Lampu LED Mobil, Panduan dan Tips Sebelum Membeli

Lampu LED Mobil, Panduan dan Tips Sebelum Membeli
Lampu LED mobil, panduan dan tips sebelum membeli. Foto:Ist/Net

Lampu LED mobil merupakan sebuah pengembangan terkini pada lampu mobil. Hingga saat ini, kebanyakan jenis mobil baru yang ada di Indonesia menggunakan jenis lampu LED.

Hal ini dikarenakan keuntungan dari penggunaan lampu LED ini akan memberikan visibilitas yang jauh lebih baik serta pencahayaan yang jauh lebih jernih. Tak hanya itu, penggunaan lampu LED pada mobil juga jauh lebih menghemat energi.

Untuk penggunaan lampu LED sendiri yang terpenting adalah sinar serta cahayanya fokus dan juga tidak menyebar. Sehingga lampu akan mampu untuk dijadikan sebagai alat bantu bagi para pengemudi untuk berkendara kapanpun dan dimanapun.

Tips Memilih Lampu LED Mobil

Ketika anda hendak memilih sebuah lampu mobil, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah dari jenis lampu. Dimana terdapat tiga pilihan untuk jenis lampu yang dapat digunakan yaitu jenis HID, LED, dan juga halogen.

Berbagai jenis lampu tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing sehingga dapat diperhatikan agar nantinya anda mendapatkan lampu yang tepat.

Salah satu lampu yang sering digunakan pada mobil adalah jenis lampu LED. Lampu tersebut memiliki banyak sekali merk yang dapat anda pilih dan anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebelum membeli sebuah lampu, hendaknya anda melakukan beberapa pertimbangan. Hal ini untuk mendapatkan lampu LED mobil dengan kualitas baik dan juga memiliki harga yang cukup terjangkau.

Memilih Produsen

Tips pertama yang dapat anda lakukan ketika anda hendak membeli sebuah lampu LED adalah dari produsennya. Seperti yang telah diketahui bahwa beberapa merk LED pada mobil memiliki beberapa perbedaan.

Sebagai contoh, ketika anda menginginkan untuk mendapatkan sebuah lampu dengan harga yang cukup terjangkau, maka anda dapat membeli jenis lampu LED yang berasal dari China.

Hal ini dikarenakan lampu yang berasal dari China umumnya akan memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produsen yang lainnya.

Akan tetapi, apabila anda menginginkan lampu dengan kualitas yang sangat baik, tentunya anda juga perlu untuk memilih produsen lampu LED mobil yang jauh lebih terkenal dan harga yang ditawarkan tentu jauh lebih mahal.

Memilih Jenis Lampu yang Tepat

Hal lain yang harus anda perhatikan sebelum membeli lampu LED adalah dengan melihat jenis lampu yang tepat untuk mobil. Pasalnya, LED ditawarkan untuk berbagai jenis kebutuhan lampu.

Mulai dari lampu mesin, head lamp, bumper lamp, dan lain sebagainya. Pertimbangkan jenis lampu jika anda menginginkan kualitas lampu yang terbaik pula. Di pasaran sendiri terdapat berbagai jenis merk lampu yang terkenal.

Maka dari itu, anda harus memastikan bahwa lampu yang akan anda beli benar-benar jenis lampu sesuai dengan kebutuhan mobil anda.

Cek Spesifikasi

Umumnya spesifikasi dari lampu LED mobil hampir sama antara jenis satu dan yang lainnya. Akan tetapi, faktanya terdapat para penjual yang menjual secara lengkap dalam satu rangkaian dan ada juga yang menjualnya secara terpisah.

Untuk penjualan secara terpisah tersebut, maka setiap komponennya akan dibanderol dengan harga yang berbeda. Maka dari itu, memperhatikan spesifikasi dari LED pada mobil sangat wajib diperhatikan sebelum membelinya.

Pertimbangkan Harga

Langkah selanjutnya sebelum anda hendak membeli sebuah lampu LED adalah dengan melihat harga yang ditawarkan. Tentu jika anda menginginkan jenis lampu LED terbaik, harga yang ditawarkan juga akan mahal pula.

Setelah memastikan merk dan juga jenis lampu LED seperti apakah yang harus dibeli, kemudian bandingkan harga lampu yang akan anda beli tersebut.

Pilihlah harga lampu yang sesuai dengan budget yang anda miliki. Mulai dari pemilihan warna lampu, ukuran lampu, dan juga sistem yang digunakan oleh lampu LED mobil tersebut.

Cara Penggunaan Lampu LED

Setelah mengetahui bagaimana tips membeli lampu LED yang benar, lantas bagaimana penggunaan lampu LED yang baik dan benar?

Untuk penggunaan lampu LED sendiri, sebenarnya dari pihak pabrik biasanya telah memiliki standar yang sesuai untuk satuan warna pada cahaya dengan angka 4.300 Kelvin.

Hal ini menandakan bahwa dengan menggunakan cahaya tersebut, maka lampu akan tetap aman meskipun digunakan ketika berkendara pada malam hari.

Bahkan ketika tengah hujan berkabut sekalipun. Pasalnya, cahaya yang dihasilkan dari lampu LED mobil masih dapat menembus hujan dan juga kabut. (R10/HR Online)