Google Sodar AR Virtual Bisa Membantu Mencegah COVID 19

Google Sodar AR Virtual Bisa Membantu Mencegah COVID 19
Google Sodar AR virtual bisa membantu mencegah Covid 19. Foto:Ist/Net

Google Sodar AR Virtual adalah sebuah alat berteknologi Augmented Reality (AR) yang bisa membantu pengguna untuk membuat jarak virtual antar individu Sodar bisa saling berdekatan demi mencegah penyebaran virus CoVID 19.

Selain itu, anda bisa menggunakan masker sebagai alat untuk pencegahan. Sering melakukan cuci tangan serta prosedur protokol lainnya. Misalnya jarak jarak aman saat berkomunikasi.

Untuk langkah terakhir dirasa paling sulit diterapkan. Oleh sebab itu, menanggapi hal ini Google telah merilis sebuah alat untuk bisa menghitung jarak sosial.

Google Sodar AR Virtual membantu Berkomunikasi

Alat ini dikeluarkan Google untuk bisa membantu penggunanya mengetahui berapa jarak aman untuk bisa berkomunikasi langsung tanpa mengabaikan aturan berkomunikasi ditengah wabah yang semakin menyebar dan belum diketahui obatnya.

Untuk bisa menggunakan alat terbaru dari Google maka anda cukup membuka browser Chrome. Kemudian buka goo.gle/sodar agar bisa mencoba menggunakan alat ini.

Untuk bisa menggunakan alat ini pengguna tidak perlu ada aplikasi namun alat ini juga tidak bisa digunakan pada iOS atau jenis Android yang tipe lama.

Cara kerja dari Google Sodar ini dengan cara ponsel pengguna akan memanfaatkan AR untuk bisa memetakan ruangan disekitar pengguna dengan memiliki radius 2 meter dengan tampilan melingkar pada smartphone pengguna.

Dari hasil percobaan yang dilakukan The Verge, sudah diketahui jika Google Sodar AR Virtual bisa digunakan pada perangkat Samsung Galaxy S20.

Sodar tidak bisa memberi bisa menghitung jarak 2 meter akan tetapi hanya sedikit daripada itu yakni sekitar 1,8 meter saja.

Sedangkan alat Sodar digunakan pada iPhone 7 alat ini tidak memberikan kompatibel pada perangkatnya. Untuk beberapa jenis ponsel untuk kelas menengah bisa dijalankan.

Tidak Semua Ponsel Bisa Gunakan Google Sodar AR

Tidak semua ponsel bisa menggunakan alat yang satu ini haruslah ponsel yang sudah mempunyai kamera 3D untuk mendukung alat ini bisa digunakan.

Bukan hanya bisa dipakai pada ponsel saja namun Google Sodar AR Virtual bisa menggunakan laptop atau PC. Apabila anda menggunakan PC atau laptop maka pengguna harus melakukan scan kode QR untuk masuk pada link melalui ponsel.

Untuk yang masih bingung dengan menggunakan scan kode QR pada website maka pengguna bisa memakai fitur kamera lalu pilih Google Lens. lalu klik launch serta ada beberapa izin yang harus disetujui oleh pengguna terlebih dahulu.

Baru setelah menyelesaikan semua prosedurnya maka bisa mulai menggunakan alat ini untuk menghitung jarak aman sosial. Dengan harus memperbaharui aplikasi Chrome terlebih dahulu lalu menginstallnya dengan menggunakan layanan Google Play pada AR.

Pada dasarnya Google Sodar tidak bisa membuat perbedaan yang nyata untuk mengurangi jumlah kasus yang terinfeksi virus Corona. Namun dengan adanya alat ini setidaknya bisa membantu untuk mengetahui jarak aman untuk berkomunikasi secara langsung.

Dimana menjaga jarak merupakan anjuran otoritas dari bidang kesehatan untuk upaya menghentikan penyebaran virus Corona. Hal ini bisa diterapkan untuk menghadapi sistem yang akan segera digunakan untuk menghadapi keadaan ini yaitu konsep new normal.

Dimana masyarakat bisa hidup berdampingan dengan virus ini sampai ditemukannya vaksin untuk mengobati virus yang berasal dari Wuhan, China ini. Google Sodar AR Virtual merupakan hasil Eksperiment with Google yang juga menggunakan alat WebXR.

Keamanan Sistem

Apabila pengguna salah menempatkan kamera ponselnya maka tentu jaraknya akan ikut berubah. Untuk itu jika menggunakan alat ini pastikan jika kamera ponsel diarahkan ke bawah bisa disesuaikan dengan arah mata jalanan.

Dilansir dari Mashable menggunakan Google Sodar pada keamanan sistem diketahui aman. Bisa dikatakan aman karena hanya pengguna saja yang bisa mengetahui jika kamera sedang menangkap sebuah gambar sedangkan untuk websitenya tidak bisa mengetahuinya.

Google Sodar Sangat Mendukung Tenaga Medis

Jika menggunakan alat yang satu ini tentu tenaga medis yang terbantu. Adanya jarak aman untuk bersosialisasi bisa mengurangi angka kasus positif.

Dengan terjaganya jarak berkomunikasi dan berkurangnya angka penderita maka membuat pekerjaan tenaga medis bisa sedikit terbantu.

Meski belum terbukti bisa mengurangi jumlah kasus virus Corona namun diharapkan dengan menggunakan Google Sodar AR Virtual bisa segera mengurangi dan menghentikan kasus yang menjadi wabah bagi seluruh dunia. (R10/HR Online)

Loading...