HP Samsung Galaxy Tab A 8.4, Berbekal Prosesor Exynos 7904

HP Samsung Galaxy Tab A 8.4
Ilustrasi HP Samsung Galaxy Tab A 8.4. Foto : Istimewa

HP Samsung Galaxy Tab A 8.4 menjadi alternatif pilihan murah bagi mereka yang menginginkan produk keluaran Samsung dengan bodi yang tipis dan ramping.

Seperti namanya, gadget ini mempunyai ukuran layar 8,4 inci serta menjadi penerus Galaxy Tab A8.0 yang telah dirilis pada 2019 lalu.

Meskipun memiliki harga yang cukup murah, perangkat ini telah dilengkapi dengan CPU Octa-core 1,8 Ghz dengan baterai 5.000 mAh.

Produk keluaran Samsung ini resolusinya belum 4k. Akan tetapi, Galaxy Tab A 8.4 diklaim dapat memutar video beresolusi 4k dengan frame rate 30 fps.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Tab A 8.4

Hingga saat ini Samsung masih menjadi salah satu pemain dalam menghadirkan gadget. Meskipun sekarang pasar gadget sedang mengalami penurunan, akan tetapi Samsung sepertinya terus maju dalam memproduksi perangkat satu ini.

Perusahaan Korea Selatan tersebut baru saja meluncurkan produk LTE entry-level terbaru yang bernama Samsung Galaxy Tab A 8.4 (2020) pada pasar Amerika Serikat.

Perangkat ini datang untuk menggantikan posisi Galaxy Tab A8.0 (2019) serta membawa CPU Octa core. Selain itu, spesifikasi kunci lainnya adalah penggunaan baterai 5000mAh dengan memiliki bodi tipis dan ramping.

Baca Juga : Tablet Murah Samsung Galaxy Tab S6 Lite Bawa Spek Menggoda

Pada tahun 2020 ini, Samsung telah merilis sebuah produk dengan perkiraan harga yang cukup murah dan terjangkau. HP Samsung Galaxy Tab A 8.4 ini merupakan produk kelas menengah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 8.4 yang perlu anda ketahui.

Desain

Review pertama yang akan kita bahas dari Samsung Galaxy Tab A 8.4 adalah dari segi desain. Berdasarkan foto-foto yang telah beredar di internet, perangkat ini memiliki bezel yang sangat tipis meskipun tidak setipis dari seri sebelumnya, yakni Galaxy S20.

Namun untuk sebuah gadget dengan sedikit bezel, ini sangat diperlukan untuk memegang atau membawanya secara lebih aman.

Secara keseluruhan, produk ini memiliki tiga buah tombol fisik, diantaranya power, volume down, serta volume up.

Pada perangkat ini, Samsung telah menghilangkan beberapa tombol, diantaranya tombol home fisik, tombol back, serta tombol multi task kapasitas yang biasanya sering ditemukan pada perangkat Samsung seri pendahulunya.

Kamera

HP Samsung Galaxy Tab A 8.4 telah mengusung kamera selfie 5 megapiksel serta kamera belakang 8 megapiksel.

Pada kamera belakang juga telah dilengkapi dengan fitur auto fokus, namun tanpa dilengkapi adanya LED flash. Kemampuan merekam video juga sedikit terbatas untuk resolusi FHD 30 fps saja.

Sedangkan kamera depan dapat menampilkan gambar yang cukup baik. Pada dasarnya, HOP Samsung Galaxy A 8.4 ini tidak dirancang untuk mobile photography.

Maka spesifikasi standar tersebut sudah cukup dalam memenuhi fungsionalitasnya sebagai sebuah produk unggulan.

Layar

Samsung Galaxy Tab A 8.4 telah menggunakan panel LCD TFT 8,4 inci dengan resolusi WUXGA (1.900 x 1.200 piksel). Ukuran yang cukup baik digunakan untuk menonton konten dengan resolusi tinggi.

Selain itu, meskipun resolusinya belum 4K, akan tetapi perangkat ini diklaim dapat memutar video beresolusi 4K dengan frame rate 30 fps.

Prosesor

HP Samsung Galaxy Tab A 8.4 telah menggunakan prosesor Exynos 7904 yang memiliki delapan inti kecepatan 1,8 GHz.

Untuk mendukung proses multi-tasking, gadget ini telah dilengkapi dengan RAM sebesar 3GB.  Penyimpanan internalnya pun tidak terlalu besar, yakni berada di angka 32GB.

Namun anda tidak perlu khawatir, pada perangkat ini telah dilengkapi adanya slot micro SD yang dapat menampung memori eksternal hingga 512 GB.

Kapasitas Baterai

Baterai Galaxy Tab A 8.4 memiliki daya 5.000 mAh yang diklaim mampu dipakai untuk memutar musik hingga 99 jam.

Atau bahkan untuk memutar video selama 12 jam dalam sekali pengisian penuh. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi adanya fitur fast charging yang menggunakan port USB tipe C.

Fitur Lain

Sesuai dilansir dari GSM Arena, Jumat 27 Maret 2020 lalu, fitur lain yang terdapat pada produk Samsung berwarna mocca ini mencakup beberapa fitur penting.

Fitur penting tersebut diantaranya micro USB 2.0, konektivitas Bluetooth 5.0, 4G (LTE, single-SIM), port audio 3,5 mm, serta Wi-Fi a/b//g/n/ac.

Secara keseluruhan HP Samsung Galaxy Tab A 8.4 telah memenuhi semua syarat serta fungsional pada sebuah produk yang layak digunakan. Perangkat ini sesuai digunakan untuk para pelajar serta pekerja dengan mobilitas tinggi. (R10/HR-Online)