Kamar Anak Minimalis dengan Dekorasi Edukatif yang Nyaman

Kamar Anak Minimalis dengan Dekorasi Edukatif yang Nyaman
Kamar anak minimalis dengan dekorasi edukatif yang nyaman. Foto:Ist/Net

Kamar anak minimalis dapat menjadi pilihan bagi setiap orang tua untuk memberikan tempat privasi bagi anak-anaknya. Dengan ruangan yang tidak terlalu luas, membuat anak anda dapat belajar memanajemen kamar dengan baik.

Tidak hanya sekedar memperhatikan keindahannya saja. Dalam memilih kamar anak pun perlu mempertimbangkan berbagai hal penting.

Diantaranya seperti kenyamanan serta kebutuhan si anak. Alasan ini berlaku ketika para orang tua hendak memilihkan dekorasi kamar untuk anak-anaknya.

Pilihan Dekorasi Kamar Anak Minimalis

Di usianya yang sekarang, setiap anak memiliki tengah memasuki waktu tumbuh dan berkembang. Tentu saja kini mereka tengah aktif mengeksplor lingkungan di sekitarnya.

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, sebagai orang tua yang bijak, pastilah harus memilihkan dekorasi kamar anak yang tepat. Bahkan jika perlu, kamar tersebut dapat menjadi tempat untuk bermain dan juga belajar.

Meskipun berukuran minimalis, ada baiknya untuk tidak memberikan furnitur terlalu banyak. Sebab, anak-anak sering sekali membuat kamar mereka berantakan.

Maka dari itulah, pilih dekorasi yang simpel, tetapi bernilai edukatif tanpa mengurangi tingkat kenyamanannya. Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan dekorasi kamar anak minimalis, berikut kami berikan beberapa konsep terbaik untuk anda.

Terapkan Tema Petualangan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, setiap anak lebih suka melakukan petualangan kecil dan mengeksplor lingkungan sekitarnya. Dari sinilah, tema petualangan sangat cocok untuk diterapkan pada kamar anak.

Untuk memberikan kesan semacam ini, anda dapat memberikan permainan warna. Tidak perlu untuk menggunakan tema warna yang terlalu banyak.

Cukup fokus pada warna biru, putih, dan kuning sebagai pelengkapnya. Penggunaan warna yang lebih netral ini menjadi salah satu tips untuk mendekorasi kamar anak minimalis.

Ada tambahan lagi yang membuat dekorasi ini semakin sempurna. Gambarkan kompas serta pajang gambar peta dunia pada dinding. Sehingga anak anda dapat memiliki jiwa petualangan dan sikap pemberani.

Kamar Anak dengan Meja Belajar

Untuk memberikan dekorasi yang tepat untuk anak, tak ada salahnya juga melibatkan peran mereka. Bekerja sama dengan anak ketika mendekorasi kamar merupakan hal yang diperlukan.

Hal ini bertujuan agar anda sebagai orang tua mengetahui apa saja kebutuhan dan keinginan si anak. Dengan anak berperan aktif dalam mendekorasi kamar miliknya, tentunya memberikan dampak yang sangat baik.

Anak akan memiliki hubungan yang kuat dengan kamar miliknya. Anda dapat menempatkan furnitur yang sesuai dengan hobi mereka.

Memberikan beberapa hal lain yang menjadi kesukaan juga tak kalah penting untuk kamar anak minimalis ini. Ukuran kamar tidak akan menghalangi anak untuk berkembang.

Namun, anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan kesempatan kepada anak. Terutama untuk tumbuh mandiri dengan mengajarinya merawat dan menjaga kenyamanan kamar itu sendiri.

Selain itu, dekorasi yang diterapkan harus disesuaikan dengan karakter si anak juga. Anda dapat meletakkan meja panjang lengkap dengan rak buku di ruangannya.

Dekorasi ini sangat cocok untuk mereka yang gemar membaca maupun menggambar. Kesempatan belajar untuk anak anda pun semakin luas.

Terapkan Vintage yang Hangat

Untuk mendekorasi kamar anak minimalis tidak harus selalu memberikan warna-warna yang cerah. Tidak banyak menggunakan tone warna dan cukup dengan warna yang kalem saja. Warna ini justru dapat memberikan kesan yang nyaman dan tenang bagi anak.

Apalagi jika memfokuskan warna tone abu-abu, coklat, serta sedikit tambahan warna pink. Tentu saja memberikan suasana yang lebih hangat.

Kamar anak juga dapat dibuat lebih elegan dengan tema vintage ini. Berikan sentuhan mural pada satu sisi dinding. Sementara untuk sisi dinding lainnya dibiarkan polos. Tambahan furnitur yang digunakan akan memberikan kesan minimalis pada kamar.

Untuk menjaga tingkat keamanan yang lebih baik, jangan gunakan furnitur yang terbuat dari kaca, logam, atau plastik transparan. Selain kurang ramah pada kesehatan anak, furnitur tersebut dapat mengurangi sisi minimalisnya.

Mendekorasi kamar anak tidaklah sulit. Ada banyak konsep maupun tema yang dapat kita gunakan. Bahkan dekorasi kamar anak minimalis ini pun juga dapat disesuaikan dengan toko kartun kesukaan mereka. Hal paling penting, pastikan mereka selalu merasa nyaman serta tubuh dan berkembang dengan baik di kamar sendiri. (R10/HR Online)