Labkesda Pangandaran Gratiskan Tes Swab dan Rapid Tes

Labkesda Pangandaran Gratiskan Tes Swab dan Rapid Tes
Petugas Labkesda Kabupaten Pangandaran, tengah melakukan pemeriksaan rapid dan swab tes, Rabu (3/6/2020). Foto:Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Pangandaran, menggratiskan pemeriksaan rapid tes dan tes swab untuk pra ODP (Orang Dalam Pengawasan), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan masyarakat yang akan bepergian keluar kota sebagai syarat di saat pandemi.

Kepala UPTD Labkesda Kabupaten Pangandaran, Aang Syaefurahmat mengatakan, alat rapid tes yang tersedia saat ini diperuntukan untuk mereka yang akan bepergian keluar daerah, sebagai salah satu persyaratan yang harus ditempuh di tengah pandemi Covid19.

Selain itu, rapid dan swab tes juga diperuntukan bagi ODP dan PDP.

“Sementara tes swab bagi pemudik yang datang setelah isolasi khusus, sekarang ditiadakan,” ujarnya Rabu (3/6/2020).

Saat ini kata dia, Pemda Pangandaran menggratiskan peemeriksaan swab dan rapid test, namun untuk kedepan, pihaknya belum mengetahui apakah layanan seperti ini berbayar atau masih tetap gratis.

“Ya kita masih menunggu petunjuk teknis selanjutnya,” katanya.

Lanjutnya, pemudik yang baru datang akan dilakukan tes swab dengan mengambil sempel apus tenggorokan di belakang hidung atau belakang mulut.

“Mereka akan dibekali surat keterangan dari Labkesda, dan harus diperlihatkan ke tim gugus tugas penanggulangan covid-19, selama hasil tesnya belum keluar pemudik wajib melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing- masing sebagai bentuk kehati- hatian,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online)