Dishub Alihkan Kendaraan Barang ke Jalur Lingkar Selatan Ciamis

Jalur Lingkar Selatan Ciamis
Rambu Kendaraan Barang Dilarang Melintas dan Dialihkan di Simpang Imbanagara. Foto : Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan alihkan kendaraan angkutan barang ke jalur Lingkar Selatan Ciamis. Kebijakan tersebut diberlakukan sekitar akhir bulan Juli 2020 mendatang.  

Tujuannya, agar kendaraan angkutan barang tak lagi melintas di perkotaan Ciamis. Sehingga mengurangi tingkat kepadatan kendaraan yang melintas di depan Pendopo Ciamis,. Selain itu dalam rangka optimalisasi jalan Lingkar Selatan atau jalan Oto Iskandardinata yang kondisinya telah layak dilintasi kendaraan berat.

“Rencananya awal Juli akan diberlakukan. Namun setelah kita pantau ternyata ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Jadi diperkirakan antara pertengahan atau akhir Juli nanti bisa dilaksanakan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Endang Sutrisna, Senin (29/6/2020).

Salah satu kendala yang dihadapi, masih banyaknya jaringan kabel PLN dan Telkom  yang melintang. Untuk itu Dishub akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Supaya jaringan tersebut posisinya ditinggikan sehingga tak menghalangi kendaraan besar melintas di jalur Lingkar Selatan Ciamis.

“Kendaraan barang mulai dialihkan dari simpang Imbanagara atau dekat Gapura Selamat Datang hingga menuju Kecamatan Cijeungjing (Bojong). Jaraknya kurang lebih 17 kilometer. Kemudian dilanjutkan ke jalur nasional menuju arah Jawa Tengah,” jelasnya.

Kendaraan Barang di Jalur Lingkar Selatan Ciamis, Harap Perhatikan Kecepatan

Kendaraan barang yang dialihkan hanya yang menuju Banjar dan Jawa Tengah. Sedangkan yang menuju Cirebon sementara masih melintas perkotaan. Karena sampai saat ini di Ciamis belum ada jalur Lingkar Utara.

“Nantinya kendaraan yang melintas di jalur Lingkar Selatan Ciamis ini tak boleh melebihi 80 kilometer, tidak seperti di jalan tol. Karena di jalur tersebut banyak penduduk, meski kondisi jalan mulus dan rata. Nantinya juga akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan selanjutnya,” kata dia.  

Menurut Endang, pengalihan jalur bagi kendaraan angkutan barang merupakan keuntungan bagi perusahaan. Karena dapat membantu mempercepat pengiriman barang, agar segera sampai tujuan.

“Namun kendaraan angkutan barang yang ke Ciamis saya ingatkan jangan bongkar muat di wilayah perkotaan. Supaya tidak mengganggu kendaraan lain. Nanti kita pikirkan dan siapkan tempat bongkar muat,” kata dia.

Sekretaris Organda Ciamis Ekky Bratakusuma menyambut baik rencana Pemkab Ciamis tersebut. Menurutnya pengalihan angkutan barang ke jalur Lingkar Selatan Ciamis, dapat mengurangi kepadatan di perkotaan. Selain itu, menurut Ekky, selama ini tak elok melihat kendaraan barang masih melintas di depan Pendopo Ciamis.

TCL

“Saya mengharapkan itu bisa segera diberlakukan. Sebagai upaya optimalisasi jalan yang telah ditingkatkan.  Juga untuk mengurangi kepadatan kendaraan di perkotaan Ciamis. Selain itu berimbas pada kelancaran transportasi umum,” ungkap Ekky. (Fahmi2/R9/HR-Online)

Loading...