Kerap Memangsa Ternak, Macan Tutul Berhasil Ditangkap Warga Lumbung Ciamis

Kerap Memangsa Ternak, Macan Tutul Berhasil Ditangkap Warga Lumbung Ciamis
Macan tutul berhasil ditangkap warga di Dusun/Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Kamis (25/6/2020).Foto:Edji/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Macan tutul berkalung yang kerap memangsa ternak warga, berhasil ditangkap warga di Dusun/Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Kamis (25/6/2020).

Macan tutul tersebut masuk ke dalam perangkap yang sengaja dipasang warga.

Warga sekitar, Ustad Asna, mengatakan, macan tutul yang berhasil masuk perangkap warga berkelamin jantan dan berkalung.

“Macan tersebut dimungkinkan macan tutul yang tertangkap warga dua tahun lalu dan dilepas liarkan kembali,” ujar Asna.

Menurut Asna, terror macan tutul maupun macan kumbang sudah berlangsung lama terutama di Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung. Namun, tidak diberitakan karena takut meresahkan masyarakat. Meski sudah banyak binatang ternak milik warga yang dimangsanya.

“Dalam dua bulan terakhir saja, 8 ekor anjing, 6 ekor  ayam bangkok dan 2 ekor kelinci milik Iman di mangsa macan. Pada intinya binatang ternak yang berada di pinggiran selalu di mangsa,” katanya.

Lanjut Asna, karena merasa jengkel, maka, warga memasang perangkap dengan umpan seekor anjing di tempat yang biasa dilalui macan tersebut.

“Alhamdulilah macan tersebut masuk ke dalam perangkap,” ucapnya.

Kata dia, macan tutul tersebut akan diserahkan ke petugas BKSDA. Dengan harapan jangan dilepas liarkan kembali di Gunung Sawal.

“Sebab, kalau tetap diliarkan di kawasan Gunung Sawal, macan tutul maupun macan kumbang, tetap akan menggasak dan memangsa ternak milik warga,” jelas Asna.

Jika BKSDA tetap melepasliarkan kembali macan tutul tersebut di Gunung Sawal, itu jadi terkesan ada kesengajaan agar masyarakat tidak ada hentinya diteror macan.

“Ya, kami berharap jangan di lepas liarkan kembali di Gunung Sawal agar macan tutul tidak kembali masuk ke wilayah pegunungan Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung,” pungkasnya. (Edji/R8/HR Online)

Loading...