Pantai Pangandaran Dibuka Kembali Hari Ini, Balawista Kembali Bersiaga

Pantai Pangandaran Dibuka Kembali
Petugas Balawista memasang kembali rambu-rambu laut zona batas berenang. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pantai Pangandaran dibuka kembali hari ini, Jum’at (5/6/2020). Petugas Balawista pun kembali ke pantai untuk mengawasi para wisatawan.

Sekjen Balawista, Asep Kusdinar, mengatakan, seiring dibukanya kembali obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, petugas Balawista kembali ke pantai untuk mengawasi para wisatawan.

“Brifing pagi sudah dilakukan kepada semua anggota Balawista. Anggota sekarang kembali ke pantai untuk mengawasi para wisatawan yang berkunjung dan beraktifitas di laut,” ungkap Asep.

Petugas Balawsista ditempatkan di semua pos yang ada di Pantai Pangandaran. Mulai pos 1 sampai pos 6.

“Kami juga sudah memasang kembali rambu-rambu laut sebagai tanda batas zona berenang, agar wisatawan terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Obyek Wisata Pangandaran Hanya untuk Warga Jawa Barat

Menurut Asep, saat Pantai Pangandaran dibuka kembali, petugas Balawista selain mengawasi dan memasang rambu-rambu laut, mereka juga memberi peringatan melalui pengeras suara setiap 15 menit sekali.

“Seperti biasa peringatan lewat pengeras suara setiap 15 menit sekali. Agar wisatawan tidak berenang terlalu ke tengah. Wisatawan juga diimbau agar menggunakan alat bantu bodyboard untuk keselamatan dan kenyamanan saat berada di laut,” tandasnya.

Sementara itu pengawasan di laut oleh Balawista tidak hanya di Pantai Pangandaran saja, akan tetapi petugas Balawista juga disebar ke obyek wisata lainnya, seperti Pantai Karapyak, Pantai Batukaras, dan Pantai Batu Hiu.

“Di hari pertama dibukanya obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, kita tidak mau kecolongan. Untuk itu semua petugas kita kerahkan di berbagai lokasi,” tandasnya.

Sementara Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menegaskan Pantai Pangandaran dibuka kembali namun hanya boleh dikunjungi oleh warga Jawa Barat.

Persyaratan untuk berwisata ke Pantai Pangandaran maupun obyek wisata lainnya di Pangandaran adalah harus membawa surat keterangan sehat berupa hasil rapid test.

“Jika tanpa itu (hasil rapid test) maka tidak boleh masuk,” ujar Jeje saat peresmian pembukaan kembali obyek wisata Pangandaran, Jum’at (5/6/2020) pagi. (Entang/R7/HR-Online)