Keindahan Wisata Curug Dawuan di Cipaku Ciamis, Belum Dibuka Karena Alasan Ini

Keindahan Wisata Curug Dawuan di Cipaku Ciamis, Belum Dibuka Karena Alasan Ini
Meski belum dibuka dan mendapat izin dari pemerintah setempat, Curug Dawuan yang berada di Blok Cipurut, Dusun Sindanggirang, Desa/Kecamatan Cipaku, Ciamis kerap dipadati pengunjung. Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Potensi wisata alam di wilayah Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis lumayan banyak. Sebut saja Curug Dawuan yang berada di Blok Cipurut, Dusun Cipaku Girang, Desa/Kecamatan Cipaku. Saat ini lokasi tersebut menjadi obyek wisata lokal masyarakat sekitar.

Meski, setiap harinya sudah banyak didatangi pengunjung, untuk pengembangannya belum mendapat izin atau persetujuan.

Kepala Urusan (Kaur) Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Desa Cipaku, Iwan membenarkan , bahwa Curug Dawuan menjadi Obyek wisata lokal, sehingga  setiap harinya banyak di datangi pengunjung.

Kata dia, obyek wisata Curug tersebut berada di lahan milik Perhutani, dibuka oleh para pemuda di Dusun Cipaku Girang.

Meski, curug tersebut memiliki potensi untuk di kembangkan jadi obyek wisata, pihak pemerintah desa belum bisa memastikannya.

Sebab selain berada di tanah milik Perhutani, air dari curug Dawuan tersebut dimanfaatkan untuk Pamsimas, yang digunakan untuk keperluan rumah tangga masyarakat.

“Meski, para pemuda Dusun Cipaku Girang telah meminta izin untuk pengembangannya, Pemerintah desa belum bisa memberikan jawaban,” ujar Iwan Kamis (11/6/2020).

Pihak pemdes belum memberikan izin karena warga yang biasa memanfaatkan air dari Curug Dawuan tersebut banyak yang komplen.

Kalaupun akan dikembangkan jadi obyek wisata, maka selain harus mendapat izin dari pihak Perhutani, juga harus mencari atau memindahkan sumber mata air baru, sehingga tidak menimbulkan permasalahan khususnya dengan masyarakat yang memanfaatkan air tersebut.

Iwan mengakui keindahan Curug Dawuan sangat berpotensi untuk dijadikan obyek wisata.

“Namun itu tadi, untuk pengembangannya banyak proses yang harus ditempuh, sehingga  tidak menimbulkan permasalahan dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan,” pungkasnya. (Edji/R8/HR Online)