Kasus Covid-19 Nihil, Kota Banjar Bebas Corona?

Kota Banjar Bebas Corona
Peta Risiko Covid-19 Kota Banjar, Jum'at (26/6/2020). Foto: Gugus Tugas

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kota Banjar bebas Corona jika merujuk pada data kasus Covid-19 pada Jum’at, 26 Juni 2020. Tidak ada lagi kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), termasuk juga kasus positif Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Kota Banjar Terus Menurun

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar merilis, dari 117 kasus OTG semuanya sudah selesai masa pemantauan. Sehingga tidak ada lagi OTG di Kota Banjar.

Begitu juga dengan kasus ODP di Kota Banjar. Tercatat ada 446 orang yang sempat berstatus ODP di Kota Banjar. Namun kini jumlahnya nol setelah semuanya selesai menjalani masa pemantauan.

Sementara kasus PDP yang dirawat di Kota Banjar juga nihil. Hanya tersisa 3 orang PDP yang tengah menjalani isolasi mandiri. Meskipun begitu, sebanyak 21 PDP di Kota Banjar meninggal dunia.

Selanjutnya bukti Kota Banjar bebas Corona terlihat dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang tidak bertambah, meskipun tes Corona dilakukan secara masif di setiap kerumunan.

Kasus positif Covid-19 di Kota Banjar tercatat ada 7 orang, namun 6 diantaranya sudah berhasil sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. Sehingga tidak ada lagi kasus positif Covid-19 yang aktif di Kota Banjar.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Banjar juga merilis sebanyak 63 orang warga Kota Banjar reaktif Covid-19 setelah mengikuti rapid test.

Namun reaktif Covid-19 bukan berarti positif Covid-19, untuk mengonfirmasinya diperlukan tes lanjutan berupa tes swab dengan pemeriksaan PCR.

Seseorang baru dinyatakan positif Covid-19 apabila pemeriksaan swabnya menunjukkan hasil positif Covid-19.

Meskipun terdapat penurunan kasus Covid-19, warga Kota Banjar tetap diimbau untuk menjalankan protokol kesehatan, diantaranya dengan menggunakan masker setiap keluar rumah, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun. (SBH/R7/HR-Online)

Loading...