Hore! Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Segera Dibuka

Hore! Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Segera Dibuka
Pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 segera dibuka. Foto:Ist/Net

Setelah sekian lama ditunda, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 segera dibuka. Hal tersebut dikatakan Direktur Eksekutif Pelaksana Program Kartu Pra Kerja, Denni Puspa Purbasari, Senin (8/6/2020) dalam video confrence.

Denni mengatakan, pendaftaran kartu prakerja gelombang keempat akan segera dibuka. Pihaknya pun meminta maaf, karena sebelumnya mengumumkan pendaftaran kartu pra kerja gelombang empat dibuka setelah lebaran.

 “Kepada teman-teman, saya meminta maaf, waktu itu saya janji pendaftaran dibuka sesudah lebaran,” ujarnya.

Namun kata Denni, pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 nyatanya molor sampai satu bulan lebih. Keterlambatan pembukaan kartu pra kerja gelombag lanjutnya, karena saat ini masih dilakukan evaluasi gelombang 1-3 oleh Komite Pra Kerja dan beberapa lembaga pengawas.

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Segera Dibuka

Denni menyatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan segera mengumumkan pembukaan program kartu pra kerja gelombang empat.

“Jadi kami mohon kepada semuanya agar bersabar, sekarang masih berproses. Namun insyaallah dalam waktu dekat gelombang empat akan segera dirilis,” katanya.

Kartu Pra kerja sendiri merupakan program pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. Pasca pandemi Covid-19, banyak masyarakat Indonesia yang di PHK, sehingga kini terpaksa menganggur. Makanya, saat ini banyak warga yang menunggu dibukanya pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4.

Pemerintah rencananya akan memberikan program kartu pra kerja kepada 5,6 juta orang penerima manfaat. Program pelatihan ini akan dibuka dalam 30 gelombang hingga bulan November 2020 nanti. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 20 triliun untuk suksesi program ini.

Sebagai informasi saja, setiap peserta yang lolos daftar kartu pra kerja akan mendapat dana senilai Rp 3.550.000. Rinciannya, yakni sebesar Rp  juta untuk biaya pelatihan, dan insentif peserta sebesar  Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 per bulan yang diberikan selama 4 bulan. Selain itu, pemerintah juga memberikan insentif survei kepekerjaan Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.

Saat ini, peserta kartu pra kerja yang sudah mencairkan insentif sebanyak 361.214 peserta dan setara Rp 216,72 miliar. Sementara jumlah peserta yang lolos pada gelombang 1-3 mencapai 680.918 orang.

Panji Winanteya Ruky, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Pra Kerja, menuturkan, dari jumlah 680.918 peserta yang lolos, baru 434 ribu peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan. Dari 434 ribu peserta tersebut, baru 361 ribu peserta yang sudah menerima insentif.

Peserta yang belum menerima insentif pra kerja, adalah peserta yang menggunakan rekening bukan milik atau atas nama diri sendiri, ada juga yang rekeningnya belum di know your costumer (KYC).

Peluang Besar Ikut Daftar Kartu Pra Kerja

Bagi kamu yang belum lolos atau belum mendaftarkan diri menjadi peserta Kartu Pra Kerja, bisa ikut dalam pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4. Asalkan memenuhi 3 syarat utama yakni warga negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Peluang masih sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin ikut dalam program tersebut. Pemerintah menargetkan 5,6 juta orang menjadi peserta kartu pra kerja. Meski kartu pra kerja difokuskan pada warga yang terkena PHK, namun siapa saja boleh ikut mendaftar.

Meski belum resmi dibuka, tidak ada salahnya kamu mengetahui alur dan tata cara pendaftaran kartu pra kerja. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Jika kamu ingin ikut daftar kartu pra kerja gelombang 4, kamu bisa menggunakan komputer, laptop ataupun dengan smartphone. Berikut cara daftarnya.

Namun sebelum mendaftarkan diri, kamu wajib memiliki akun kartu pra kerja dulu. Cara membuat akunnya cukup mudah, kamu bisa menggunakan nomor ponsel atau pun alamat email.

1. Buat Akun Pra Kerja

– Bukan www.prakerja.go.id

– Setelah masuk, klik Daftar Sekarang

– Masukan nama sesuai KTP, dan masukan juga alamat email dan password

– Lalu cek email untuk konfirmasi akun

– Jika konfirmasi akun berhasil, kamu kembali lagi ke prakerja.go.id

2. Daftar Kartu Pra Kerja

– Jangan lupa masuk ke www.prakerja.go.id

– Klik menu Login llau masukan email beserta passwordnya

– Isi verifikasi KTP dengan memasukan tanggal lahir dan NIK

– Isi biodata diri secara lengkap

– Langkah selanjutnya, unggah foto KTP dan Foto selfie kamu sedang memegang E-KTP

– Selanjutnya verifikasi nomor ponsel, tunggu sampai ada kode OTP masuk ke HP lewat SMS. Lalu masukan kode tersebut dalam verifikasi nomor ponsel.

3. Ikuti Tes Kemampuan

Setelah selesai daftar kartu pra kerja gelombang 4, yang harus kamu lakukan adalah mengikuti tes kompetensi dan motivasi. Jawab 18 soal dengan waktu 25 menit. Jika sudah beres mengisi soal secara online, tunggu sampai ada notifikasi dari admin. Apabila kamu berhasil lolos tes, kamu akan dapat pemberitahuan selamat.

4. Ikuti Pelatihan

Setelah berhasil lolos menjadi peserta kartu pra kerja, kamu wajib mengikuti pelatihan secara online. Pelatihan tersebut harus kamu ikuti agar insentif kartu pra kerja bisa cair. Selain itu, dengan mengikuti pelatihan kamu akan mendapat sertifikat elektronik.

Itulah beberapa tahapan dan cara daftar kartu pra kerja gelombang 4. Terus  update pendaftaran kartu pra kerja gelombang di instagram resminya, @prakerja.go.id. (Jujang/R8/HR Online)