Lutut Sakit Saat Ditekuk atau Ketika Sujud? Mungkin Ini Penyebabnya!

Lutut Sakit Saat Ditekuk
Ilustrasi Lutut Sakit Saat Ditekuk. Foto: Istimewa

Lutut sakit saat ditekuk termasuk hal yang sering kita alami. Termasuk saat sujud dalam salat. Rasa nyeri yang timbul ini umumnya datang secara tiba-tiba saat lutut ditekuk namun biasanya hilang sendiri.

Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri saat menekuk lutut. Kondisi ini tak hanya dialami para orang tua karena tulangnya yang mulai keropos, namun juga bisa terjadi pada semua umur, termasuk anak-anak.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan lutut sakit ketika posisi ditekuk. Seperti nyeri saat menekuk maupun meluruskan lutut, lutut yang sulit digerakkan, nyeri saat meluruskan lutut, ataupun adanya bengkak pada lutut.

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab nyeri pada lutut. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu aktivitas Anda. Karena sangat penting untuk mengenali penyebab sakit pada lutut yang Anda alami.

Cedera Tulang Rawan

Cedera atau luka yang terjadi pada lutut bisa menyebabkan lutut sakit. Hal ini karena cedera bisa menyebabkan robeknya meniskus atau tulang rawan. Kondisi ini akan menyebabkan nyeri sendi lutut.

Keseleo

Gangguan pada ligamen juga bisa menyebabkan rasa sakit saat lutut ditekuk. Kasus keseleo akan mengganggu tugas ligamen dalam ikut menstabilkan lutut. Rasa sakit ini juga tergantung tingkat kerusakan ligamen yang terjadi.

Dislokasi Lutut

Dislokasi lutut terjadi karena bergesernya tempurung lutut dari tempatnya. Hal ini bisa terjadi karena gerakan yang drastis atau kesalahan saat olahraga. Akibatnya lutut sakit ketika posisinya ditekuk.

Bursitis

Bursitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian bursa. Bursa adalah suatu kantung yang isinya cairan pelumas yang berguna mencegah gesekan antar tulang. Peradangan terjadi karena jumlah cairan yang sedikit.

Karena itu, lutut sakit saat ditekuk atau digerakkan akibat kurang mendapat dukungan bursa yang cukup. Bursitis umumnya terjadi pada lutut, siku, pinggul, bahu, dan kaki. Nyeri akan makin hebat jika melakukan gerakan berulang.

Tendinitis Patella

Nyeri pada lutut juga bisa terjadi karena adanya peradangan di bagian tendon. Tendon merupakan jaringan sendi yang menghubungkan tulang betis dengan tempurung lutut.

Jika kita melakukan gerakan lompatan atau olahraga secara berlebihan akan menyebabkan pembengkakan atau radang pada tendon. Akibatnya, akan terasa nyeri.

Osteoarthritis

Jika nyeri pada lutut terjadi pada orang berusia lanjut, bisa jadi penyebabnya karena osteoarthritis. Gejala yang sering terjadi adalah rasa kaku sekitar pergelangan lutut terutama saat pagi yang terasa nyeri saat digerakkan.

Cara Mencegah dan Mengatasi Lutut Sakit Saat Ditekuk

Untuk mengurangi atau meredakan rasa sakit ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum memeriksakan ke dokter. Berikut ini beberapa cara mengatasi lutut sakit saat ditekuk.

Melakukan Pemijatan

Melakukan pemijatan secara hati-hati dan perlahan pada sekitar daerah yang sakit bisa meredakan rasa nyeri yang ditimbulkannya. Hal ini karena akan membuat otot yang kaku dan tegang bisa mengendur.

Kompres Es Batu

Mengompres dengan menggunakan es batu yang dibungkus kain juga bisa untuk meredakan lutut sakit. Tempelkan kompres pada lutut sekitar 10 menit. Lakukan beberapa jam sekali jika nyeri tak kunjung reda.

Istirahat

Segera menghentikan segala aktivitas agar lutut yang terasa nyeri tidak semakin parah. Jika perlu, istirahat dengan tidur akan lebih baik, karena akan memberikan waktu bagi tubuh melakukan penyembuhan alami.

Itulah beberapa faktor penyebab yang umumnya terjadi dan menyebabkan lutut sakit saat ditekuk. Jika dengan penanganan darurat kondisi nyeri tak membaik, maka segera periksakan ke dokter untuk pengobatan medis. (R11/HR-Online)

Aegis Boost Pro