Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita CiamisHUT Ciamis ke 378, Nanang Permana Ajak Masyarakat Jaga Budaya Gotong-Royong

HUT Ciamis ke 378, Nanang Permana Ajak Masyarakat Jaga Budaya Gotong-Royong

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana, memaknai Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke 378 ini, supaya lebih meningkatkan terhadap kinerja dan juga tetap menjungjung tinggi kesatuan dan persatuan dalam membangun Ciamis yang dilandaskan dengan gotong-royong.

Nanang menjelaskan, Hari jadi tidak sebatas seremonial saja, melainkan bisa membawa dampak perubahan dan kemajuan Ciamis ke depan. Sehingga warga Ciamis menjadi sejahtera dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

“Gotong-royong menjadi salah satu bentuk majunya daerah, sehingga warga dan juga pemerintah saling turut serta memajukan Kabupaten Ciamis. Makanya budaya gotong-royong ini harus tetap ada di Kabupaten Ciamis, terlebih sekarang Ciamis masuk usia 378 tahun,” jelasnya.

Menurut Nanang Permana, sesuai moto pada HUT kali ini, yaitu meningkatkan kepedulian sosial dan satukan tekad untuk Ciamis lebih baik, maka harus terjalin hubungan baik antara masyarakat dan juga pemerintah dalam membangun Ciamis.

Lebih lanjut, Nanang mengungkapkan, baik eksekutif maupun legislative, momentum HUT Kabupaten Ciamis harus dijadikan jalan untuk membawa perubahan dalam segi apapun, baik program pembangunan. Saat ini masih banyak daerah di 27 kecamatan yang masih perlu ditata kembali, sehingga nantinya kemajuan Ciamis bisa terlihat lebih jelas.

Perlu Sinergitas DPRD dan Pemkab

Untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Ciamis, tentunya perlu kinerja bersama-sama, DPRD dengan Pemerintah Ciamis, harus tetap terjalin dengan baik. Dengan begitu, setiap program yang dihasilkan bukan hanya sebatas membagun, melainkan dampaknya bisa dirasakan oleh warga Ciamis.

Diakui Nanang Permana, meski perayaan HUT kali ini tidak semeriah tahun sebelumnya, akibat pandemi covid-19, namun makna dibalik hari jadilah yang harus menjadi jalan untuk kemajuan bukan sebatas perayaan.

Biasanya, kata Nanang, paripurna HUT Kabupaten Ciamis bisa disaksikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun kali ini akibat pandemi covid -19, pihaknya masih tetap melaksanakan paripurna dengan mengedepankan protokol kesehatan.

“Tahun lalu selepas paripurna HUT Ciamis, semua lapisan warga masyarakat bisa hadir menyaksikan momentum sacral, ditambah dengan berbagai kegiatan yang semuanya untuk masyarakat. Akan tetapi untuk tahun ini tidak ada kegiatan, hal tersebut guna menjaga kesehatan warga tatar galuh Ciamis,” katanya.

Nanang Permana, menambahkan, pihaknya juga berharap dengan HUT Ciamis ke 378 ini, Ciamis lebih maju dan lebih baik. Meski saat ini semua daerah sedang melakukan penanganan covid-19, Ciamis bisa kembali menata pembangunan yang tersendat akibat wabah corona. (es/Koran HR)

- Advertisment -