Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita NasionalKabar Gembira, Listrik Gratis PLN Sampai September, Login www.pln.co.id atau Whatsapp 08122-123-123

Kabar Gembira, Listrik Gratis PLN Sampai September, Login www.pln.co.id atau Whatsapp 08122-123-123

Kabar gembira untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah akan memperpanjang listrik gratis PLN sampai September 2020. Sebelumnya, pemerintah mengumumkan listrik gratis berlaku selama tiga bulan yakni dari bulan April, Mei sampai Juni.

Namun, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah Indonesia akan memperpanjang listrik gratis hingga bulan September nanti.

Hanya saja, pembebasan biaya listrik ini hanya untuk pelanggan yang listriknya berdaya 450 VA. Sementara yang berdaya 900 VA (bersubsidi) mendapat keringanan 50 persen.

Sri Mulyani mengatakan, pemberian listrik gratis PLN sampai September ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang kini tengah terkena dampak Covid-19.

Sekitar 24 juta masyarakat pelanggan listrik 450 VA akan mendapat listrik gratis, sementara yang 900 VA (bersubsidi) menyasar sebanyak 7,2 juta rumah tangga sasaran.

Listrik gratis dari bulan April sampai September 2020 ini menelan biaya Rp 61,69 untuk dua kelompok pelanggan.

Klaim Listrik Gratis PLN Sampai September, Login www.pln.co.id atau Whatsapp 08122-123-123

Listrik gratis diberikan bagi masyarakat pelanggan 450 VA. Sementara yang berdaya 900 VA (bersubsidi), mendapat keringaan 50 persen setiap bulannya.

Untuk klaim listrik gratis PLN, kamu tinggal login www.pln.co.id atau melakukan chating ke nomor resmi PLN 08122123123.

Namun, klaim token listrik gratis nyatanya lebih mudah menggunakan whatsapp daripada menggunakan website.

Berikut cara klaim token listrik lewat nomor whatsapp:

1. Buka aplikasi whatsapp di ponsel kamu.

2. Lakukan chating ke nomor PLN 08122-123-123. Setelah itu kamu akan mendapatkan balasan pesan.

3. Ikuti langkah yang diperintahkan, yaitu masukan nomor meterana atau ID Pelanggan.

3. Apabila berhasil, maka token gratis akan muncul lewat balasan chat whatsaap.

4. Kamu tinggal memasukan token gratis dengan jumlah 20 digit ke meteran. Itulah cara klaim listrik gratis PLN sampai September.

Namun, agar klaim token listrik gratis bisa langsung berhasil, lakukan chating di jam jam senggang, seperti subuh atau dini hari. Hindari klaim listrik gratis di jam sibuk, seperti siang dan sore hari.

Tidak Semua Dapat Listrik Gratis

Listrik gratis diberlakukan pemerintah Indonesia hanya untuk membantu masyarakat pelanggan 450 VA yang terdampak pandemi Covid-19, sementara yang berdaya 900 VA (bersubsidi) mendapatkan keringana 50 persen. Nah, diluar dua pelanggan itu, masyarakat tidak menerima listrik gratis.

Lalu bagaimana membedakan listrik yang mendapatkan subsidi dan yang tidak? Berikut cara membedakanya:

1.Cek langsung pada struk pembayaran listrik. Jika terdapat kode R1 pada kolom tarif, artinya kamu berhak mendapatkan listrik gratis atau diskon keringanan sebesar 50 persen. Namun jika yang tertera adalah kode R1M, kamu tidak berhak mendapat token atau listrik gratis. Sehingga tidak usah klaim listrik gratis PLN sampai September.

2. Pelanggan yang mendapat listrik gratis yakni yang memiliki kode R1T/450 VA (Gratis), kode R1/450 VA (Gratis), kode R1/900 VA (Diskon) dan kode R1T/900 VA (Diskon).

Sementara itu, kode 900 VA yang bisa mendapatkan diskon token listrik sebesar 50 persen adalah  kode R1MT/900 VA dan kode R1M/900 VA (Kode Mamp).

Cara Dapatkan Token Gratis Lewat www.pln.co.id

Setelah kita jelaskan cara klaim listrik gratis via whatsapp, akan kita uraikan pula cara klaim listrik  gratis lewat website www.pln.co.id

Begini langkahnya:

1. Pertama, masuk atau Login ke laman resmi PLN www.pln.co.id

2. Setelah masuk, cari kolom stimulus Covid-19 lalu klik kolom tersebut.

3. Lalu kamu tinggal masukan nomor meteran atau ID pelanggan.

4. Jika berhasil, maka nomor token gratis bakal muncul pada layar.

5. Kamu tinggal memasukan token gratis ke meteran.

Listrik Gratis Untuk Pelanggan Pascabayar

Setelah diatas kita jelaskan cara klaim listrik gratis PLN smapai September, untuk pelanggan pra bayar (token), kita akan jelaskan pula klaim listrik gratis untuk pelanggan pasca bayar.

Sebenarnya, pelanggan pasca bayar tidak mesti klaim listrik gratis lewat website atau WA. Pelanggan listrik 450 VA secara otomatis setiap bulannya mendapat listrik gratis.

Sementara bagi pelanggan 90 VA (bersubsidi), PLN hanya membebani biaya sebesar 50 persen dari pemakaian listrik perbulan.

Nah, itulah informasi tentang listrik gratis PLN sampai September yang dapat kita sampaikan. Selamat mencoba, semoga berhasil. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -