Harga PS5 di Indonesia, Sesuaikah dengan Spesifikasinya?

harga ps5 di indonesia
Wujud PS5 dari Sony. Foto: Sony

Harga PS5 di Indonesia banyak diprediksi oleh para pecinta gim keluaran Sony ini. Banyak yang memperkirakan Play Station 5 ini bakal dibanderol seharga Rp 7 jutaan.

Sony memang sudah membuat heboh minggu ini dengan merilis ‘penampakan’ PS5 yang disebut-sebut bakal jadi saingan Xbox Series X buatan Microsoft. PS5 dikeluarkan Sony dalam dua varian, yakni Digital Edition dan 4K Blu-ray.

Sejak wujudnya dirilis dalam website Sony, warganet menyambutnya dengan gegap gempita. PS5 memiliki desain futuristik yang bisa membuat pecinta gim langsung jatuh cinta.

Berapa Harga PS5 di Indonesia?

Harga PS5 diperkirakan bakal mencapai 499 dolar amerika. Jika harga 1 dolar Rp 13 ribu, maka harga PS5 bisa mencapai Rp 6.487.000.

Harga ini masih bisa diterima para pecinta gim, lantaran banyak inovasi terbaru yang diterapkan pada perangkat gim keluaran Sony ini.

Dua varian PS5 yang dikeluarkan Sony diperkirakan para analis gim bakal berbeda harganya. Misalnya untuk PS5 Digital Edition dikatakan bisa lebih murah lantaran tidak ada pendukung drive (hard disk).

Meskipun begitu, Sony masih menyematkan berbagai komponen lainnya, seperti SSD 852GB, tak lupa Sony pun menggunakan CPU AMD Zen 2 Core 8 dan GPU AMD RDNA 2.

Dikutip HR Online dari Tech Radar, Sabtu (13/6/2020), harga PS5 diprediksi sekitar 399 dolar Amerika, sehingga harga PS5 di Indonesia bisa mencapai Rp 5,5 juta.

Selain para analis gim, banyak juga yang menerka harga PS5 yang dianggap masih misterius. Prediksi harga PS5 juga dikemukakan oleh para pelaku hiburan di Amerika Serikat.

Harga konsol Gim keluaran Sony ini diperkirakan mencapai 450 dolar Amerika atau sekitar Rp 6,9 juta. Hal itu sempat dikemukakan oleh Dave Klein, seorang sinematografer asal Amerika Serikat.

Kehadiran PS5 di tengah pandemi Covid-19 juga dinilai bakal mempengaruhi harganya di pasaran. Apalagi banyak masyarakat yang terkena pukulan secara ekonomi. Sementara inflasi juga terus terjadi.

Namun, bukan itu saja yang mempengaruhi harga PS5 ini, tampilan grafisnya yang terus meningkat sampai 8K dan $K dengan kecepatan 120HZ ini pun bisa jadi alasan Sony menaikkan harganya.

Lalu editor GameSpot juga ikut menebak harga PS5 ini. Adalah Phil Hornshaw yang memperkirakan PS5 bakal dilepas di pasaran seharga 500 dolar Amerika. Sehingga harga PS5 di Indonesia bisa mencapai Rp 7 juta.

Hornshaw menilai harga tersebut wajar mengingat banyak inovasi yang dilakukan pada konsol gim mereka. Hornshaw juga menyoroti komponen PS5 yang dinilainya bakal berimbas pada harganya.

Spesifikasi PS5

Tampilan PS5 dari bocoran di laman Sony, terlihat konsol gim ini berdiri vertikal. Sekilas mengingatkan pada wujud Xbox Series X keluaran Microsoft.

Meskipun vertikal, namun konsol gim terbaru dari Sony ini bisa disimpan secara horizontal. Sehingga Anda bisa menyimpannya di bawah televisi. Hal ini dikatakan dalam laman Game Spot.

Desain ini membuatnya layak dibanderol seharga Rp 7 juta dalam harga PS5 di Indonesia.apalagi ditambah berbagai aksesori yang membuat permainan dalam PS5 bakal sangat menarik. Misalnya teknologi DualSense yang meliputi fitur haptic feedback, adaptive triggers, dilengkapi mikrofon internal.

Lalu kamera pada PS5 ini adalah kamera beresolusi HD. Ada juga headset nirkabel Pulse 3D. Terakhir tentu saja ada remot.

Tenaga PS5 telah disebutkan di atas, bakal didukung CPU AMD Zen2 Core 8, dan GPU AMD RDNA2. Bocorannya, chip khusus buatan AMD bakal didukung dengan daya 10,28 teraflops.

Spesifikasi tersebut membuat PS5 jauh berbeda dengan konsol gim Sony sebelumnya. Begitu juga dengan desain warna hitam putihnya yang menarik perhatian.

Kapan PS5 Rilis?

Sony menyampaikan PS5 bakal rilis pada musim liburan tahun 2020. Awalnya di Amerika Serikat, sekitar bulan Oktober-Desember 2020, sesuai musim liburan di negeri Donald Trump tersebut.

Bagaimana dengan Indonesia? Pecinta konsol gim keluaran Sony di Indonesia mesti bersabar, karena belum ada info detail terkait rilis PS5 di Indonesia.

Namun, biasanya jika sudah rilis di Amerika Serikat, tak perlu waktu lama untuk Sony melepas PS5 ke pasar Indonesia. Anda tinggal menanti kabar berapa harga PS5 di Indonesia.

Gim yang Bakal Ada Pada PS5

Bagi Anda yang sudah terbiasa memainkan berbagai gim di PS4, jangan khawatir, karena gim yang ada di PS4 juga bisa dimainkan di PS5. Sebut saja Spidermen New Entry, Sekuel Horizon Zero Dawn, sampai Resident Evil 8.

Bukan itu saja, Sony menyebut PS5 telah didukung dengan teknologi virtual reality yang akan menambah keseruan memainkan PS5.

Berbagai kelebihan tersebut layak dinantikan oleh para pecinta gim. Bagi Anda yang berada di Indonesia, tinggal menanti peluncurannya dan tentu saja menanti kabar berapa harga PS5 di Indonesia. Siapa tahu sesuai dengan budget yang Anda miliki. (Ndu/R7/HR-Online)