Komponen Biotik dan Abiotik dalam Suatu Ekosistem

Komponen Biotik dan Abiotik dalam Suatu Ekosistem
Komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem. Foto:Ist/Net

Komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem saling berhubungan. Biotik itu sendiri merupakan salah satu komponen suatu lingkungan.

Sedangkan abiotik merupakan segala sesuatu yang tidak bernyawa. Suatu ekosistem terdiri dari beberapa komponen di dalamnya.

Ekosistem itu sendiri yaitu ekologi yang terjadi dengan adanya hubungan timbal balik. Timbal balik tersebut tidak akan terpisah antara makhluk hidup dengan lingkungan.

Komponen tersebut ialah biotik serta abiotik. Ekosistem dalam satu lingkungan terdiri dari berbagai komponen. Kedua komponen inilah yang mempengaruhi sebuah lingkungan.

Pengertian Komponen Biotik dan Abiotik

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang ekosistem suatu lingkungan, ketahui dulu definisinya. Komponen yang mengisi suatu ekosistem terdiri dari dua.

Komponen tersebut adalah komponen biotik serta abiotik. Interaksi antara komponen hidup dan tak hidup dapat membentuk suatu ekosistem. Berikut ini ada penjelasan dari kedua komponen dalam satu ekosistem.

Komponen Biotik

Definisi dari komponen biotik yaitu suatu yang ada dalam ekosistem. Komponen tersebut yang mengacu pada makhluk hidup.

Hal yang dimaksud makhluk hidup disini meliputi manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme. Komponen inilah yang akan membentuk suatu jaringan.

Jaringan tersebut dinamakan rantai makanan. Rantai makanan merupakan proses dimana makhluk hidup tersebut makan memakan.

Tingkatan rantai makanan diawali dari produsen, konsumen, hingga tingkat pengurai. Berdasarkan tingkatannya komponen biotik dibagi menjadi 3 yaitu:

Produsen

Setiap komponen biotik dan abiotik memiliki beberapa macam urutan. Produsen bisa disebut juga dengan organisme autotrof.

Produsen merupakan komponen biotik yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Adapun yang termasuk golongan organisme autotrof yaitu tumbuhan.

Mengapa tumbuhan bisa dikatakan sebagai produsen komponen biotik? Sebab, tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri.

Melalui proses fotosintesis, tumbuhan memperoleh makanan. Klorofil pada tumbuhan mampu memperoleh bahan makanan sendiri. Seperti karbondioksida, air, dan sinar matahari.

Konsumen

Konsumen biasa disebut dengan organisme heterototrof. Komponen biotik yang satu ini tidak dapat menghasilkan makanan sendiri.

Dalam review komponen biotik dan abiotik ini, organisme heterototrof bergantung pada organisme lain. Komponen yang masuk dalam jenis konsumen yaitu hewan.

Produsen menurut jenis makanannya dibagi menjadi tiga jenis. Jenis tersebut diantaranya karnivora, herbivora, dan omnivora.

Karnivora merupakan organisme yang sumber makanannya dari daging. Herbivora organisme dengan jenis makanan daun atau tumbuhan.

Sedangkan omnivora yaitu organisme yang memakan tumbuhan atau daging. Misalnya, beruang, monyet, tikus, dan babi.

Pengurai

Tingkatan terakhir pada komponen biotik yaitu pengurai. Proses makan memakan dalam ekosistem paling bawah diduduki oleh pengurai atau dekomposer.

Dekomposer yang tak lepas dalam review komponen biotik dan abiotik ini bertugas menguraikan sisa makhluk hidup yang sudah mati. Mengurainya makhluk yang sudah mati ini menjadi mineral dan unsur hara tanah.

Tanpa pengurai, semua tidak akan berjalan dengan baik. Ekosistem terjaga karena semua komponen bisa kembali menjadi sumber daya alam.

Komponen Abiotik

Definisi komponen biotik serta abiotik memiliki perbedaan yang jelas. Jika komponen biotik sudah dijelaskan, saat ini giliran komponen abiotik.

Komponen abiotik yaitu segala sesuatu yang tidak bernyawa. Komponen yang masuk di dalamnya seperti air, tanah, iklim, udara, dan masih banyak yang lainnya.

Adanya komponen abiotik, bisa menentukan jenis makhluk hidup yang tinggal. Komponen abiotik yang lainnya yaitu fisika dan kimia.

Keduanya merupakan substrat dimana makhluk hidup tinggal. Komponen biotik dan abiotik memiliki jenis yang berbeda. Komponen abiotik yang tidak hidup diantaranya:

Air

Komponen pembentuk sebuah ekosistem yaitu air. Air memiliki fungsi yang banyak bagi makhluk hidup. Tanpa air makhluk hidup tidak bisa bertahan hidup.

Udara

Udara ialah sejumlah gumpalan gas yang menyelimuti lapisan atmosfer bumi. Fungsi udara sama pentingnya dengan air.

Kadar oksigen di dalam udara diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Sedangkan tumbuhan memerlukan CO2 untuk membuat makanan.

Tanah

Komponen abiotik lainnya yaitu tanah. Banyak organisme dari berbagai jenis yang mampu hidup di tanah yang subur.

Struktur fisik pH dan komposisi mineral merupakan beberapa karakteristik tanah. Karakteristik tanah inilah yang dapat membatasi penyebaran organisme.

Definisi komponen biotik dan abiotik diatas memudahkan anda dalam membedakannya. Komponen penyusun ekosistem terdiri dari biotik serta abiotik. Anda bisa ketahui betapa pentingnya kesinambungan diantara keduanya. (R10/HR Online)

Aegis Boost Pro