Insentif Kartu Prakerja Cair, Cek Syaratnya di Sini!

Insentif Kartu Prakerja Cair
Insentif Kartu Prakerja Cair, besarnya dana yang diterima Rp 600 ribu. Foto: Istimewa

Insentif kartu Prakerja cair setelah sempat mengalami penundaan. Sejumlah peserta melaporkan sudah mendapat insentif kartu Prakerja yang ditransfer melalui rekening BNI dan dompet digital OVO, Gopay, dan LinkAja.

Penantian peserta kartu Prakerja Gelombang I, II, III, akhirnya berakhir. Pasalnya insentif kartu Prakerja akhirnya cair juga setelah mengalami penundaan beberapa lama.

Ketidakpastian pencairan insentif banyak dikeluhkan oleh para peserta. Apalagi peserta yang sudah menanti-nanti dana insentif lantaran terkena dampak wabah Covid-19.

Baca Juga: Cara Mencairkan Insentif Prakerja Tahap Kedua Melalui BNI dan LinkAja

Laman Kartu Prakerja mewanti-wanti peserta untuk memperhatikan sejumlah syarat apabila ingin insentif cair.

Syarat Insentif Kartu Prakerja Cair

Instagram Kartu Prakerja merilis syarat pencairan kartu Prakerja. Manajemen pelaksana program kartu Prakerja memberi tips bagi peserta yang sudah mendaftar Program Kartu Prakerja dan berhasil lolos.

Selain itu juga peserta sudah mengikuti pelatihan bahkan sudah mendapatkan sertifikat. Ada 5 tips yang diberikan oleh manajemen kepada peserta kartu Prakerja, berikut ulasannya:

Pertama, peserta harus memastikan sudah memberi ulasan, termasuk rating pelatihan.  Ini jadi syarat penting agar insentif segera cair.

Kedua, rekening bank atau dompet digital untuk mencairkan dana insentif kartu Prakerja harus masih aktif. Pastikan juga rekening bank dan akun dompet digital Anda sudah terhubung dengan akun Prakerja.

Ketiga,  untuk memastikan insentif kartu Prakerja cair, Nomor Induk Kepegawaian (NIK) KTP yang Anda masukkan untuk daftar kartu Prakerja juga sama dengan NIK yang Anda masukkan pada rekening bank dan akun dompet digital. Jika berbeda, maka dipastikan insentif Prakerja susah untuk dicairkan.

Keempat, jangan lupa juga bagi Anda yang menggunakan dompet digital untuk pencairan kartu Prakerja harus memperbarui atau mengupgrade akun dompet digital Anda. Baik OVO, Gopay, maupun LinkAja harus upgrade dulu ya.

Kelima, nomor handphone yang Anda pakai untuk akun dompet digital tersambung dengan akun yang Anda buat di laman Prakerja. Jangan sekali-kali mengganti nomor handphone dengan nomor yang baru, karena nantinya bisa menimbulkan masalah dalam pencairan kartu Prakerja.

Jika kelima syarat di atas sudah terpenuhi, saat waktunya pencairan insentif kartu Prakerja, maka Anda akan menerima dana sebesar Rp 600 ribu. Dana insentif ini akan Anda dapatkan setiap bulan selama 4 bulan.

Cara Upgrade OVO, Gopay, LinkAja untuk Pencairan Insentif Kartu Prakerja

Selain membagikan syarat insentif kartu Prakerja cair, manajemen kartu Prakerja juga memberi informasi terkait tata cara memperbarui atau meng-upgrade akun dompet digital para peserta.

Upgrade akun dompet digital, baik OVO, GoPay, maupun LinkAja ini penting dilakukan untuk memproses pencairan Kartu Prakerja. Berikut penjelasannya:

Akun OVO

Bagi Anda yang menggunakan OVO, untuk upgrade akun OVO Anda, pertama klik menu ‘Upgrade’. Menu ini ada di halaman utama saat Anda membuka aplikasi OVO. Selanjutnya masuk ke menu ‘profile’, lalu klik menu ‘Upgrade’.

Selanjutnya Anda isi data identitas dengan lengkap dan sesuaikan dengan KTP. Lalu unggah atau upload foto selfie Anda sambil memegang KTP. Baik wajah maupun KTP harus terlihat jelas dan tidak boleh buram.

Upgrade GoPay

Upgrade GoPay untuk insentif kartu Prakerja cair, pertama yang Anda lakukan adalah klik menu ‘Lainnya’ pada akun GoPay. Selanjutnya klik ‘Upgrade ke GoPay Plus’, lalu klik lagi ‘Update Sekarang’.

Anda tinggal mengunggah foto KTP dan foto selfie. Foto wajah dan KTP juga harus jelas, dan tidak boleh buram. Jika buram maka proses upgrade akan ditolak pihak GoPay. Langkah terakhir untuk upgrade GoPay adalah pilih ‘Kirim Dokumen’.

Upgrade LinkAja

Untuk upgrade akun LinkAja, tinggal kil ‘Akun’, lalu lanjutkan dengan klik ‘Tipe Akun’, terakhir klik ‘Upgrade Full Service’.

Selanjutnya Anda isi data identitas pribadi, termasuk nama ibu kandung dan NIK KTP. Lanjutkan dengan foto wajah sesuai instruksi yang diberikan lewat aplikasi LinkAja.

Foto wajah harus sesuai dengan KTP, juga tidak boleh buram dan harus terlihat jelas. Langkah terakhir, Anda hanya perlu klik ‘Kirim Dokumen’.

Setelah Anda upgrade akun dompet digital yang Anda gunakan untuk pencairan kartu Prakerja. Ikuti langkah-langkah tersebut dengan benar agar insentif kartu Prakerja cair. (Ndu/R7/HR-Online)