Maju di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Saputra Mundur dari ASN

Iwan Saputra
Dr. H Iwan Saputra, saat berada di kediamannya. Foto: Istimewa

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Dr. H Iwan Saputra per tanggal 1 Juni 2020 menyatakan mengundurkan diri dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya ini dikabarkan akan konsen dalam Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

Diketahui, Iwan menjadi abdi negara selama 27 tahun dan kini mencalonkan diri sebagai calon Bupati Tasikmalaya.

Ia mengaku memilih untuk menjadi Calon Bupati lantaran adanya dorongan dari para Kiai yang membuat niatnya semakin kuat, termasuk para pimpinan pondok pesantren.

“Kami akan bersama-sama dengan para Kiai, para pimpinan Pondok Pesantren dan masyarakat untuk sama-sama memperjuangkan apa yang diharapkan mereka,” kata Iwan di kediamannya di Jl Laswi Kota Tasikmalaya, Jum’at (5/6/2020).

Kata Iwan, sampai saat ini pilihannya masih tetap bulat menjadi calon salah satu kontestan dalam pesta demokrasi di Kabupaten Tasikmalaya.

Keputusan Iwan Saputra Mundur dari ASN

Masalah keluar dari ASN, menurutnya membutuhkan proses yang cukup panjang dan harus melakukan komunikasi dengan keluarga, termasuk keluarga almarhumah istrinya.

“Awal istri saya sakit, saya sempat ingin fokus mendampingi pengobatan setelah didiagnosis kanker usus. Namun almarhumah melarang sambil menangis. Ia berkata masyarakat banyak yang mengharapkan saya untuk maju di Pilkada, dan itu menjadi kesempatan untuk mencari bekal ketika sudah tiada nanti,” tutur Iwan kepada awak media.

Karena untuk maju di Pilkada tidak diperbolehkan menggunakan baju ASN, maka ia harus rela melepas pekerjaan yang sudah 27 tahun ia jalani. Sementara untuk pendampingnya, ia menyerahkan semua mekanismenya ke partai.

“Terus terang banyak hal yang perlu kita benahi. Tentu saja saya memiliki banyak kelemahan, namun ini harus diperkuat dengan bergandeng tangan berbagai pihak, baik ormas Islam, tokoh masyarakat, pemuda dan kaum pergerakan untuk mewujudkan perubahan Kabupaten Tasikmalaya lebih baik,” pungkas Iwan Saputra. (Apip/R6/HR-Online)