Kasus Positif Covid-19 di Ciamis Makin Meningkat, Jumlahnya 15 Orang

Kasus Positif Covid-19 di Ciamis
Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Ciamis, dr Bayu Yudiawan. Foto: Dok HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kasus positif Covid-19 di Ciamis semakin meningkat. Jumlahnya kini menjadi 15 orang. Setidaknya 4 orang terkonfirmasi positif Corona berdasarkan swab test hanya dalam 2 hari.

Dari 15 kasus positif Covid-19 tersebut, 6 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan sisanya 8 orang masih terinfeksi virus Corona dan menjalani isolasi mandiri.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis, dr Bayu Yudiawan, mengatakan pada tanggal 20 Juni terdapat kasus baru positif Corona di Ciamis. Selanjutnya pada tanggal 21 Juni kembali kasus positif Covid-19 bertambah, kali ini tiga orang dinyatakan positif.

“Penambahan ada 4 orang, tanggal 20 Juni itu 1 orang warga Imbanagara Ciamis positif berdasarkan pemeriksaan mandiri. Pada tanggal 21 Juni juga ada penambahan 3 orang di Panjalu berdasarkan kontak tracing dari kasus positif yang meninggal,” jelas dr Bayu, Senin (22/6/2020).

Saat ini, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis tengah melakukan tracing lanjutan atas temuan 3 orang pasien positif Covid-19 di Panjalu.

“Saat ada pasien positif meninggal, Tim Dinkes Ciamis langsung melakukan swab test, sebanyak 141 orang sudah kita ambil sampel swabnya pada hari Sabtu, 13 Juni 2020. Sampel swabnya kita kirim ke Labkesda Jabar, dan hasilnya diterima Sabtu tanggal 20 Juni 2020. Dari sana didapat 3 orang positif itu,” jelasnya.

Penambahan 4 kasus positif Covid-19 di Ciamis ini merupakan orang tanpa gejala. Karena itu saat ini semua pasien positif melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Kalau yang Imbanagara 1 positif berdasarkan hasil swab mandiri itu ada riwayat baru dari Balikpapan, karyawan swasta,” terang Bayu.

Kasus Positif Covid-19 di Ciamis Bertambah, 6 PDP Masih Dirawat di Ruang Isolasi RS

Bayu menambahkan di Ciamis terdapat 77 orang yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dari jumlah itu hanya 6 orang yang masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit. Sementara 54 orang lainnya dinyatakan sembuh. Selain itu, ke-54 orang tersebut pemeriksaan swabnya menunjukkan hasil negatif. Selanjutnya 17 orang PDP meninggal dunia.

Sementara Ciamis sendiri mulai menerapkan AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), namun Bayu meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Meskipun ada pelonggaran, kami imbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak saat beraktifitas di luar rumah,” tandasnya. (Dadang/R7/HR-Online)