Minggu, Oktober 24, 2021
BerandaArtikelInsentif Prakerja Belum Cair Juga? Cek Penyebabnya di Sini!

Insentif Prakerja Belum Cair Juga? Cek Penyebabnya di Sini!

Insentif Prakerja belum cair di akun Anda, padahal peserta program kartu Prakerja lainnya sudah cair. Lalu apa masalahnya? Anda perlu mengecek beberapa hal dulu untuk memastikan pencairan insentif kartu Prakerja cair.

Sebelumnya pencairan insentif kartu Prakerja sempat molor, tidak sesuai waktu yang tersemat pada dashboard. Banyak peserta mengeluh lantaran menunggu insentif kartu Prakerja yang tak kunjung cair.

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Cair, Cek Syaratnya di Sini!

KPK pun sampai memeriksa secara khusus program kartu Prakerja yang kisruh dan dianggap amburadul. Manajemen pelaksana program Kartu Prakerja kemudian merilis insentif bakal cair pekan ini.

Sampai berakhir hari kerja pada Jum’at (26/6/2020) lalu, insentif kartu Prakerja belum juga cair. Banyak peserta yang kemudian kecewa.

Penyebab Insentif Prakerja Belum Cair

Insentif kartu Prakerja baru benar-benar cair pada Minggu (28/6/2020). Namun masih ada peserta program kartu Prakerja yang belum menerima insentif.  

Baca Juga: Cara Mencairkan Insentif Prakerja Tahap Kedua Melalui BNI dan LinkAja

Jika Anda juga mengalami kesulitan karena insentif kartu Prakerja tak kunjung cair, maka Anda perlu mengecek beberapa hal-hal berikut:

NIK

Penyebab insentif tak kunjung cair bisa jadi ada masalah pada Nomor Induk Kependudukan atau NIK pada KTP Anda.

Perlu diketahui NIK yang Anda masukkan saat daftar kartu Prakerja harus sama dengan NIK pada nomor rekening ataupun NIK pada dompet digital.

Jika NIK yang Anda isi berbeda antara akun kartu Prakerja dengan rekening ataupun dompet digital, maka dipastikan pencairan kartu Prakerja bakal menemui hambatan.

Verifikasi Data

Hal penting lainnya yang membuat insentif prakerja belum cair adalah Anda bisa saja melewatkan verifikasi data saat membuka rekening untuk pencairan insentif.

Pencairan melalui rekening bank BNI maupun melalui dompet digital seperti OVO, GoPay, dan LinkAja memerlukan verifikasi data. Data yang masuk pada akun dompet digital atau rekening bank harus sesuai dengan data pada KTP.

Nomor Handphone

Nomor handphone yang Anda gunakan untuk daftar akun di dompet digital tidak boleh mati, harus on terus. Bisa jadi insentif Prakerja belum cair karena ada masalah dengan nomor HP yang Anda gunakan.

Karena nomor HP yang digunakan sebagai akun dompet digital tersambung dengan akun kartu Prakerja. Karena itu pastikan Anda tidak mengganti nomor HP selama 5 bulan ke depan.

Ulasan dan Rating Pelatihan

Saat Anda selesai mengikuti pelatihan dalam program kartu Prakerja, dan telah mendapat sertifikat, pastikan Anda memberi ulasan dan rating pelatihan.

Ulasan dan rating pelatihan ini mempengaruhi pencairan insentif kartu Prakerja. Hal itu disebutkan dalam Instagram kartu Prakerja.

Manajemen pelaksana program kartu Prakerja mengingatkan peserta agar mengisi ulasan dan rating pelatihan untuk pencairkan insentif.

Insentif Prakerja Belum Cair? Coba Upgrade Dompet Digital

Bagi Anda yang menggunakan dompet digital seperti OVO, GoPay, dan LinkAja, pastikan Anda sudah memperbarui atau upgrade akun dompet digital yang Anda gunakan untuk pencairan insentif kartu Prakerja.

Jika Anda menggunakan OVO, maka Anda harus upgrade akun OVO Anda menjadi Premier. Ikuti petunjuk upgrade pada halaman utama di aplikasi OVO. Pastikan Anda mengisi data lengkap sesuai KTP.

Anda juga akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto selfie. Foto wajah dan foto dalam KTP harus sama. Tidak boleh buram, harus dapat dilihat dengan jelas.

Begitu juga ketika Anda menggunakan GoPay, Anda pun harus memperbaruinya ke GoPay Plus. Anda juga akan diminta untuk mengisi data dan mengunggah foto KTP dan foto selfie.

Jika Anda menggunakan LinkAja untuk pencairan kartu Prakerja, Anda harus memperbaruinya menjadi Full Service. Jika insentif Prakerja belum cair, salah satu penyebabnya bisa karena akun LinkAja belum diupgrade.

Saat Anda upgrade LinkAja menjadi Full Service Anda akan diminta mengisi data ibu kandung dan data identitas lainnya. Selain itu juga akan diminta foto selfie dan foto KTP, pastikan fotonya sesuai untuk menghindari masalah pencairan.

Pastikan semua langkah upgrade pada dompet digital yang Anda gunakan, Anda ikuti sesuai dengan aplikasinya. Hal ini akan membantu dalam pencairan insentif kartu Prakerja .

Itulah beberapa hal yang bisa mempengaruhi pencairan insentif kartu Prakerja. Jika insentif prakerja belum cair, padahal peserta lainnya sudah, Anda perlu mengecek hal-hal di atas agar insentif segera cair. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img