Karena Corona, Pelanggan PLN di Ciamis Terpaksa Menunggak Tagihan

Pelanggan PLN di Ciamis
Karena Corona, sejumlah pelanggan PLN di ciamis menunggak pembayaran tagihan listrik. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Covid-19 berdampak pada segala aspek kehidupan, bukan hanya masalah kesehatan namun juga masalah ekonomi. Termasuk rekening listrik sejumlah pelanggan PLN di Ciamis yang tidak mampu dibayar karena pendapatan berkurang akibat Covid-19.

PLN Unit Pelayanan Jaringan Ciamis mencatat dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah pelanggan PLN menunggak pembayaran rekening listrik.

Eman Sulaeman, Manager PLN UPJ Ciamis, mengatakan, sejumlah pelanggan PLN yang terdampak Covid-19 belum melakukan pembayaran rekening listrik.

“Banyak pelanggan PLN yang terdampak Covid-19, beberapa tidak bisa membayar rekening tepat pada waktunya, sehingga banyak yang nunggak,” ujar Eman, Senin (29/6/2020).

Meskipun begitu, Eman menuturkan, pemakaian listrik dari para pelanggan PLN di Ciamis tidak terlalu besar, walaupun ada yang belum membayar rekening listrik yang sudah ditagihkan.

“Kami optimis, mereka yang masih menunggak pembayaran ini tetap akan membayar tunggakannya, walaupun terlambat,” katanya.

Eman berharap dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal, perekonomian masyarakat bisa pulih kembali.

“Mudah-mudahan perekonomia pulih kembali, mereka yang menunggak mendapatkan rezeki sehingga bisa membayar tagihan rekening listrik,” katanya.

Selain masalah tunggakan pembayaran listrik, sejumlah pelanggan PLN juga mengeluhkan tagihan yang membengkak sejak masa pandemi Covid-19.

Kebijakan listrik gratis untuk pelanggan PLN subsidi dituding sebagai penyebabnya. Ada yang berpendapat, listrik gratis untuk pelanggan PLN subsidi berasal dari pelanggan non subsidi.

Namun hal itu dibantah oleh pihak PLN. Tidak ada subsidi silang maupun kenaikan tarif listrik selama pandemi Covid-19 di Indonesia. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...