. Terutama jika serangan virus telah sampai hingga ke paru-paru. Kondisi ini menyebabkan batuk terasa sakit terutama di sekitar dada.

3. Kesulitan Bernafas

Napas pendek atau sulit bernapas juga merupakan gejala penyakit Covid-19 yang banyak ditemukan. Dada terasa seperti ditekan dan berlangsung terus menerus sebagai akibat terganggunya suplai oksigen ke dalam tubuh.

4. Demam

Demam atau kedinginan juga bisa mengindikasikan bahwa seseorang bisa terpapar virus Corona. Namun demam juga merupakan gejala lumrah penyakit lainnya sebagai respon imunitas tubuh terhadap serangan penyakit.

5. Diare

Diare awalnya tidak dianggap sebagai gejala penyakit Covid-19. Namun karena banyak penderita Covid-19 yang mengalaminya akhirnya dijadikan sebagai tanda Corona. Diare ini terjadi karena virus telah masuk ke sistem pencernaan.

6. Mual atau Muntah

Gejala yang juga banyak ditemukan pada pasien Covid-19 adalah mual atau muntah yang berulang. Terganggunya sistem pencenaan akan membuat perut mengalami kondisi yang tak nyaman hingga muntah.

7. Kehilangan Rasa atau Bau

Kehilangan rasa atau bau belakangan juga dianggap sebagai gejala teroaoar virus corona yang dominan. Orang yang kehilangan kemampuannya dalam mengecap rasa maupun mencium bau sebaiknya segera memeriksakanke dokter.

8. Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat yang terjadi karena pilek atau berair umumnya terjadi sebagai akibat lanjutan dari serangan virus Corona. Kondisi ini juga melengkapi gejala kesulitan bernafas yang dialami orang yang terpapar Corona.

9. Kelelahan Tubuh

Jika tubuh mengalami kelelaan yang sangat, ini juga merupakan gejala penyakit Covid-19 yang harus dikenali. Bahkan sekitar 40 persen yang diteliti badan kesehatan dunia WHO memperlihatkan tanda awal ini.

10. Sakit Otot

Sakit atau nyeri pada otot tubuh juga dirasakan kebanyakan pasien Covid-19. Bahkan para ahli memasukkan gejala ini sebagai kondisi yang sangat serius yang membutuhkan penanganan segera.

11. Sakit Kepala

Gejala ainnya yang dirasakan kebanyakan pasien Covid-19 adalah timbulnya sakit kepala yang sangat. Bahkan ada laporan kondisi ini kaang dikuti dengan perasaan seperti bingung hingga ada yang stroke.

Itulah berbagai gejala penyakit Covid-19 yang paling dominan dan sering dialami orang yang terpapat virus menular ini. Jika Anda atau ada yang mengalami gejala di atas, segera memeriksakan diri ke dokter. (R9/HR Online)

Loading...