Kampas Kopling Satria FU Pengaruhi Performa Motor

Kampas Kopling Satria FU
Ilustrasi Kampas Kopling Satria FU, Foto Istimewa

Memilih kampas pada motor tidak bisa sembarangan. Begitu juga dalam memilih kampas kopling Satria FU. Setiap tipe motor memiliki kampas kopling yang berbeda-beda. Kampas kopling memiliki fungsi yang besar pada sebuah kendaraan sepeda motor.

Performa motor dapat dipengaruhi dengan adanya kampas kopling dalam keadaan bagus. Saat memilih kampas kopling dan pemasangan, tidak bisa sembarangan.

Bagi anda pemilik motor ini, wajib tahu kampas kopling yang tepat. Hal ini dapat berpengaruh pada kinerja motor.

Jika pemilihan dan pemasangan benar, Satria FU yang anda miliki mampu memberikan performa yang bagus juga.

Cara Memilih dan Memasang Kampas Kopling Satria FU yang Bagus

Kampas kopling merupakan komponen penerus daya pada motor. Anda perlu tahu bagaimana memilih dan memasang kampas kopling yang bagus.

Anda bisa minta bantuan ahli mekanik atau pasang sendiri. Jika memilih bantuan mekanik, anda perlu mengeluarkan biaya.

Daripada keluar biaya, sebaiknya anda pasang kampas kopling sendiri. Hal pertama yang perlu anda lakukan, pilih kampas kopling yang tepat.

Selanjutnya lakukan pemasangan dengan benar. Bagi anda yang belum bisa melakukannya, sebaiknya pelajari dulu. Ketahui bagaimana cara memilih dan memasang kampas kopling Satria FU. Berikut ini ada tips yang bisa anda pelajari.

Cara Memilih Kampas Kopling

Kampas kopling yang bagus mampu mempengaruhi performa motor anda. Sebaiknya pilih dengan tepat agar tidak tertipu.

Kampas kopling yang bagus dan baik yaitu dari bahan rockwoll. Kampas kopling bahan rockwoll termasuk salah satu bahan yang berkualitas.

Jika dulu kampas kopling terbuat dari bahan kevlar, namun berkembangnya zaman membuat bahan ini tergeser.

Kampas kopling terbaik diduduki oleh bahan rockwoll. Cara memilih kampas kopling Satria FU yang tepat, mulai ketahui bahan yang berkualitas.

Pilih kampas kopling berbahan rockwoll. Jika dilihat sekilas, semua kampas kopling terlihat sama. Sepertinya sulit untuk membedakan kampas yang satu dengan lainnya. Apalagi dengan ketebalannya, hampir sama tanpa ada pembeda.

Pilih bahan rockwoll yang berkualitas. Alasannya yaitu bahan ini lebih tahan terhadap suhu panas. Sehingga mesin motor Suzuki Satria FU yang anda miliki akan baik-baik saja. Selain itu, bahan ini juga tahan dengan gesekan.

Meski kampas kopling dipaksa bekerja lebih keras, tetap mampu mengatasinya. Kegunaan kampas kopling bahan rockwoll sama seperti bahan kevlar.

Bagi anda pemilik motor Satria FU, memilih kampas rockwoll adalah pilihan tepat. Jadi, pilih kampas kopling satria FU bahan rockwoll saja.

Banyak kelebihan yang dimiliki bahan ini untuk motor anda. Performa yang dimiliki mampu melaju bagaikan motor balap.

Cara Memasang Kampas Kopling

Jika anda sudah tahu kampas kopling apa yang tepat saat ini, tinggal memasangnya. Lakukan pemasangan dengan tepat tanpa kendala.

Anda bisa melakukan pemasangan sendiri, namun hasil yang diberikan tetap bagus. Asalkan pemasangan tepat, anda tidak akan kalah dengan ahli mekanik.

Kampas kopling Satria FU memiliki ketebalan minimal 3 mm. Kampas kopling jenis kendaraan ini cukup boros. Lakukan cara mengganti kampas kopling yang tepat. Langkah pertama, siapkan beberapa kunci.

Kunci tersebut diantaranya kunci T8, 10, 12, dan kunci ring 14. Semua kunci tersebut bertugas untuk membuka kopling. Selanjutnya, lepas kabel kopling dan footstep. Starter motor dengan kunci T12 sembari pedal rem menggunakan kunci T10.

Lepaskan baut dan mur, letakkan pada wadah. Siapkan kampas kopling dan perlengkapan lainnya. Jika sudah, buka tutup oli pembuangan dengan kunci ring 14.

Buka tutup oli dan kuras hingga bersih. Kendurkan bak kopling dengan kunci T8 dan lepaskan. Buka bak kopling dan akan terlihat rumah kampas koplingnya. Agar rumah kopling tidak berputar, bisa anda ganjal salah satu baut per kopling.

Ambil per dan kampas kopling, ukur ketebalannya. Celupkan pada oli kampas kopling yang akan dipasang. Cara ini bertujuan untuk membantu melancarkan pada tarikan pertama. Jumlah kampas dan pelatnya ada 5 dan 4.

Cara urutan pemasangan kampas – plat – kampas – plat dan selanjutnya. Perhatikan dengan teliti agar tidak keliru saat pemasangan. Cara memilih kampas kopling yang bagus harus detail dan teliti. Sebab semua kampas kopling hampir tidak ada bedanya. 

Gunakan cara pemasangan kampas kopling Satria FU yang benar. Hal ini dapat mempengaruhi performa motor dan komponen lainnya. (R10/HR-Online)