Kampas Rem Mobil Cepat Habis? Berikut Tips Merawatnya dengan Benar

Kampas Rem Mobil Cepat Habis, Berikut Tips Merawatnya dengan Benar.
Kampas rem mobil cepat habis, berikut tips merawatnya dengan benar. Foto:Ist/Net

Kampas rem mobil merupakan salah satu komponen pada mobil yang memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan dan juga menghentikan kendaraan.

Tanpa kehadiran komponen yang satu ini, maka potensi terjadinya kecelakaan akan sangat besar. Maka dari itu, anda harus pintar untuk menjaga dan juga merawat kampas rem agar tidak mudah aus.

Dengan menjaga fungsi dari pengereman, hal itu menandakan bahwa anda tengah menunda pengeluaran untuk mengganti komponen dari partnya. Tak sampai disitu, dengan menjaga kampas rem, maka berkendara akan menjadi jauh lebih nyaman.

Tips Menjaga Kampas Rem Mobil Matic dan Manual

Dalam setiap komponen rem mobil akan terdapat kampas rem. Kampas rem tersebut merupakan spare part yang memiliki masa pakai.

Menjaga kampas rem agar menjadi lebih awet, hal paling utama yang dapat dilakukan yaitu dengan memastikan kualitas dari remnya terlebih dahulu.

Kampas rem merupakan sebuah plat yang akan digesekkan terhadap piringan pada saat rem tengah diaplikasikan sehingga kecepatan kendaraan akan menjadi lebih lambat.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan kampas rem mobil tentu akan menjadi semakin aus. Maka dari itu, kampas rem sangat penting untuk dirawat dan juga dijaga.

Berikut tips merawat kampas rem lainnya agar tetap awet yang dapat anda lakukan.

Mengoptimalkan Engine Brake

Mengoptimalkan engine brake merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk dapat mengurangi kecepatan mobil.

Pada mobil dengan transmisi manual, hal ini dapat dilakukan dengan cara menurunkan persneling ke gigi yang lebih rendah selain dengan menginjak rem.

Sementara itu, untuk jenis mobil bertransmisi otomatis atau matic, dapat dilakukan dengan cara mengangkat gas secara berkala dan juga memindahkan tuas persneling menuju ke low rev secara bertahap.

Langkah ini dapat dilakukan untuk dapat mencegah pemakaian kampas rem mobil secara berlebihan dan tidak mudah panas. Pasalnya, jika rem sudah panas, maka komponen jenis ini tidak akan berfungsi sebagaimana tugasnya.

Maka dari itu, semakin anda mengoptimalkan dari penggunaan engine brake, maka akan semakin berkurang pula penggunaan dari rem.

Menggunakan Rem dengan Benar

Kebiasaan berkendara buruk ternyata dapat mengakibatkan kampas rem cepat rusak dan aus. Maka dari itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil dengan tepat, termasuk bagaimana cara menggunakan rem.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis pengereman yaitu pengereman secara bertahap dan juga menyentak. Umumnya penggunaan secara bertahap dapat dilakukan dalam penggunaan sehari-hari.

Sementara itu, untuk mengerem secara mendadak, diperuntukkan dalam keadaan yang darurat. Akan tetapi, bagi seorang pengendara mobil pemula, hal ini kerap dilakukan berkali-kali.

Mulai saat ini, anda harus melatih diri anda untuk menginjak rem dengan baik dan benar agar kampas rem mobil tidak cepat aus dan habis.

Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Kebiasaan mengecek hanya saat terdapat suatu masalah perlu anda tinggalkan jika anda menginginkan usia kampas rem berumur panjang. Anda perlu melakukan pengecekan dan juga penggantian secara rutin dan berkala.

Untuk penggantian kampas rem matic, umumnya harus dilakukan paling tidak satu kali dalam setahun ketika telah mencapai batas penggunaan 20.000 km.

Sementara itu, untuk jenis mobil manual, umumnya harus dilakukan setiap dua tahun sekali atau pada saat telah mencapai batas usia pemakaian 40.000 km.

Melakukan pengecekan pada bagian brake pad juga harus dilakukan setiap mencapai 10.000 km untuk dapat melihat kondisi di dalamnya.

Membersihkan Bagian Luar Rem

Cara menjaga kampas rem mobil agar tetap awet juga dapat anda lakukan dengan rutin membersihkan bagian luar rem. Langkah ini dapat anda lakukan paling tidak satu kali dalam seminggu.

Caranya juga cukup mudah, anda dapat menyemprotkan air bersih dengan menggunakan debit yang cukup kencang ke dalam bagian tersebut. Hal ini bertujuan agar debu ataupun kerikil serta kotoran yang lainnya dapat lepas dan bersih kembali.

Membawa Ke Bengkel

Selain dengan menggunakan beberapa langkah tersebut, untuk menjaga performa dari kampas rem anda tetap terjaga dapat dilakukan dengan membawanya ke bengkel.

Anda dapat membawa mobil anda ke bengkel resmi atau bengkel yang telah profesional untuk dapat dilakukan pengecekan secara menyeluruh, termasuk bagian kampas rem mobil. Pasalnya, anda tidak akan tahu tanah, debu, dan juga kotoran lainnya yang dapat menempel dan menimbulkan goresan. (R10/HR Online)

Loading...