Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita NasionalInsentif Kartu Pra Kerja Cair Pekan Ini Setelah Sebelumnya Ditunda

Insentif Kartu Pra Kerja Cair Pekan Ini Setelah Sebelumnya Ditunda

Insentif kartu pra kerja dipastikan akan cair pada pekan ini. Sebelumnya, pemerintah bersama manajemen pelaksana program kartu Prakerja, menghentikan sementara proses pembayaran insentif bagi peserta yang lolos di gelombang I, II, dan III.

Kepastian pembayaran insentif pra kerja ini disampaikan Deputi Bidang Ekraf, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin, Senin (22/6/2020), dalam sebuah video conference.

Rudy berjanji, insentif program ini akan dicairkan minggu sekarang. Kata dia, ada beberapa orang yang insentifnya belum dibayarkan meski sudah menyelesaikan pelatihan. “Kita akan keluarkan insentifnya mungkin minggu ini sudah dibayarkan,” ujar Rudy.

Baca juga: Daftar Kartu Pra Kerja di www.prakerja.go.id, Dapatkan Insentif Rp3,5 Juta

Selain menghentikan sementara pembayaran insentif kartu pra kerja, pemerintah juga menangguhkan jadwal pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4.

Sudah hampir dua bulan, pendaftaran kartu pra kerja belum juga dibuka. Hal tersebut karena beberapa alasan, salah satunya karena KPK meminta Menko Perekonomian Republik Indonesia menghentikan sementara program Jokowi tersebut.

KPK juga meminta program kartu pra kerja dievaluasi dan dibenahi terlebih dahulu.

Meski demikian, saat ini manajemen pelaksana kartu pra kerja, sudah meminta persetujuan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto agar insentif bisa segera dicairkan untuk peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan.

Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pencairan insentif tak usah menunggu verifikasi dari BPKP atau Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

“Jadi tidak mesti lagi dilakukan proses verifikasi oleh BPKP. Sebelumnya kami sudah menetapkan bersama komite pra kerja terkait persetujuan insentif yang belum cair dari gelombang 1 sampai 3,” jelas Rudy.

Nah, bagi peserta kartu pra kerja yang sudah menyelesaikan pelatihan, sudah dipastikan minggu ini akan menerima insentif kartu pra kerja.

“Tidak perlu menunggu proses verifikasi pembayaran pelatihan yang menunggu BPKP, tadi pagi kita tetapkan dengan komite mengenai persetujuan insentif yang belum untuk batch I sampai III,” sebut dia.

Insentif Kartu Pra Kerja Akan Cair, Pendaftaran Gelombang 4 Belum Juga Dibuka

Meski pemerintah akan segera mencairkan insentif pra kerja, namun pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 belum juga dimulai.

Padahal, program andalan Jokowi itu sudah banyak dinanti masyarakat. Hingga gelombang 3 saja, pendaftar kartu pra kerja mencapai 11,2 juta orang.

Meski banyak yang mendaftar, pemerintah baru menerima 680.918 orang peserta kartu pra kerja. Itupun belum semua menyelesaikan pelatihan dan menerima insentif kartu pra kerja.

Program kartu pra kerja sendiri merupakan program pemerintah Indonesia yang diprioritaskan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Rencananya, pemerintah akan menerima 5,6 juta peserta kartu pra kerja dalam 30 gelombang pendaftaran hingga bulan November 2020.

Peserta yang lolos pendaftaran, akan mendapatkan uang pelatihan dan insentif dengan total Rp 3.550.000.

Rinciannya yakni Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta untuk insentif peserta diberikan 4 bulan, perbulannya Rp 600 ribu selama 4 bulan dan insentif survei kebekerjaan senilai Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Bagi kamu yang belum tahu cara daftar untuk mendapat insentif kartu pra kerja, perhatikan cara-caranya berikut ini. Namun, untuk mendaftar kartu pra kerja, ada 3 syarat yang mesti kamu penuhi dulu.

Syaratnya yakni Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Baca juga: Mau Lolos Daftar Kartu Pra Kerja? Begini Caranya!

Sebelum kamu melakukan pendaftaran kartu pra kerja kamu harus punya akun pra kerja terlebih dahulu. Berikut cara membuat akun pra kerja agar kamu lolos dan mendapatkan insentif Rp 3,5 juta.

Akun pra kerja mesti kamu buat dengan menggunakan alamat email. Caranya sebagai berikut:

1. Pertama kamu mesti login dulu ke website prakerja.go.id

2. Sesudah masuk, pilih menu Daftar Sekarang

3. Masukan biodata diri nama lengkap sesuai KTP, dan masukan juga alamat email dan passwordnya sebagai syarat mendapat insentif kartu pra kerja.

4. Jika sudah selesai, kamu mesti cek email untuk konfirmasi akun

5. Apabila konfirmasi akun berhasil, kamu tinggal masuk lagi ke www.prakerja.go.id

Mendaftarkan Akun Kartu Pra Kerja

1. Masuk ke website prakerja.go.id

2. Klik login lalu masukan alamat email beserta passwordnya

3. Isi verifikasi KTP

4. Isi identitas diri dengan lengkap sesuai KTP

5. Langkah selanjutnya yakni mengunggah foto KTP dan Foto selfie kamu yang sedang megang KTP

6. Syarat terakhir untuk mendapat insentif kartu pra kerja yaitu verifikasi nomor telepon. Masukan nomor ponsel milik kamu, lalu tunggu sampai masuk kode OTP lewat SMS ke HP kamu. Lalu masukan kode OTP tersebut.

Baca juga: Login di www.prakerja.go.id untuk Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang 4

Ikuti Tes Kompetensi Kartu Pra Kerja

Sebelum kamu dinyatakan lolos dan mendapat insentif pra kerja, kamu mesti mengikuti tes kompetensi dasar. Ada 18 soal yang harus kamu isi dengan waktu 25 menit. Jika sudah selesai mengisi soal, tunggu sampai ada notifikasi kamu lolos atau tidak.

Ikuti Pelatihan Pra Kerja

Jika kamu dinyatakan lolos menjadi peserta kartu pra kerja, langkah selanjutnya yakni mengikuti pelatihan. Pelatihan mesti kamu ikuti agar insentif bisa cair. Selain itu dengan mengikuti pelatihan, kamu akan mendapat sertifikat pelatihan elektronik.

Itulah beberapa cara melakukan pendaftaran kartu pra kerja. Mulai sekarang, persiapkan diri kamu agar lolos pendaftaran dan mendapatkan insentif kartu pra kerja Rp 3,5 juta. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -