Interior Ruang Tamu Gaya Industrial yang Artistik dan Atraktif

Interior Ruang Tamu Gaya Industrial yang Artistik dan Atraktif
Interior ruang tamu. Foto Istimewa

Interior ruang tamu harus didesain sedemikian rupa agar dapat menjamu tamu yang datang. Ruang tamu sering menjadi cermin dari pemilik rumah.

Munculnya berbagai macam gaya interior sekarang ini menjadikan ruangan ini dapat didesain dengan variatif, atraktif, dan artistik. Salah satu gaya interior yang saat ini tengah menjadi trend adalah gaya industrial.

Bukan hanya fashion ritel atau kafe saja yang kekinian, anda bahkan juga bisa menerapkan ruang tamu yang mengusung gaya industrial.

Beberapa rumah yang memiliki ruang tamu dengan gaya industrial justru bisa menghadirkan kesan artistik yang kuat. Selain itu, visualisasinya juga tampak atraktif.

Inspirasi Desain Interior Ruang Tamu Industrial

Anda bisa mendapatkan tampilan yang indah dan artistik pada hunian. Desain interior lainnya biasanya berusaha menutupi bahan dasar atau material yang digunakan.

Misalnya furniture kayunya wajib diberi finishing. Selain itu, plafonnya juga perlu ditutup rapat dengan gypsum. Sementara untuk tembok semen, sebaiknya dilapisi dengan cat warna.

Baca juga: 5 Model Sofa Ruang Tamu Minimalis yang Pas Untuk Gaya Interior Rumah Anda

Tetapi untuk desain interior industrial, justru anda tak perlu takut untuk memperlihatkan pemakaian material-material kasar dengan terbuka.

Kesan unfinish dengan berbagai macam struktur bangunan dan elemen yang terekspos bisa menampilkan keindahan yang berbeda. Selain itu, konsep interior yang lebih berkarakter di dalam ruangan anda.

Ruang Tamu dengan Jendela Besar

Interior ruang tamu yang mengusung tema industrial sangat identik dengan jendela yang besar. Jendela tersebut dilengkapi dengan kusen besi yang berwarna hitam.

Jika memungkinkan, anda juga dapat memasang jendela besar ala industrial di ruang tamu milik anda. Jendela yang besar semacam ini sangat optimal untuk dipasang di ruang tamu.

TCL

Sebab umumnya posisi ruang tamu akan berada di area rumah bagian depan. Dengan demikian, pencahayaan alami bisa anda manfaatkan dengan cukup baik.

Pakailah gorden jendela dengan motif yang simple. Supaya tidak mengganggu bentuk jendela besar khas gaya industrial.

Dinding Dibiarkan Terekspos

Salah satu ciri khas yang dimiliki interior ruang tamu industrial adalah bentuk dinding yang dibiarkan mentah atau terekspos. Dinding tidak menggunakan warna cat atau finishing tembok.

Anda juga dapat menerapkan hal ini di ruang tamu milik anda. Semen dan bata yang ada pada dinding dibiarkan terekspos. Dengan demikian, akan memunculkan warna serta tekstur tersendiri di ruang tamu anda.

Supaya ruang tamu tidak tampak kumuh, anda harus memperhatikan bagaimana tata letak furniture serta ornamen yang ada di ruang tamu.

Tata letaknya harus simpel dan rapi agar bisa menyeimbangkan warna serta tekstur dinding yang khas. Dengan demikian, gaya industrial pada ruang tamu bisa tercipta dengan baik.

Furnitur Daur Ulang yang Unik

Anda dapat menghadirkan gaya industrial pada interior ruang tamu rumah. Caranya dengan menggunakan furniture dan dekorasi yang terbuat dari barang daur ulang.

Jangan salah persepsi dulu, bila anda cermat dalam memilih bahan daur ulang, maka hasilnya akan memuaskan. Ruang tamu dengan furniture dan ornamen daur ulang bisa tampak keren.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Terbuka Tipe 36, Nyaman dan Inspiratif

Saat ini banyak hiasan rumah yang bisa anda buat sendiri. Misalnya kursi yang terbuat dari drum bekas. Anda dapat memotong drumnya dengan bantuan bengkel.

Lalu anda cat drum yang telah terpotong dengan warna kesukaan. Tambahkan busa yang telah dibungkus dengan kulit.

Pastikan ukuran yang sesuai dengan drum. Kursi unik dari drum bekas bisa digunakan di ruang tamu sebagai salah satu sarana untuk duduk sekaligus menjadi sebuah ornamen yang melengkapi interior ruang tamu yang cantik.

Lampu Unik di Ruang Tamu

Satu hal yang bisa diperhatikan dalam ruang tamu bergaya industrial adalah pencahayaannya. Walaupun sebuah ruang tamu memanfaatkan pencahayaan alami, namun pencahayaan buatan harus diatur.

Tujuannya supaya ruang tamu bisa tetap nyaman saat digunakan di malam hari. Pengaturan cahaya pada ruang tamu juga dapat disesuaikan dengan menggunakan gaya industrial.

Anda bisa memilih bohlam kuning yang terekspos. Pemilihan lampu gantung dari besi yang memiliki bentuk unik.

Sampai lampu lantai yang dapat menjadi pusat perhatian bagi ruang tamu anda. Anda bisa menggunakan lampu antik atau DIY dari pipa sebagai opsi. Hal ini supaya interior ruang tamu anda semakin otentik dan atraktif. (R10/HR-Online)

Loading...